Skip to content

SUPER SALE UP TO 78% OFF ekstra voucher 20K

Keranjang

Your cart is empty

Article: Kain Katun Menyusut Atau Tidak?

Kain Katun Menyusut Atau Tidak?
cotton

Kain Katun Menyusut Atau Tidak?

Jika ditanya apakah kain katun menyusut atau tidak? Tentu saja jawabannya ya. Mengapa demikian? Itu terjadi karena Kapas adalah serat tumbuhan alami yang berasal dari polong biji kapas dan dapat digunakan sebagai kain modifikasi. Dari kemeja yang menyusut hingga jeans yang menyusut, banyak orang mengalami "bencana kapas" pasca-cuci karena kapas cenderung membengkak saat basah dan menyusut saat kering. Namun, ada kalanya perlu dengan sengaja mengecilkan kain katun.

Bahan katun mungkin menyusut saat dicuci, tetapi Anda dapat mencegahnya menyusut jika Anda berhati-hati! Kiat dan trik ini akan membantu menjaga daun Anda agar tidak menyusut.

Kapas/katun adalah bahan yang bagus: serbaguna, nyaman, bernapas, dan tahan lama. Namun, seperti banyak bahan, terutama bahan alami, kapas cenderung menyusut jika terkena suhu ekstrem di mesin cuci atau pengering. Namun, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk merawat kapas Anda.

Trik untuk mencuci kain katun di mesin cuci tanpa menyusut adalah dengan menggunakan suhu rendah. Tentu saja, untuk mendapatkan hasil pencucian yang bersih pada suhu air yang lebih rendah, Anda perlu menggunakan deterjen berkualitas tinggi.

Apakah Katun 100% Menyusut?

Sebagian besar serat alami menyusut sampai batas tertentu karena dua faktor: Yang pertama adalah penyusutan serat. Ini adalah reaksi alami serat tumbuhan saat terkena panas. Yang kedua adalah penyusutan serat, akibat tegangan yang terjadi selama pemrosesan. Membuat kain manufaktur benang. Saat terkena suhu tinggi selama proses pencucian dan pengeringan, ketegangan ini "dilepas" dan linen menyusut.

Apakah kapas menyusut saat dicuci? Pencucian pertama diperbolehkan selama Anda mencuci tangan dengan air dingin dan jemur di bawah sinar matahari langsung. Namun, jika Anda khawatir seprai katun Anda menyusut, ada beberapa cara mudah untuk meminimalkannya.

Bagaimana Mencegah Kapas Menyusut?

Jika Anda ingin agar seprai katun Anda tetap terlihat bagus, kami sarankan untuk mencuci tangan (jangan mencuci dengan mesin) dan menjemurnya di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Petunjuk pencucian juga disertakan dengan setiap pembelian produk Leven Cotton.

Cuci tangan:

Silakan gunakan deterjen cuci tangan. Larutkan deterjen dalam air dingin atau hangat dan rendam selama waktu yang ditentukan. Selalu ikuti petunjuk pencucian yang disertakan dalam kemasan eceran. Jika Anda menggunakannya untuk pertama kali atau jika Anda khawatir, silakan coba di area yang tidak mencolok sebelum digunakan. Bilas dengan air atau air hangat. Jangan memeras atau memutar adonan karena akan mempengaruhi bentuk dan struktur adonan. Keringkan di tempat teduh dan jaga agar tetap berventilasi baik.

Mesin Cuci:
Jangan khawatir jika Anda tidak punya waktu untuk mencuci tangan. Sebagian besar mesin cuci memiliki setelan yang mencegah kapas menyusut, tetapi pastikan untuk memilih mode yang benar.Gunakan deterjen lembut untuk kain halus.

Atur suhu air di mesin cuci Anda ke dingin atau hingga 30 derajat. Setelah proses pencucian selesai, keluarkan pakaian berkain katu dari mesin cuci. Kocok perlahan untuk menghilangkan kerutan. Keringkan di tempat teduh dan jaga agar tetap berventilasi baik.

Nah, bagaimana dengan ulasan di atas? Memang kain katun atau Cotton bisa menyusut dan jika tidak dirawat dengan baik akan menyusut dengan mudahnya. Untuk itu Anda perlu membeli pakaian dengan kualitas kain katun terbaik.

Jika Anda mencari pakaian dengan kualitas kain cotton terbaik, Anda bisa mengunjungi platformE-commerce brand Asli Indonesia, Ryusei. Di Ryusei, Anda akan mendapatkan pakaian dengan kualitas cotton terbaik dan menggunakan konsep jejepangan yang terbukti dari print grafisnya yang terlihat hidup seperti yang ada pada Tsh Men Oversize Kenji Pocket White atau Ryusei Tshirt Hachi Black.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Celana Katun Jepang Pria atau Celana Katun Pria? Tentukan Pilihanmu Disini!

Celana Katun Jepang Pria atau Celana Katun Pria? Tentukan Pilihanmu Disini!

Pria tidak akan pernah lepas dengan kebutuhan sandangnya, salah satunya yaitu celana. Perkembangan tren celana pria sangat berubah-ubah. Model dan cutting produk sangat menarik, sehingga banyak yan...

Baca lebih banyak
Tips Merawat Bahan Katun Luntur
cotton

Tips Merawat Bahan Katun Luntur

Bahan katun dikenal dengan bahan yang mudah menyerap keringat sehingga sangat cocok digunakan di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Sama seperti bahan kain lainnya, bahan katun juga memerluk...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI