Tips Belanja Online Hemat yang Wajib Diketahui Para Pecinta Belanja

Yaps! Berbelanja adalah kegiatan yang cukup menyenangkan, bahkan beberapa orang menganggap bahwa belanja adalah cara mereka untuk melepas stres di tengah aktivitas yang padat.

Ngomongin soal belanja nih, guys. Tak hanya wanita yang hobi berbelanja loh, pria juga suka berbelanja. Apalagi didukung dengan era teknologi canggih dan masa pandemi Covid-19 yang membuat kegiatan berbelanja kian diminati, khususnya belanja online.

Belanja online memang memberi keuntungan tersendiri dibanding kamu harus belanja offline. Selain praktis, belanja online di marketplace yang sudah terpercaya. Biasanya kamu bisa dapat promo menarik, seperti diskon atau potongan harga, cashback, special price, dan promosi lainnya.

Sayangnya dengan kemudahan dan keuntungan yang sudah disebutkan, membuat kamu jadi suka kalap dan sering boros kan. Di bawah berikut ini ada tips belanja online hemat yang wajib diketahui para pecinta belanja. Simak langsung ya.

1. Kebutuhan atau keinginan?

Sebenarnya mau online atau offline, tentu hal pertama agar kamu bisa hemat saat berbelanja sudah pasti adalah kamu wajib mengetahui dulu hal yang mau kamu beli itu berdasarkan kebutuhan atau keinginan.  

Soalnya tak bisa dipungkiri, banyaknya produk menarik yang dijual, terkadang membuat kamu lupa diri. Kamu jadi membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan yang akhirnya malah nggak terpakai dan memenuhi ruangan yang ada di rumahmu.

Untuk meminimalisirnya, buatlah daftar hal apa saja yang mau kamu beli. Jika sudah, pisahkan mana yang benar-benar kamu butuhkan dan mana yang nggak ya.

2. Siapkan uang khusus belanja

Jangan salah guys! Uang khusus belanja ini harus banget kamu siapin saat belanja online.

Ketika kamu sudah tahu barang apa saja yang kamu butuhkan dan harus kamu beli, uang inilah yang bisa kamu keluarkan agar pengeluaran keuanganmu tetap berjalan dengan baik dan membuat kamu jadi bisa lebih menahan diri saat berbelanja.

3. Manfaatkan promo

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, saat ini banyak sekali marketplace yang memberikan promo menarik. Sebut saja, gratis ongkos kirim, diskon mulai dari 5% hingga 80%, cashback, special price, buy two get one atau yang lainnya.

Promo ini bisa banget kamu manfaatkan, selama kamu mengikuti daftar belanja yang sudah kamu buat dan uang khusus belanja yang sudah kamu siapkan. Selain puas, kamu juga bisa lebih hemat dalam berbelanja.

Ingat ya, guys! Meskipun kamu membeli barang promo, kamu juga harus memperhatikan jaminan mutu barang yang dibeli. Jangan sampai kamu tergiur promonya namun barangnya kurang berkualitas baik.

4. Belajar menahan diri

Selain ketiga poin diatas, ada lagi tips belanja online hemat yang wajib diketahui para pecinta belanja yaitu belajar. Belajar di sini maksudnya adalah belajar menahan diri.

Menahan diri agar nggak kalap dan boro saat belanja online sangat penting untuk kamu lakukan ya.

Pasalnya, meski kamu sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mempraktikan tips hemat, jika kamu tetap nggak bisa mengontrol diri, sama saja upaya berhemat yang telah kamu usahakan akan sia-sia dan menimbulkan penyesalan.

 

Mulai sekarang yuk belajar untuk semakin cermat saat berbelanja online dengan menerapkan tips-tips hemat di atas. Agar kamu bisa belanja asyik tapi tetap hemat, Ryusei bisa jadi solusinya. Jaminan mutu terbaik sudah pasti kami berikan

Tinggalkan komentar

Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan