Skip to content

Extra Disc 15.000

Keranjang

Your cart is empty

Article: Ketahui Cara Belajar Online yang Efektif Ini Selama Masa Pandemi

Ketahui Cara Belajar Online yang Efektif Ini Selama Masa Pandemi
Dream

Ketahui Cara Belajar Online yang Efektif Ini Selama Masa Pandemi

Cara Belajar Online yang Efektif ー Kebijakan untuk belajar jarak jauh secara online tengah dirasakan oleh para pelajar dan mahasiswa di Indonesia. Hal ini merupakan salah satu kebijakan yang dilakukan untuk menurunkan tingkat penyebaran virus Covid-19. 


Beragam aplikasi yang tersedia secara online menjadi media pembelajaran sepanjang tahun 2020 ini. Semua kelas dan tugas-tugas yang diberikan pun dilakukan secara online.


Akan tetapi, belajar dari rumah tentu memiliki tantangan yang berupa godaan tersendiri untuk bermalas-malasan. Untuk menghindari hal tersebut, yuk lihat tips-tips berikut agar belajar di rumah lebih efektif selama pandemi!


Siapkan ruang untuk belajar

Ruangan yang dipilih untuk belajar online dapat menentukan efektifitasnya, lho. Untuk itu, pilihlah ruangan yang tepat untuk belajar online atau menghadiri kelas online.


Kalau kamu lebih memilih ruangan yang tertutup tanpa adanya gangguan dari orang lain, kamu bisa belajar di kamar. Tapi kalau kamu lebih senang belajar di ruangan yang sedikit lebih besar dengan suasana yang lebih fleksibel, kamu mungkin bisa memanfaatkan ruang makan atau ruang tengah yang ada di rumah.


Belajar sesuai jadwal

Salah satu cara belajar online yang efektif yaitu dengan membuat jadwal belajar sendiri.  Bagi kamu yang masih sekolah atau kuliah, mungkin beberapa kelas sudah diatur jamnya sehingga kamu tinggal menyesuaikan saja harus hadir secara online pada jam berapa. Namun, pastinya kamu juga memiliki tugas tambahan yang harus dikerjakan. 


Supaya efektif, aturlah kapan kamu harus mengerjakan tugas-tugas tersebut. Jadwal ini akan membantumu lebih produktif dan disiplin meskipun belajar hanya di rumah saja. Misalnya, kamu membuat jadwal untuk mengerjakan tugas di sore hari atau di malam hari.


Jika di luar itu, kamu bisa istirahatkan badan atau mengerjakan kegiatan lain. Belajar terus-terusan di depan layar gadget tentu akan sangat melelahkan. Jadi, jangan lupa untuk istirahat juga, ya!


Kenali teknologi yang digunakan selama belajar online

Sebelum belajar online, kamu juga perlu mengetahui device atau tools teknologi yang akan digunakan selama belajar online.


Biasanya, kelas online diadakan melalui aplikasi video call seperti Zoom atau Google Meet. Pastikan untuk mengetahui cara kerjanya agar memudahkanmu dalam belajar.


Kamu juga perlu jaringan internet yang kuat agar informasi yang didapatkan selama belajar tidak ada yang terlewatkan sehingga tidak menghambat proses belajar.


Bikin kelompok belajar

Membuat kelompok belajar bisa juga kamu lakukan dengan teman-teman dekatmu. Ini akan mempermudah proses pemahaman mengenai pelajaran karena dapat bertukar pikiran satu sama lain dengan teman kelompok. 


Adanya teman kelompok seperti ini juga dapat memudahkan diskusi ataupun pengerjaan tugas kelompok sehingga belajar online bisa lebih efektif.


Hindari diri dari distraksi

Tidak dapat dipungkiri jika belajar online dari rumah juga memiliki gangguan atau distraksi. Sebagai cara belajar online yang efektif, kamu perlu mengenali apa saja yang memicu distraksi saat belajar.


Misalnya, jika belajar di kamar tidur memicu untuk bermalas-malasan karena melihat kasur, kamu mungkin perlu tempat lain untuk belajar.


Atau mungkin ponsel yang terus-terusan memberi notifikasi membuatmu kurang fokus dan ingin terus-terusan menggulir jempol pada layar ponsel, kamu bisa menyingkirkan gadget dari jangkauanmu dan mengubahnya dalam mode diam.


Jika distraksi terbesarmu justru datang dari anggota keluarga lain yang ada di rumah, mintalah mereka untuk tetap kondusif pada saat waktu belajar. Dengan begitu, kamu bisa belajar dengan tenang.


Siapkan cemilan 

Belajar merupakan salah satu kegiatan yang menguras tenaga, tidak terkecuali jika kamu melakukannya di rumah. Tenaga yang dikeluarkan untuk berpikir pasti terkuras habis, belum lagi jika mata dan bahu terasa pegal jika harus terus-terusan menatap layar gadget


Mumpung belajar bukan di sekolah atau di kampus, kamu bisa sediakan cemilan di samping area belajar. Cemilan seperti buah, salad, kacang-kacangan, atau sesuatu yang manis bisa membangkitkan energi dan semangat untuk tetap fokus dalam belajar.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Tips Mengelola Gaji Saat Pandemi untuk Kamu yang Baru Saja Mengalami Penurunan Gaji
income

Tips Mengelola Gaji Saat Pandemi untuk Kamu yang Baru Saja Mengalami Penurunan Gaji

Pandemi global yang tengah kita rasakan saat ini membawa banyak dampak pada kehidupan, khususnya ekonomi. Tak jarang ada yang mengalami pemotongan gaji agar perusahaan tetap bertahan. Bagi kamu yan...

Baca lebih banyak
Ternyata Ini Prinsip Hidup Orang Sukses, Mulai dari Menghargai Hal Kecil!
Dream

Ternyata Ini Prinsip Hidup Orang Sukses, Mulai dari Menghargai Hal Kecil!

Tokoh sukses yang seringkali dilihat di media mainstream maupun di media online sebenarnya juga orang biasa seperti kita semua. Segala usaha dan jerih payah yang mereka lakukan untuk sukses sampai ...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI