Duh, Takut Nggak Sesuai! Ini 5 Tips Belanja Online Agar Tidak Kecewa

Berbelanja secara online memang lebih praktis dan efisien. Kegiatan tersebut bahkan bisa kita lakukan di sela-sela jam istirahat siang atau saat menunggu bus.
Namun, dibalik kelebihan dan keuntungan yang bisa diperoleh dari belanja online, terdapat kekurangan yang bisa membuat kita kecewa.
Namanya saja berbelanja secara online, produk yang kita inginkan hanya bisa dilihat melalui gambar. Kita juga harus menunggu pengiriman produk selama beberapa hari.
Ada beberapa resiko yang mungkin bisa kita dapatkan seperti barang rusak, hilang, atau tertipu oleh toko online yang tidak terpercaya.
Berbelanja memang menyenangkan, tapi kalau kejadian seperti itu pasti perasaan berubah jadi kecewa. Sesungguhnya kita bisa menghindari resiko buruk yang mungkin terjadi.
Bagaimana caranya? Ini 5 tips berbelanja online agar tidak kecewa:

1. Baca Syarat dan Ketentuan Toko
Pada toko online yang berdagang melalui marketplace, kamu dapat menemukan syarat dan ketentuan toko pada kolom deskripsi produk.
Di sana, toko akan menjelaskan barang yang sudah dibeli boleh ditukar atau tidak. Selain itu, toko juga menyertakan syarat-syarat agar barang bisa ditukar. Kamu harus lebih jeli dalam hal ini, ya.
Jika toko online hanya bermodalkan media sosial saja, mereka jarang menyertakan syarat dan ketentuan. Kamu bisa hubungi nomor kontak yang tertera untuk menanyakan secara detail mengenai syarat dan ketentuan berbelanja. Jangan sungkan untuk bertanya karena itu adalah hak pelanggan.

2. Periksa reputasi toko
Reputasi toko itu penting. Kenapa?
Toko yang memiliki reputasi baik pasti bertanggung jawab dengan barang dagangannya, mereka juga terpercaya menyediakan produk berkualitas.
Selain itu, sistem keamanan bertransaksi dan pelayanan yang baik turut mendukung reputasi toko. Toko dengan reputasi baik juga selalu berusaha meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan memberi pelayanan customer service 24 jam dan retur barang.

4. Pastikan produk sesuai dengan gambar
Sudah sering terjadi, pelanggan merasa kecewa karena barang yang mereka terima tidak sesuai dengan gambar yang diperlihatkan.
Tapi kejadian seperti ini tidak sepenuhnya salah toko online. Banyak, loh toko online tiruan di luar sana. Mereka menggunakan gambar produk dan deskripsi yang sama dengan toko asli.
Nah, sebagai pembeli, kita harus lebih jeli memilih toko yang terpercaya. Untuk memastikan kualitas barang sesuai dengan gambar produk, kamu harus periksa kolom komentar. Disana banyak review yang diberikan pelanggan, mulai dari deskripsi hingga menyertakan gambar produk yang mereka terima.

5. Jangan percaya harga yang tidak masuk akal
Toko online di marketplace memang menawarkan harga yang lebih mudah dibanding produk yang dijual di toko offline.
Siapa yang tidak suka harga murah?
Tapi tunggu dulu, kamu jangan mudah tergiur dengan hal tersebut. Bandingkan dulu harga produk sejenis dengan beberapa toko. Pilihlah produk dengan harga rata-rata dari toko yang kamu anggap terpercaya. Jangan sampai memilih produk dengan harga yang tidak masuk akal.

6. Jangan membeli barang dalam jumlah besar
Jika barang yang kamu butuhkan sulit ditemui di toko terdekat, maka cara satu-satunya adalah belanja di toko online, apalagi kamu membutuhkan barang dalam jumlah besar.
Ada baiknya kamu membeli 1 atau 2 barang saja terlebih dahulu. Pastikan barang tersebut memiliki kualitas yang terjamin agar tidak rugi.
Apabila kualitas produk sesuai dengan yang kamu inginkan, lanjutkan saja pemesanan dalam jumlah besar.

Itu dia 5 tips belanja online agar tidak kecewa. Kamu hanya butuh kejelian untuk bisa menentukan barang dan toko yang berkualitas.
Namun, kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut ketika berbelanja di Ryusei. Kualitas produk dan layanan pelanggan di Ryusei tidak akan membuatmu kecewa.
Yuk langsung saja kunjungi toko resmi Ryusei di media sosial dan beberapa marketplace terpercaya! Disana banyak produk fashion yang siap menambah koleksimu. Happy shopping, guys!

Tinggalkan komentar

Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan