Skip to content

SUPER SALE UP TO 78% OFF ekstra voucher 20K

Keranjang

Your cart is empty

Article: Tips Mengelola Gaji Saat Pandemi untuk Kamu yang Baru Saja Mengalami Penurunan Gaji

Tips Mengelola Gaji Saat Pandemi untuk Kamu yang Baru Saja Mengalami Penurunan Gaji
income

Tips Mengelola Gaji Saat Pandemi untuk Kamu yang Baru Saja Mengalami Penurunan Gaji

Pandemi global yang tengah kita rasakan saat ini membawa banyak dampak pada kehidupan, khususnya ekonomi. Tak jarang ada yang mengalami pemotongan gaji agar perusahaan tetap bertahan. Bagi kamu yang sedang mengalami pemotongan gaji, berikut tips mengelola gaji saat pandemi yang bisa kamu gunakan untuk mengelola keuangan.


Buat skala prioritas

Saat baru pertama menerima gaji bulanan, jangan terburu-buru mengeluarkan uang untuk hal yang konsumtif. Apalagi di saat pandemi dimana kamu mengalami pemotongan gaji seperti saat ini.


Buatlah skala prioritas untuk mengalokasikan gajimu. Misalnya, kelompokkan alokasi biaya bulanan pada 3 bagian: kebutuhan mendesak yang harus segera terpenuhi, kebutuhan yang masih bisa ditunda, dan kebutuhan yang tidak diperlukan.


Dengan begitu, kamu dapat menahan hasrat untuk tidak mengeluarkan biaya yang berlebihan untuk hal yang kurang diperlukan. Tips ini terbukti cukup efektif, lho!


Utamakan membayar cicilan

Bagi kamu yang memiliki tanggungan cicilan, sisihkan gaji bulananmu terlebih dahulu untuk membayar seluruh cicilan yang kamu punya. Jangan sampai ditunda-tunda, ya. Sebab, kalau kamu menunda bayar cicilan, bisa jadi kamu kelupaan dan cicilanmu pun menunggak.


Saat baru pertama kali menerima gaji bulanan, langsung sisihkan sekian persen untuk membayar cicilan. Tips ini membantu untuk mengelola keuangan saat pandemi, agar tetap bisa membayar cicilan di waktu yang tepat dan masih memiliki pegangan biaya untuk keperluan yang lain.


Catat pengeluaran

Tips mengelola gaji saat pandemi yang satu ini memang sepele, tapi punya dampak yang krusial untuk memantau gaji bulananmu.


Usahakan untuk mencatat sekecil apapun pengeluaran yang kamu lakukan, apalagi pengeluaran sehari-hari. Hal ini berguna agar kamu bisa melakukan review di akhir bulan untuk melihat kemana saja uang yang kamu keluarkan.


Dengan begitu, kamu pun bisa mengevaluasi mana yang tidak perlu dilakukan dan mana yang perlu dilakukan. Penting untuk terus memantau pengeluaran, terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini.


Hindari pengeluaran yang konsumtif

Salah satu perilaku konsumtif biasanya datang setelah gajian. Seseorang memiliki kecenderungan untuk berbelanja setelah gajian karena merasa sedang punya banyak uang. Tanpa sadar, belanja pun jadinya tidak terkontrol. Sampai-sampai, kamu jadi cepat bokek meski masih di awal bulan.  


Hal ini harus kamu hindari, ya. Apalagi situasinya saat ini kamu baru saja mendapat potongan gaji karena pandemi. Hindari hal-hal seperti belanja keinginan yang tidak terlalu mendesak, delivery makanan atau jajan berlebihan.


Jika ingin lebih gampang, kamu bisa membuat wishlist bulanan berupa hal-hal yang kamu butuhkan di bulan tersebut. Jika sesuatu yang tiba-tiba saja kamu inginkan tidak ada dalam wishlist, tunda mengeluarkan uang untuk hal tersebut sampai bulan depan, ya!  


Cari pekerjaan sampingan

Tips mengelola gaji saat pandemi selanjutnya yaitu dengan mencari pekerjaan sampingan lain untuk menambah penghasilan.


Saat ini memang cukup sulit untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan tak sedikit yang harus kehilangan pekerjaannya di masa pandemi. Namun, siapa tahu kamu punya kemampuan yang sebenarnya bisa dijadikan modal untuk mencari pekerjaan sampingan.


Jika kamu punya waktu luang di sela-sela pekerjaan utama, pergunakan waktu tersebut untuk mengambil kerja part time. Kamu bisa menawarkan diri sebagai freelance untuk mendapatkan pendapatan tambahan.


Nah, itu dia tips mengelola gaji saat pandemi ketika kamu mengalami penurunan gaji. Saat ini memang semuanya terasa sulit, maka kamu perlu lebih cermat untuk mengelola keuangan agar tetap bisa bertahan. Semoga artikel ini membantu!

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Miliki 5 Sikap dan Perilaku Wirausahawan Ini untuk Jadi Wirausahawan Sukses!
Success

Miliki 5 Sikap dan Perilaku Wirausahawan Ini untuk Jadi Wirausahawan Sukses!

Membangun sebuah bisnis tidak hanya berhenti pada urusan teknis yang dihadapi di lapangan. Namun, kamu juga perlu menanamkan sikap dan perilaku wirausahawan agar dapat menjadi pebisnis yang sukses....

Baca lebih banyak
Ketahui Cara Belajar Online yang Efektif Ini Selama Masa Pandemi
Dream

Ketahui Cara Belajar Online yang Efektif Ini Selama Masa Pandemi

Cara Belajar Online yang Efektif ー Kebijakan untuk belajar jarak jauh secara online tengah dirasakan oleh para pelajar dan mahasiswa di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu kebijakan yang dilaku...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI