Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Menerapkan Mindfulness!

Mindfulness adalah sikap kesadaran penuh akan apa yang terjadi dengan kesadaran penuh. Banyak yang mengatakan jika metode mindfulness ini bisa membuat hidup menjadi lebih baik. Apalagi istilah ini menjadi semakin naik daun karena memang sudah banyak yang mencobanya dan merasakan manfaatnya. Banyak yang menerapkannya dan bisa meredakan stress sampai mengatasi gangguan kegelisahan atau perasaan cemas. 


Dalam praktiknya, menerapkan mindfulness ini cukup sulit loh! Tapi, ternyata ini juga bisa dilatih. Tidak perlu ikut kelas khusus untuk hal ini, kamu bisa mencobanya di rumah dan menerapkannya pada kegiatan sehari-hari. Agar kamu bisa menerapkan mindfulness, berikut ini adalah hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Yuk, simak apa saja!


Menulis jurnal harian


Cara yang satu ini sedang banyak juga dilakukan dan menjadi tren sendiri di media sosial. Banyak orang yang mulai menulis jurnal harian agar bisa mengetahui hal-hal apa saja yang terjadi dan bisa sekaligus membuat list-list hal yang membuat kamu bersyukur. Kamu bisa menulis hal-hal terbaik apa yang kamu alami di hari ini. Itu akan membuat kamu merasa lebih cukup dan tentunya akan merasa sangat bersyukur.


Apresiasi hasil orang lain


Terkadang memberikan apresiasi atas kinerja orang lain itu cukup sulit loh! Nah, hal ini bisa mulai kamu coba lakukan untuk bisa menerapkan nilai mindfulness. Berilah apresiasi atas hasil orang lain jika memang itu bagus. Ucapkan selamat secara langsung atau bisa melalui media komunikasi lainnya sebagai ungkapan apresiasi. Oh iya, selain itu jangan lupa juga untuk memberikan apresiasi untuk diri kamu sendiri. Berilah reward untuk sendiri sebagai penghargaan terhadap diri kamu sendiri karena sudah melakukan yang terbaik.


Menerima apa yang terjadi


Menerima dengan lapang hati akan suatu hal yang terjadi juga jadi salah satu bentuk kesadaran penuh atas diri kamu sendiri. Jika memang kenyataannya baik itu membuat kamu bersyukur, namun jika sebaliknya justru membuat kamu belajar menerimanya dengan hati yang lebih lapang. Tentu akan sulit memang, namun jika ikhlas dan sabar maka semuanya akan bisa diterima dengan baik. Percayalah jika semua yang terjadi akan mengalir ke muaranya masing-masing.


Berfokus pada satu hal di satu waktu


Mindfulness ini sendiri poinnya adalah tentang bagaimana kita bisa fokus dengan suatu hal yang terjadi saat ini. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan berfokus pada satu hal di satu waktu. Saat ini kita dihadapkan dengan tuntutan multitasking. Akan tetapi, cobalah untuk bisa fokus dengan satu hal. Caranya kamu bisa dengan mengatur set time di handphone selama lima menit dan habiskan waktu untuk mengerjakan satu hal. Cobalah untuk menaruh semua perhatian kamu di sana. 


Berjalan kaki


Nah, kegiatan yang satu ini bisa jadi favorit nih karena sekaligus sambil berkegiatan olahraga. Kamu bisa sambil berjemur dan berjalan kaki di sekitaran wilayah rumah kamu. Perhatikan hal atau suara-suara yang muncul seperti angin yang berhembus atau bahkan aroma-aroma yang ada di sekitar. Oh iya, kalau bisa simpan dulu handphone kamu di rumah agar bisa lebih fokus ya!


Mewarnai atau menggambar


Buat kamu yang hobi gambar atau mewarnai bisa sekali untuk melakukan kegiatan ini sambil melatih mindfulness. Ternyata menurut penelitian, mewarnai dan menggambar membawah pengaruh positif untuk kesehatan mental. Kegiatan gambar dan mewarnai ini menjadi cara kreatif yang juga sederhana untuk dilakukan.


Yuk, mulai lakukan kegiatan di atas untuk melatih mindfullnes. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan