Tetap Tunjukan Profesionalitas, 6 Tips Pakaian Meeting Online Ini Bisa Jadi Inspirasimu

Seperti yang kita semua tahu ya guys, akibat virus corona yang sedang melanda seluruh dunia hingga hari ini, beberapa perusahaan memperlakukan work from home alias kerja dari rumah guna meminimalisir penyebaran virus.
Untuk kebanyakan orang, kerja di rumah menjadi pengalaman baru dan tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi kalau kamu adalah seorang pekerja yang memiliki intensitas meeting super padat dengan klien atau atasan di kantor. Tentunya kerja di rumah ini perlu adaptasi yang ekstra.
Bagaimana nggak, kalau biasanya kerja di kantor akan membuat kamu begitu memperhatikan pakaian saat kerja, tentu nggak demikian saat kamu melakukan kerja di rumah. Suasana rumah yang nyaman membuat kamu jadi malas untuk mengenakan pakaian kerja yang semestinya.
Padahal selama kerja di rumah, khususnya saat melakukan meeting online, ada beberapa etika yang perlu kamu perhatikan. Salah satunya ialah gaya berpakaian.
Buat kamu yang ingin tetap tunjukan profesionalitas, 6 tips pakaian meeting online ini bisa jadi inspirasimu. Penasaran apa saja? Selengkapnya, intip di bawah ini yuk!

1. Padu padan sweater
Kalau kamu merupakan seorang karyawan yang bekerja di bidang seni, industri kreatif atau perusahaan startup, gaya pakaian semi formal bisa jadi pilihan yang tepat saat kamu sedang meeting online.
Eits! Tampilan semi formal bukan berarti kamu memakai baju piyama seperti baru bangun tidur, ya. Meski gaya pakaian semi formal itu santai, gunakanlah pakaian yang tetap menunjukkan profesionalitasmu dalam bekerja.
Untuk pilihan pakaian wanita, kamu bisa coba pakai sweater yang ditumpuk dengan kardigan. Sementara untuk pria, kamu bisa pakai pakaian yang berkerah dan ditumpuk dengan sweater.

2. Kemeja
Selama kerja dari rumah, kamu tetap bisa mengenakan kemeja kok. Baik pria atau wanita, kemeja oversized dengan celana training bisa jadi inspirasimu selanjutnya loh sehingga ketika ada meeting online dadakan, gaya busana kamu sudah on point.

3. Pilihlah warna netral
Buat kamu yang suka sekali dengan warna cerah, sebaiknya tunda dulu keinginanmu untuk memakainya saat ada meeting online ya.
Lebih baik kamu memilih warna netral seperti abu-abu, hitam, putih atau biru muda. Sebab, warna netral dianggap sebagai warna yang exclusive, dewasa dan profesional. Jadi, tak ada salahnya kan mencoba untuk berpenampilan seperti ini?

4. Pakaian dengan warna yang camera friendly juga oke
Selain menggunakan warna netral, kamu perlu memilih warna pakaian yang bersahabat dengan kamera laptop. Pilihlah warna-warna yang soft seperti warna-warna pastel atau earthy tones karena saat meeting online penampilan bukanlah fokus utama.

5. Hindari pakaian bermotif atau berukuran longgar
Agar terlihat lebih profesional saat meeting online, kamu perlu menghindari pemakaian baju bermotif dan berukuran longgar ya.
Pasalnya memakai baju bermotif seperti motif garis dapat membuat fokus kamera jadi terganggu atau terlihat menari-nari (efek strobe), sedangkan memakai pakaian longgar akan membuat postur tubuh kamu terlihat lebih besar.

6. Jangan gunakan aksesoris yang berlebihan
Saat meeting online, jangan sampai kamu membuat lawan bicara jadi salah fokus karena kamu memakai aksesoris yang nggak sesuai dan berlebihan ya. Misalnya, dengan memakai kacamata hitam atau perhiasan berlebihan.
Gunakan aksesoris yang sesuai dan pastikan kamu berpakaian sopan tapi nyaman dengan riasan secukupnya atau penampilan rambut yang rapi.
Singkatnya sih, selama kerja di rumah, memang kamu nggak perlu pusing memikirkan mau pakai baju apa untuk pergi ke kantor hari ini. Namun nggak ada salahnya, saat ada meeting online, kamu tetap memakai baju yang menunjukan keprofesionalan kamu dalam bekerja.
Mau menggunakan koleksi dari Ryusei? Bisa banget kok!
Jangan lupa kunjungi website Ryusei atau silahkan mampir dan check out pakaian yang kamu suka di marketplace Ryusei seperti di Shopee Mall atau Tokopedia official store ya.

Tinggalkan komentar

Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan