Skip to content

SUPER SALE UP TO 78% OFF ekstra voucher 20K

Keranjang

Your cart is empty

Article: Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Kain Putih

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Kain Putih
Kain

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Kain Putih

Ryufams, kain putih seringkali menjadi warna pakaian favorit dan acapkali dibutuhkan dalam beberapa situasi formal maupun non formal. Meskipun rentan terkena noda, namun kain putih masih menjadi primadona untuk kamu yang suka pakaian berwarna polos.

Kendati demikian, salah satu hal yang tidak menyenangkan saat memiliki kain atau pakaian putih adalah noda luntur yang mengotori pakaian tersebut. Selain noda luntur mudah terlihat pada kain putih, tentunya juga cukup mengganggu saat kamu menggunakannya.

Lantas, bagaimana sih cara menghilangkan noda luntur pada kain putih? Ternyata, kamu bisa loh Ryufams menghilangkan noda luntur dengan bahan-bahan sederhana yang mudah kamu temukan di dapur. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba di rumah, Ryufams.

1. Jeruk Nipis
Jeruk nipis memiliki kandungan asam yang cukup tinggi sehingga dapat membantu kamu untuk menghilangkan noda luntur pada kain putih, Ryufams. Kamu bisa memotong jeruk nipis kemudian menggosokannya pada area yang terkena noda luntur selama kurang lebih 5 menit. Diamkan sebentar sebelum kamu mencucinya dengan deterjen.

2. Larutan Asam Cuka

Selain jeruk nipis, asam cuka juga mengandung kadar asam yang tinggi. Oleh karena itu, kamu bisa membuat larutan asam cuka untuk membantu menghilangkan noda luntur pada kain putihmu. Caranya cukup mudah, kamu bisa mencampurkan asam cuka, air, detergen, dan garam dalam satu wadah. Kemudian, rendam kain putihmu yang terkena noda luntur pada campuran larutan asam cuka tersebut selama 15 - 30 menit. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggosoknya secara perlahan sebelum mencucinya seperti biasa.

3. Baking Soda

Cara lain yang dapat kamu gunakan adalah baking soda. Baking soda merupakan bahan yang cukup aman untuk digunakan pada semua jenis pakaian lantaran tidak merusak tekstur kain. Kamu cukup mencampurkan baking soda dengan air kemudian rendam kain putih selama beberapa menit. Setelah itu, kucek pakaian seperti biasa atau gunakan mesin cuci untuk mencucinya. Selain itu, kamu dapat menuangkan sedikit baking soda langsung pada noda lalu gosok dengan menggunakan sikat gigi bekas hingga noda terlihat mulai terangkat.

4. Garam Dapur

Apabila kamu tidak memiliki bahan yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa menggunakan garam dapur di rumahmu. Hal ini lantaran garam bersifat abrasif sehingga dapat membantu menghilangkan noda pada kain putih. Kamu hanya perlu menuangkan garam pada kain atau baju yang sudah basah, kemudian biarkan selama 10 - 15 menit. Kucek area yang terkena noda luntur perlahan sebelum membilasnya seperti biasa.

5. Pemutih

Terakhir, cara umum yang kerap digunakan untuk menghilangkan noda pada kain putih adalah menggunakan pemutih tanpa bahan klorin.
Namun, sebelumnya kamu harus mengecek terlebih dahulu apakah pakaian tersebut dapat dicuci dengan pemutih atau tidak. Kamu cukup mengeceknya pada "care label" dengan melihat ada tidaknya simbol pemutih.

Jika kain tersebut aman, cukup tuangkan satu tutup botol pemutih ke dalam air rendaman lalu biarkan 1-2 jam. Selanjutnya, kamu dapar mencuci baju seperti biasa hingga noda luntur terangkat dari dari serat kain.

Kain atau pakaian putih merupakan salah satu warna polos yang banyak disukai oleh banyak kalangan. Bagi Ryufams yang senang dengan pakain putih untuk daily wear kamu, barangkali produk T-Shirt Ryusei bisa lho menjadi pilihan.

Kamu bisa lho menggunakan Ryusei Tshirt Hakaku White dan Ryusei Tshirt Taka White buat kamu yang suka konsep Jepang dengan desain minimalis.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

5 Cara Menghilangkan Noda Luntur di Kain  Dengan Bahan Mudah Ditemukan di Rumah
Kain

5 Cara Menghilangkan Noda Luntur di Kain Dengan Bahan Mudah Ditemukan di Rumah

Siapa nih yang punya kain atau baju luntur setelah dicuci? Rasanya sayang sekali apalagi kalau baju kesayangan. Mau dipakai tapi malu karena noda luntur. Jangan risau, Ryufams. Buat kamu yang masih...

Baca lebih banyak
Kain Katun Menyusut Karena Apa?

Kain Katun Menyusut Karena Apa?

Katun (Cotton), serat nabati alami dari polong biji tanaman kapas, dapat digunakan sebagai kain cacat. Karena kapas cenderung mengembang saat basah dan menyusut saat kering, banyak orang mengalami ...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI