Skip to content

Disc up to 56% Extra Disc 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: Miliki 5 Sikap dan Perilaku Wirausahawan Ini untuk Jadi Wirausahawan Sukses!

Miliki 5 Sikap dan Perilaku Wirausahawan Ini untuk Jadi Wirausahawan Sukses!
Success

Miliki 5 Sikap dan Perilaku Wirausahawan Ini untuk Jadi Wirausahawan Sukses!

Membangun sebuah bisnis tidak hanya berhenti pada urusan teknis yang dihadapi di lapangan. Namun, kamu juga perlu menanamkan sikap dan perilaku wirausahawan agar dapat menjadi pebisnis yang sukses. Artikel berikut akan membahas sikap dan perilaku yang perlu dimiliki oleh wirausahawan agar bisnisnya dapat bertahan di tengah persaingan yang ketat.


  • Tidak takut untuk mengambil langkah awal
  • Seorang wirausahawan sukses tidak akan membiarkan ide-ide cemerlangnya hanya tinggal di dalam kepala atau hanya sebatas ditulis di buku catatan. Sikap dan perilaku wirausahawan sukses yaitu berani mewujudkan ide-de tersebut menjadi kenyataan dan bukan hanya sebatas perencanaan semata.


    Memang betul seorang pengusaha harus memikirkan keputusannya secara matang terlebih dahulu sebelum menjadikannya sebuah keputusan yang final. Namun, dibutuhkan sebuah keberanian untuk mengambil langkah awal dalam mewujudkan ide kreatif dan inovatif tersebut untuk menjadi kenyataan.


  • Cerdas dalam memanfaatkan tren
  • Sikap dan perilaku wirausahawan sukses selanjutnya yaitu pintar dalam memanfaatkan tren terbaru yang sedang naik daun. Memiliki pemikiran yang inovatif dan kreatif adalah kunci yang harus dimiliki setiap pebisnis. 


    Kamu masih ingat kan dengan kemunculan Keripik Maicih yang dulu populer di jagat Twitter? Tren penggunaan Twitter yang sedang meningkat pada saat itu membuat pemilik dari Keripik Maicih, Reza Nurhilman, memanfaatkan platform media sosial tersebut untuk memperkenalkan produk ini pada masyarakat umum. 


    Kerennya, cara ini berhasil membawa banyak pelanggan baru yang berbondong-bondong ingin mencoba keripik fenomenal yang bikin penasaran ini. Pemiliknya pun mendapat banyak untung meski melakukan promosi secara gratis hanya dengan memanfaatkan tren penggunaan Twitter.


  • Memahami pasar dari produk atau jasa yang dimiliki
  • Jangan asal terjun ke dunia bisnis kalau kamu belum memahami seperti apa produk atau jasa yang kamu tawarkan! Penting untuk memiliki sikap dan perilaku wirausahawan yang satu ini agar kamu dapat menganalisis pasar lebih dalam sehingga bisa tepat sasaran dalam melakukan pemasaran.


    Ketahui dulu nilai apa yang dimiliki oleh produk maupun jasa yang kamu miliki, apakah mereka memberi solusi atas masalah yang dimiliki pasar? Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengetahui pasar untuk menjual produk atau jasa yang kamu tawarkan. 


    Ketika sudah mengetahui pasar yang tepat, jangan lupa untuk tetap terbuka menerima kritik dan saran untuk mengembangkan kualitas produk atau jasamu menjadi lebih baik.


  • Tidak membiarkan dirinya terpuruk dalam kegagalan
  • Kegagalan juga pasti selalu hadir di segala kondisi. Tidak sedikit orang menghabiskan banyak waktu untuk merenung dan terpuruk ketika mereka gagal. Padahal, kegagalan bukanlah akhir dari segalanya.


    Memang betul kadang kala kita merasa terpuruk ketika mendapat kegagalan. Namun, tidak membiarkan diri sendiri tenggelam dalam keterpurukan adalah salah satu sikap dan perilaku wirausahawan sukses yang perlu dimiliki.


    Daripada menghabiskan waktu dengan terpuruk dalam perasaan sedih, lebih baik kamu mafaatkan waktu tersebut untuk bangkit kembali dan mengambil langkah untuk mengevaluasi diri.


  • Membangun hubungan dan interaksi yang baik dengan pihak lain
  • Pandai menjalin hubungan dan relasi yang baik dengan banyak pihak adalah sikap dan perilaku wirausahawan yang juga perlu kamu miliki. Sebab, perilaku ini berpotensi mendatangkan kerjasama bisnis yang nantinya bisa kamu lakukan di masa depan. Oleh karena itu, buanglah sifat pemalu dan takut untuk berinteraksi dengan orang baru, ya!


    Menjalin komunikasi dan hubungan yang baik, mau itu dengan pelanggan, mitra kerja, rekan kerja, penyedia rantai pasok, ataupun pihak lain, merupakan hal yang penting yang patut dijaga dalam berbisnis.


    Sikap yang baik ini akan menciptakan sebuah citra yang baik juga mengenai dirimu sehingga kamu punya reputasi yang bagus. Siapa sangka dengan membangun hubungan baik antar banyak pihak dapat mengundang calon klien yang berpotensi dan memberikanmu kesuksesan nantinya?


    Setelah mengetahui sikap dan perilaku wirausahawan di atas, semoga kamu bisa tercerahkan dan belajar menanamkan perilaku tersebut jika ingin menjadi wirausahawan sukses!

    Tinggalkan komentar

    Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

    All comments are moderated before being published.

    BACA SELENGKAPNYA

    Ternyata Begini Budaya Orang Jepang. Unik Banget!
    Culture

    Ternyata Begini Budaya Orang Jepang. Unik Banget!

    Orang Jepang terkenal memiliki budaya sopan santun dan kedisiplinan yang sangat tinggi. Tapi, mereka juga punya budaya lain yang unik dan tidak biasa, lho. Sebelum kamu berkunjung ke Jepang, ada ba...

    Baca lebih banyak
    Tips Mengelola Gaji Saat Pandemi untuk Kamu yang Baru Saja Mengalami Penurunan Gaji
    income

    Tips Mengelola Gaji Saat Pandemi untuk Kamu yang Baru Saja Mengalami Penurunan Gaji

    Pandemi global yang tengah kita rasakan saat ini membawa banyak dampak pada kehidupan, khususnya ekonomi. Tak jarang ada yang mengalami pemotongan gaji agar perusahaan tetap bertahan. Bagi kamu yan...

    Baca lebih banyak

    EXPLORES

    KOLEKSI KAMI