Skip to content

SUPER SALE UP TO 78% OFF ekstra voucher 20K

Keranjang

Your cart is empty

Article: Tips Merawat Bahan Katun Luntur

Tips Merawat Bahan Katun Luntur
cotton

Tips Merawat Bahan Katun Luntur

Bahan katun dikenal dengan bahan yang mudah menyerap keringat sehingga sangat cocok digunakan di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Sama seperti bahan kain lainnya, bahan katun juga memerlukan perawatan agar warna pada serat kain katun tidak mudah luntur atau memudar.
Kendati demikian, perawatan bahan katun tentunya berbeda dengan jenis bahan kain yang lain. Oleh karena itu, bagi Ryufams yang kerap menggunakan bahan katun sebagai pakaian favorit. Yuk, ikuti beberapa tips merawat bahan katun luntur yang tepat.

1. Cuci Katun Menggunakan Tangan atau Mesin Cuci

Ada dua opsi yang bisa kamu pilih untuk merawat pakaian berbahan katun milikmu. Bahan katun dapat dicuci dengan menggunakan tangan maupun mesin cuci. Mencuci dengan menggunakan tangan dapat membantu mempertahankan tekstur serat kain. Namun, kamu juga dapat mencuci katun menggunakan mesin cuci dengan siklus pencucian yang lembut.

2. Jangan Merendam Bahan Katun Terlalu Lama

Meskipun endapan detergen dapat membantu mengangkat kotoran pada katun. Namun, proses perendaman bahan katun yang terlalu lama justru dapat menyebabkan warna katun luntur. Hal ini lantaran partikel detergen yang notabene mengandung bahan kimia dapat menempel di sela kain sehingga membuat warna katun pudar dan mudah luntur.

3. Gunakan Pelembut Pakaian

Selain memperhatikan durasi perendaman, kamu juga bisa menggunakan pelembut pakaian saat mencuci bahan katun favoritmu. Pelembut atau softener dapat membantu mempertahankan warna pada kain sebab mencegah pilling dan abrasi warna. Saat ini, beberapa deterjen bahkan telah diformulasikan mengandung softener sehingga lebih praktis digunakan untuk mencuci pakaian. Dengan begitu, warna pada pakaian berbahan katun milikmu dapat bertahan lebih lama.

4. Jemur Katun Tanpa Sinar Matahari Langsung

Saat kamu menjemur katun, pastikan untuk menjemurnya dengan tidak menempatkannya di bawah sinar matahari secara langsung. Sinar matahari dapat menyebabkan warna pada serat kain luntur. Oleh karena itu, kamu cukup menjemurnya di tempat yang tidak terlalu terik mengingat teksturnya yang ringan sehingga bahan katun cepat kering. Selain itu, pastikan jemur katun dalam posisi terbalik agar warna katun awet dan tidak mudah luntur.

5. Jangan Gunakan Suhu Terlalu Panas Saat Menyetrika

Bahan katun sangat rentan terhadap panas sehingga saat kamu menyetrika pakaian katun, pastikan menghindari suhu yang terlalu panas. Hal ini lantaran dapat menyebabkan noda kekuningan pada katun dan dapat membuat warna katun memudar bahkan menyebabkan kain katun sobek. Oleh karena itu, gunakan suhu atau temperatur yang sesuai saat menyetrika agar pakaian katun dapat bertahan lama.

Permintaan bahan katun di pasar terus meningkat sebab penggunaan bahan ini sangat digemari oleh banyak kalangan. Kendati demikian, bagi Ryufams yang gemar mengoleksi bahan katun, kamu bisa menerapkan beberapa tips yang telah disebutkan diatas agar pakaian katunmu bertahan lama.

Selain itu, beberapa produk Ryusei menggunakan bahan katun berkualitas dengan konsep desain Jepang minimalis yang memikat. Kamu bebas menentukan model katun favoritmu dengan berbagai pilihan warna yang ditawarkan dan tentunya sangat cocok menunjang daily outfit kamu, Ryufams.
Ada beberapa rekomendasi produk Ryusei berbahan katun yang bisa kamu pertimbangkan nih Ryufams, seperti poloshirt Polo Men Sendai Black dan Polo Men Nogata FP Black.

Namun, buat kamu yang lebih suka menggunakan kaos, produk Ryusei Tshirt Hakaku White dan Ryusei Tshirt Mizuho FP Navy seperti cocok nih buat kamu Ryufams. Yuk, intip produk lainnya di katalog Ryusei sekarang juga!

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Kain Katun Menyusut Atau Tidak?
cotton

Kain Katun Menyusut Atau Tidak?

Jika ditanya apakah kain katun menyusut atau tidak? Tentu saja jawabannya ya. Mengapa demikian? Itu terjadi karena Kapas adalah serat tumbuhan alami yang berasal dari polong biji kapas dan dapat di...

Baca lebih banyak
Ketahui 6 Kegunaan Celana Dalam Pria Berikut Ini
boxer

Ketahui 6 Kegunaan Celana Dalam Pria Berikut Ini

Kegunaan celana dalam tentunya tak lepas dari organ genetikal manusia terutama bagi pria. Selain itu, celana dalam juga dapat melindungi salah satu bagian sensitif pria dari kontaminasi kotoran, ku...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI