Skip to content

Disc up to 56% Extra Disc 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: 5 Cara Menghilangkan Noda Luntur di Kain Dengan Bahan Mudah Ditemukan di Rumah

5 Cara Menghilangkan Noda Luntur di Kain  Dengan Bahan Mudah Ditemukan di Rumah
Kain

5 Cara Menghilangkan Noda Luntur di Kain Dengan Bahan Mudah Ditemukan di Rumah

Siapa nih yang punya kain atau baju luntur setelah dicuci? Rasanya sayang sekali apalagi kalau baju kesayangan. Mau dipakai tapi malu karena noda luntur.
Jangan risau, Ryufams. Buat kamu yang masih sayang sama kain atau baju yang luntur, kamu tetap bisa loh menghilangkan noda tersebut. Kalau kain atau baju putih, kamu bisa mengatasinya dengan pemutih atau baking soda.

Nah, kalau yang berwarna bahkan bermotif bagaimana?
Ternyata, kamu bisa mengatasi noda luntur pada kain dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di rumah, loh. Yuk, cari tahu caranya!

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis ternyata bisa membantu kamu mengatasi noda luntur pada kain mengingat bahan ini mengandung asam yang tinggi. Selain itu, jeruk nipis merupakan bahan yang sangat mudah kamu temukan di rumah.

Untuk menghilangkan noda luntur, kamu bisa menggosokkan potongan jeruk nipis pada area kain yang luntur selama 5 menit. Jangan lupa untuk mendiamkannya sebentar sebelum kamu mencucinya dengan menggunakan detergen.

Selain dapat membantu mengangkat noda luntur pada pakaian, kamu juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan noda kekuningan pada baju putihmu, loh.

2. Asam Cuka

Sama-sama mengandung asam yang tinggi, asam cuka juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noda luntur. Kamu dapat mencampurkan asam cuka, air hangat, garam, dan detergen lalu merendam kain yang terkena noda luntur pada larutan tersebut.
Tunggu selama kurang lebih 15 - 30 menit kemudian cuci kain tersebut seperti biasa dan noda luntur pun menghilang.

3. Belimbing Wuluh

Buat Ryufams yang punya belimbing wuluh di rumah, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan noda luntur, loh. Hal ini lantaran belimbing wuluh juga memiliki kandungan asam yang cukup tinggi seperti jeruk nipis dan asam cuka.

Kamu bisa memotong belimbing wuluh menjadi dua bagian kemudian menggosokkannya pada permukaan kain yang luntur. Diamkan selama 30 menit lalu cuci kain dengan menggunakan air dan detergen.

4. Larutan Micin

Siapa nih yang sudah tahu kalau larutan micin dapat membantu menghilangkan noda luntur?

Selain sebagai penambah cita rasa masakan, micin juga cukup efektif untuk membantu menghilangkan noda luntur pada pakaian.
Caranya pun tidak ribet, kamu hanya perlu membuat larutan micin dengan mencampurkan air hangat, detergen dan micin dalam satu wadah yang cukup besar.

Untuk perbandingannya, kamu bisa menggunakan perbandingan penggunaan detergen dan micin dengan perbandingan 2 : 3, Ryufams.

Sama seperti asam cuka, kamu bisa merendam kain atau baju luntur dalam larutan micin yang telah kamu buat dan diamkan selama 30 menit. Cuci kain seperti biasa dengan menggunakan detergen untuk hasil yang maksimal.

4. Larutan Alkohol

Terakhir, larutan alkohol juga dapat membantu menghilangkan noda luntur pada kain. Kamu cukup menggosokkan alkohol pada area kain yang luntur hingga memudar. Selanjutnya, kucek kain menggunakan detergen. Lakukan dua sampai tiga kali percobaan apabila penggunaan alkohol pada percobaan pertama belum berhasil menghilangkan noda luntur sepenuhnya.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan noda luntur pada kain dengan mudah. Kamu bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal karena beberapa bahan yang disebutkan di atas sangat mudah ditemukan di rumah.

Selain itu, bagi Ryufams yang ingin menambah koleksi pakaian dengan konsep Jepang. Kamu bisa loh cek koleksi Ryusei dengan mudah. Tidak perlu risau sebab setiap produk Ryusei tentunya sudah disertakan cara perawatan yang detail.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Penyebab Kain Katun Menyusut Setelah Dicuci dan Cara Mengatasinya
Kain

Penyebab Kain Katun Menyusut Setelah Dicuci dan Cara Mengatasinya

Bahan pembuatan kain katun tentu mengalami serangkaian proses dari bahan dasar cotton atau kapas yang kemudian dipintal menjadi benang. Proses-proses yang terjadi dalam pembuatannya tentu membuat s...

Baca lebih banyak
Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Kain Putih
Kain

Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Kain Putih

Ryufams, kain putih seringkali menjadi warna pakaian favorit dan acapkali dibutuhkan dalam beberapa situasi formal maupun non formal. Meskipun rentan terkena noda, namun kain putih masih menjadi pr...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI