Skip to content

Disc up to 80% + extra potongan 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: Kain Katun Menyusut Karena Apa?

Kain Katun Menyusut Karena Apa?

Kain Katun Menyusut Karena Apa?

Katun (Cotton), serat nabati alami dari polong biji tanaman kapas, dapat digunakan sebagai kain cacat. Karena kapas cenderung mengembang saat basah dan menyusut saat kering, banyak orang mengalami "bencana kapas" setelah dicuci, mulai dari kemeja yang mengecil hingga jeans yang mengencang. Namun terkadang, ada beberapa cara yang kita gunakan dan ternyata malah membuat kain katun menyusut.

1. Direbus

Pilih kain Anda. Pastikan kainnya 100% katun. Proses penciutan ini bersifat permanen, jadi Anda harus benar-benar yakin jika Anda benar-benar ingin mengecilkan baju dengan cara ini. Jika label mengatakan "preshrunk" (sudah dicoret) dapat mengakibatkan usaha yang sia-sia. Cobalah. Namun, perhatikan bahwa metode menyusut tidak terlalu efektif. Mungkin juga garmen hanya menyusut di tempat-tempat tertentu. Apakah itu layak untuk dicoba?

Dalam panci besar, didihkan air bersih. Sisakan ruang yang cukup agar kain dapat masuk ke dalam panci tanpa menumpahkan air. Tambahkan cuka putih jika diinginkan untuk mencegah memudahkan.

Rendam kain katun dalam air mendidih selama sekitar 5 menit. Pakaian yang berbeda harus diciutkan secara terpisah (kecuali jika warnanya sama) karena mungkin ada beberapa warna yang memudar. Aduk kain dengan spatula kayu agar semuanya terendam secara merata.

Jika Anda ingin kemeja Anda sedikit menyusut, didihkan air, angkat panci dari api, tunggu 5 menit, lalu masukkan kemeja. Semakin dingin airnya, semakin kecil penyusutannya. Jika Anda memasukkan pakaian ke dalam panci segera setelah mengeluarkannya dari kompor, pakaian akan menyusut dua ukuran ke bawah.

Keluarkan kaus dari air dengan hati-hati dan masukkan ke dalam pengering. Atur pengering ke suhu tertinggi dan nyalakan sampai pakaian benar-benar kering.

Pakaianku terasa sangat panas sekarang. hati-hati di jalan! Gunakan sarung tangan oven, penjepit, atau handuk untuk melindungi tangan Anda. Jangan menyentuh apapun secara langsung kecuali dingin.

Jika perlu, ulangi langkah ini beberapa kali sampai baju menyusut ke ukuran yang diinginkan. Kain katun menyusut banyak pada lintasan pertama, tetapi mereka dapat menyusut lebih banyak lagi setelah lintasan kedua.

2. Di cuci panas / pengeringan panas

siapkan pakaian Sekali lagi, pastikan bahannya 100% katun dan Anda yakin ingin menyusut. Meskipun bahannya tidak 100% katun, kemeja mungkin menyusut, tetapi hanya sedikit.

Jika pakaian Anda 100% katun dan preshrunk, Anda perlu mempertimbangkan kembali. Baju boleh menyusut sama sekali, hanya di daerah tertentu saja atau cukup.

Masukkan saja pakaian yang ingin Anda susutkan ke dalam mesin cuci. Jangan menyalakan mesin cuci dengan pakaian atau bahan lain yang tidak ingin Anda susutkan atau yang dapat kehilangan warna. Warna dapat memudar pada suhu tinggi. Jadi hindari.

Atur suhu air untuk mencuci dan membilas ke "air panas" dan mulai mencuci. Beberapa orang menyarankan untuk menambahkan larutan enzim ke dalam mesin cuci, tetapi ini belum terbukti.Namun, Anda dapat menambahkan satu sendok makan cuka putih agar tidak memudar.Setelah mencuci, biarkan cucian kering.

Masukkan ke dalam mesin. Balikkan pengering ke pengaturan panas tertinggi dan tunggu sampai benar-benar kering. -Jika Anda hanya ingin mengecilkan satu ukuran, periksa kemeja Anda di tengah proses. Jangan membuatnya terlalu kecil. Kemeja katun yang bagus akan menyusut 1-3%. Tidak terlalu banyak, tetapi jika panjang lengan 60cm, panjang lengan akan menjadi 0,6-1,8cm.

Ulangi langkah-langkah ini sampai kemeja menyusut ke ukuran yang diinginkan. Penyusutan awal adalah yang paling efektif, tetapi dapat menyusut lebih sedikit setelah beberapa kali dicuci.

3. Rebus kapas dalam air.

Untuk langkah ini, ikuti salah satu cara di atas. Setelah kemeja keluar dari air, letakkan di papan setrika. Tutupi kemeja katun dengan kain lain. Langkah ini penting untuk menghindari paparan langsung panas yang dapat merusak pakaian. Setrika kemeja katun sampai benar-benar kering. Setelah selesai, kemeja akan menyusut.

Itulah beberapa cara yang akan membuat kain katun Anda mudah menyusut. Untuk itu, Anda patut menghindari beberapa cara di atas agar tidak terjadi adanya penyusutan pada baju Anda. Namun, Anda bisa menghindarinya dengan menggunakan pakaian berkain cotton combed 30s seperti Ryusei Tshirt Trust White.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Kain Putih
Kain

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Kain Putih

Ryufams, kain putih seringkali menjadi warna pakaian favorit dan acapkali dibutuhkan dalam beberapa situasi formal maupun non formal. Meskipun rentan terkena noda, namun kain putih masih menjadi pr...

Baca lebih banyak
5 Rekomendasi Tempat Untuk Pameran, Fleksibel dan Hemat Biaya

5 Rekomendasi Tempat Untuk Pameran, Fleksibel dan Hemat Biaya

Pameran menjadi salah satu media yang cukup efektif untuk memperkenalkan karya atau produk. Melalui pameran, masyarakat akan jauh lebih mudah mengetahui karya atau produk yang sekiranya menarik min...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI