Ini yang Harus Kamu Lakukan Jika Barangmu Nggak Sesuai Saat Bayar di Tempat

Seperti yang kamu tahu guys, berbelanja di e-commerce atau marketplace tentunya berbeda dengan berbelanja secara langsung di toko offline. Metode pembayaran yang ada pun beragam, salah satunya ada cash on delivery (COD).
Terus apa COD atau istilah gampangnya bayar di tempat?
Bayar di tempat merupakan salah satu fitur di e-commerce, marketplace atau platform toko online lainnya yang memungkinkan kamu membayar pesanan setelah barang itu sampai. Fitur ini berbeda dengan metode pembayaran lainnya yang harus dilakukan sebelum barang diproses penjual karena metode ini sangat memudahkan kamu sebagai konsumen.
Meski memudahkan kamu, bayar di tempat juga bisa menimbulkan kekecewaan. Sebab terkadang barang yang dibeli nggak sesuai dengan ekspektasi kamu atau barang yang dikirim salah warna, ada yang kurang, ada yang rusak, dan lain sebagainya.
Lantas bagaimana kalo barang yang diterima nggak sesuai dengan pesanan? Apakah tetap bisa dikembalikan kepada penjual?
Jawabannya bisa guys!
Di Shopee misalnya. Salah satu e-commerce atau marketplace yang populer di Indonesia ini telah menyediakan layanan mengembalikan pembelian dengan bayar di tempat yang nggak sesuai.
Terus gimana mekanisme pengembaliannya? Baca sampai habis artikel ini yuk!
Jadi, kalo di Shopee pengajuan pengembalian barang dan dana bisa dilakukan kok. Kamu bisa memilih alasan pengembalian barang dan dana sesuai kondisi di bawah ini:

1. Nggak menerima pesanan
Pilih alasan ini kalo kamu nggak menerima pesanan namun ada kurir yang datang untuk meminta tagihan pembayaran.

2. Produk yang diterima nggak lengkap
Pilih alasan ini kalo pesanan yang kamu terima nggak lengkap atau kurang. Contohnya kamu memesan sepatu lengkap dengan talinya tapi yang kamu terima cuma sepatunya atau talinya aja.

3. Produk yang diterima cacat
Pilih alasan ini kalo pesanan kamu rusak, berlubang, sobek, atau yang lainnya.

4. Produk yang diterima nggak berfungsi dengan baik
Pilih alasan ini kalo kamu membeli alat elektronik. Misalnya, kamu beli kipas angin. Terus, kipas angin itu nggak bisa nyala, dan lain-lain.

5. Produk berbeda dengan deskripsi atau foto
Pilih alasan ini kalo kamu menerima pesanan yang nggak sesuai dengan deskripsi produk yang ada di foto atau yang sudah dicantumkan toko.
Langkah terakhir yang harus kamu lakukan untuk mengajukan pengembalian barang dan dana ialah:

1. Klik "Pesanan Saya" pada tab "Saya"
2. Klik tab "Dikirim"
3. Masuk halaman "Rincian Pesanan"
4. Klik "Ajukan Pengembalian"
5. Pilih barang yang ingin Anda kembalikan
6. Klik "Pilih Alasan" dan pilih alasan pengajuan yang sudah dijelaskan di atas.
7. Masukkan alamat email kamu
8. Klik "Kirimkan"

Intinya, kalo mau mengajukan pengembalian barang atau dana, kamu harus memiliki bukti kuat yang dapat menunjukkan bahwa pengajuan kamu berdasarkan kenyataan yang terjadi.
Pengembalian dengan alasan berubah pikiran atau sudah nggak tertarik lagi, tentu nggak bisa diterima, kecuali kalo ada kesepakatan dengan penjualnya. Khusus untuk barang yang di diskon, pengembalian untuk beberapa produk kadang juga nggak bisa dilakukan.
Satu lagi… pengembalian barang baik bayar di tempat ataupun menggunakan metode pembayaran lainnya di berbagai e-commerce atau marketplace lain hampir memiliki aturan yang sama seperti di Shopee.
Kalo kamu ingin berbelanja kebutuhan fashion di Shopee, berbelanjalah di Ryusei guys! Apalagi Ryusei kini sudah hadir di Shopee Mall Singapore, Malaysia, Filipina.

Tinggalkan komentar

Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan