Hindari Kerugian Materil, Ini 5 Ciri Online Shop Terpercaya

Tahukah kamu? Pada bulan Maret hingga pertengahan tahun 2020 lalu, aktivitas belanja online di Indonesia meningkat hingga 400%. Ya, itulah faktanya!

Sejak ditemukan kasus pertama virus Covid-19, masyarakat merasa ketakutan untuk beraktivitas diluar rumah termasuk untuk berbelanja. Itulah sebabnya aktivitas belanja online meningkat dengan tajam. 

Selama rentan waktu tersebut, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) melaporkan bahwa jumlah pengaduan akibat perdagangan elektronik meningkat hampir 4x lebih banyak dari jumlah pengaduan selama tahun 2019.

Sebagian besar pengaduan dilakukan oleh masyarakat yang mengalami kerugian materil akibat penyalahgunaan kode OTP. 

Apakah fakta di atas membuatmu lebih khawatir untuk berbelanja online ? Semoga tidak, ya!

Tenang, kamu hanya perlu mengetahui ciri online shop terpercaya dibawah ini agar tidak mengalami kerugian materil. Simak uraian berikut! 


  • Menyertakan lokasi dan nomor telepon dengan jelas
  • Online shop yang terpercaya selalu menyertakan alamat dan nomor telepon mereka secara jelas.

    Dengan begitu, kesempatan mereka untuk memperoleh banyak pelanggan lebih besar. Online shop memang tidak harus memiliki toko secara fisik. 

    Namun, menyertakan alamat tempat barang-barang tersebut diproduksi atau alamat asal pengiriman barang adalah hal yang penting.


  • Toko memiliki reputasi yang baik
  • Jangan mudah tergiur dengan harga murah!

    Sebelum memesan barang yang kamu inginkan, periksalah reputasi toko terlebih dahulu. Umur toko, jumlah barang terjual, penilaian pelanggan (bintang), dan review dari pelanggan adalah poin-poin penting yang harus kamu perhatikan. 


  • Memiliki situs resmi sendiri atau berdagang di marketplace
  • Online shop yang sudah memiliki situs resminya sendiri biasanya lebih terpercaya. Mengelola situs resmi membutuhkan modal untuk membeli domain dan kemampuan marketing yang cukup besar.

    Jadi, pengelolaannya pasti dilakukan secara serius agar tidak mengalami kerugian. 

    Marketplace juga menjadi perantara yang dapat membantu keamanan transaksi belanja online.

    Ketika melakukan pembayaran, uang yang kamu kirimkan tidak akan langsung masuk ke rekening pemilik toko. Ini bagus untuk menghindari penipuan. Oleh sebab itu, hindari melakukan transaksi pembayaran di luar marketplace atas permintaan pemilik toko.


  • Menggunakan rekening bank nasional
  • Online shop yang terpercaya biasanya menggunakan rekening bank nasional untuk bertransaksi. Bahkan ada toko yang menyediakan lebih dari satu rekening bank nasional untuk memudahkan transaksi pelanggannya.

    Hal tersebut merupakan bentuk pelayanan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Kamu perlu curiga apabila sebuah online shop menggunakan rekening bank asing untuk bertransaksi. 


  • Menyediakan pelayanan customer service dan retur barang
  • Memberikan respon cepat atas pertanyaan dan komplain pelanggan adalah ciri online shop yang terpercaya.

    Dengan memberikan respon yang cepat, pelanggan akan merasa diperhatikan dan dibantu apabila mengalami kesulitan dalam bertransaksi. Pelayanan retur barang juga dapat meningkatkan kepercayaan dari pelanggan karena toko dianggap mampu bertanggung jawab.  


    Berbelanja online adalah aktivitas yang mudah dan menyenangkan. Namun, kita tidak boleh terlena dengan harga murah dan promo-promo yang kadang tidak masuk akal. Banyak online shop diluar sana yang memanfaatkan keadaan tersebut untuk memperoleh keuntungan pribadi. 

    Nah, ciri-ciri online shop terpercaya di atas tidak sulit untuk kamu identifikasi sendiri, bukan?

    Jika kamu sudah memahaminya, kamu akan terhindar dari kerugian materil akibat kesalahan memilih online shop yang tidak bertanggung jawab.

    Salah satu contoh online shop terpercaya adalah Ryusei. Kamu bisa kunjungi official store di situs resmi, marketplace, dan media sosial Ryusei untuk berbelanja fashion outfit yang sedang tren saat ini. Selamat Berbelanja, guys!

    Tinggalkan komentar

    Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan