Skip to content

Disc up to 80% + extra potongan 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: Kain Katun Menyusut Kenapa?

Kain Katun Menyusut Kenapa?
cotton

Kain Katun Menyusut Kenapa?

Apakah Kapas Menyusut Setiap Kali Anda Mencucinya? Ya! Pernahkah Anda mencoba bermain dengan bentuk-bentuk cairan? Kemudian, Anda dapat dengan mudah memberi mereka formasi sesuai dengan wadah tempat mereka disimpan.

Kasus serupa juga terlihat pada bahan yang sangat lembut dan sensitif, yang tidak lain adalah kapas. Sifat ekstra-penyerapnya membuatnya memenuhi syarat untuk diregangkan atau diciutkan sesuai keinginan Anda.

Kapas umumnya dikenal menyusut pada pencucian pertama dan tetap sama untuk sisanya. Tapi, tetap saja, mereka dapat menyusut lebih jauh dan dalam proses yang berkelanjutan ketika prosedur panas dan pengeringan ekstra dipaksakan ke dalamnya. Misalnya, kapas dapat menyusut setiap kali dicuci dengan perlakuan panas dan keras.

Apakah Kapas Menyusut Setiap Kali Anda Mencucinya?

Untuk mencocokkan fitur kapas, kami ingin membahas apa yang dimaksud dengan kapas!

Kapas adalah kain alami nabati yang sepenuhnya diperoleh tanpa pengolahan buatan dan oleh karena itu dikenal sebagai senyawa organik. Namun, alasan yang sama membuat mereka begitu mahal dan sangat diminati di pasar, yang menyebabkan penemuan berbagai imitasi kapas.

Kapas seluruhnya terbuat dari selulosa yang juga dianggap sebagai rambut dari serat biji tanaman mereka. Kehadiran lengkap selulosa tidak berarti bahwa kandungan totalnya sekitar 100%.

Namun memang sebagian besar kandungan kapas berasal dari selulosa yang menempati porsi besar sekitar 87-90 persen. Selulosa adalah bagian karbohidrat dari tanaman mereka.

Sisa bagian kapas berasal dari air dan kotoran lainnya. Dimana air menempati 5%-8%, sisa 4-6 persentase adalah kontaminan dan campuran yang berbeda.

Bagian terbesar dari kapas, yang dikenal sebagai selulosa, adalah makromolekul yang bertindak sebagai polimer. Polimer secara kimia dikenal sebagai rantai panjang molekul yang terdiri dari glukosa. Glukosa ini selanjutnya dihubungkan dengan jembatan oksigen C-1 ke C-4 setelah menghilangkan kandungan air.

Dengan kata lain, kapas adalah zat murni alami yang cenderung menyusut dalam berbagai keadaan. Kasus-kasus yang layak disebutkan ketika penyusutan terjadi sebagian besar waktu berada di jingkrak panas. Tidak hanya itu, kadar air juga menambah menyusutnya kapas dan karenanya mengurangi ukurannya dalam bentuk pakaian.

Tapi, fakta utama tentang penyusutan adalah apakah mereka terbatas dengan penyusutan satu kali atau apakah mereka menyusut setiap kali setelah dicuci! Nah, di sini, bagian yang menarik adalah poin pertimbangan yang bisa menghilangkan semua kebingungan Anda.

Mereka mungkin masih menyusut setiap kali Anda mencucinya tetapi tidak dengan cara mencuci yang benar, tetapi dengan cara yang memaksanya menyusut. Bagaimanapun, tingkat menyusut bahkan tidak akan mendekati yang pertama kali menyusut.

Artinya; kapas hanya akan menyusut jika Anda membiarkannya bersentuhan dengan panas atau pengeringan yang berlebihan. Juga, tingkat kelembapan yang lebih tinggi membuat ukurannya lebih kecil.

Cuci dengan air dingin dan jangan kasar atau kasar, dan menantang selama prosedur mencuci tangan. Dan, dalam hal pencucian dengan mesin, selalu aktifkan mereka dalam siklus mesin yang dingin dan lembut dan pastikan bahwa gesekan yang berlebihan di dalam mesin karena gesekan tidak dapat mempengaruhinya.

Berapa Banyak Kapas 100% Menyusut Saat Dicuci?

100% katun akan menyusut sesuai dengan jenis yang Anda beli. Misalnya, jika Anda membeli kapas yang sudah menyusut, kapas itu hanya akan menyusut hingga 3% dengan pencucian pertama.

Persentase meningkat hingga 20% untuk kasus kapas yang tidak menyusut dan diproduksi mengikuti pemrosesan standar.
Berapa Banyak Kapas Menyusut Setelah Pencucian Pertama?
Kapas setelah pencucian pertama mereka akan menyusut banyak uang yang levelnya tidak dapat ditandingi bahkan setelah menerapkan panas yang disengaja untuk sisa waktu.

Dengan itu, kapas akan menyusut dari 3-20 persen, tergantung pada jenis pembuatannya dan prosedur penting lainnya.
Nah, Anda sudah mengerti bukan bagaimana kain katun bisa menyusut dan apakah penyebabnya. Sebisa mungkin Anda harus menghindari cara-cara yang akan membuat Anda menyusutkan baju berkain katun Anda.

Jika Anda ingin mencari pakaian dengan kain katun yang tidak mudah menyusut, yuk coba beberapa koleksi dari Ryusei seperti Ryusei Tshirt Yuta Black atau Ryusei Tshirt Hakaku White.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Kaos Bahan Cotton Kamu Berbulu? Berikut 3 Penyebab Kenapa Kain Cotton Berbulu
cotton

Kaos Bahan Cotton Kamu Berbulu? Berikut 3 Penyebab Kenapa Kain Cotton Berbulu

Kaos berbahan cotton diminati oleh banyak orang lantaran bahan kainnya yang lembut, halus, tidak berbulu, bahkan adem ketika digunakan. Kelebihan karakteristik pada bahan kain jenis cotton inilah y...

Baca lebih banyak
Yuk, Cari Tahu Alasan Poloshirt Bahan 100% Cotton Combed Dijual Mahal
cotton

Yuk, Cari Tahu Alasan Poloshirt Bahan 100% Cotton Combed Dijual Mahal

Ryufams, siapa nih yang sering beli poloshirt untuk membantu menunjang penampilan? Poloshirt acapkali menjadi alternatif fashion bagi kamu yang tetap ingin tampil kasual dan santai. Maka tak heran...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI