Skip to content

SUPER SALE UP TO 78% OFF ekstra voucher 20K

Keranjang

Your cart is empty

Article: Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi Biar Kamu Nggak Makin Bokek

Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi Biar Kamu Nggak Makin Bokek
income

Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi Biar Kamu Nggak Makin Bokek

Musibah pandemi mempunyai dampak yang signifikan dalam kehidupan-sehari. Tidak seperti biasanya, kali ini semua orang harus bisa survive melewati kondisi seperti ini. Salah satunya bagaimana kamu dalam mengatur keuangan saat pandemi.


Mengapa begitu? Tak lain karena banyak aktifitas kita yang berhubungan dengan masalah keuangan. Contoh dampak dari pandemi ini yaitu banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) dan tumbangnya sektor bisnis atau perdagangan.


Alhasil banyak orang yang mulai panik dan takut berlebihan. Tetapi coba tenang, kamu bisa ikuti tips mengatur keuangan saat pandemi dibawah ini. Yuk, disimak!


  • Evaluasi Sumber Penghasilan
  • Kalau kamu suka mencatat berapa besar pengeluaran atau pemasukan yang kamu peroleh tiap bulannya, coba evaluasi lagi saat musim pandemi ini.


    Hal itu perlu diperhatikan karena biasanya kita tak sadar kemana larinya uang tersebut. Perhatikan juga prioritas pos-pos keuangan yang kita simpan. Hal ini menyesuaikan kebutuhan mana yang mendesak atau yang bisa ditunda.


    Dengan mencatat dan mengevaluasi finansial, bertujuan untuk mencegah kemungkinan terburuk sewaktu-waktu. Sehingga finansial kamu tetap aman dan stabil meskipun mengalami pandemi.


  • Hindari Kartu Kredit
  • Prinsip dari sistem cicilan yang penting belanja dulu bayar kemudian sepertinya disukai banyak orang. Karena orang ingin memenuhi keinginannya dulu. Padahal hal tersebut sangat beresiko dan tidak efisien.


    Alangkah baiknya kamu tunda dulu membeli suatu hal yang tidak terlalu dibutuhkan. Apalagi musim pandemi ada isu resesi yang dikhawatirkan. Kamu juga disarankan agar mengelola uang secara fisik untuk menjaga jika ada hal-hal yang mendesak atau tak terduga


    Tetapi, menggunakan kredit boleh saja dengan alasan kebutuhan mendesak yang dibutuhkan saat itu juga. Asalkan kamu mampu untuk melunasinya dengan segera.


  • Cari Sumber Penghasilan Tambahan
  • Kalau kamu masih bertahan dengan pekerjaan tetap sampai sekarang, bersyukurlah dan jangan puas dulu. Karena banyak orang juga yang justru di PHK ataupun sulit mencari pekerjaan.


    Nah, meskipun kamu sudah mempunyai pekerjaan tetap, usahakan juga mencari sumber penghasilan yang lain. Kamu bisa jadi freelancer, reseller produk orang lain, bangun bisnis sendiri, dan banyak ide lainnya.


    Tips ini disarankan supaya kamu tidak terlalu bergantung pada pekerjaan tetapmu. Juga bertujuan jika sewaktu-waktu kamu berhenti dari pekerjaanmu, tidak terlalu pusing karena ada usaha lain yang bisa menghasilkan.


  • Kurangi Pembelian Yang Tidak Perlu Dibutuhkan
  • Kadang kala manusia dengan egonya ingin menginginkan sesuatu yang bukan haknya. Seperti membeli barang yang justru tidak terlalu dibutuhkan saat itu juga. Padahal uang tersebut kita alokasikan ke investasi atau dana darurat saja.


    Perilaku boros seperti itu juga membuat kita tidak pernah puas dengan yang dimiliki sekarang. Maka dari itu, sebaiknya kita perbanyak bersyukur, hidup sederhana, dan tak mudah iri dengan orang lain.


    Gunakan barang yang seadanya saja. Juga pakai uang jika memang dibutuhkan. Selagi apa yang kamu punya masih berfungsi, kenapa harus membeli yang baru, ya kan?


  • Sisihkan Uang Sisa Yang Ada Untuk Investasi
  • Tips mengatur keuangan saat pandemi berikutnya adalah investasi. Ternyata masih banyak orang yang tidak mengetahui apa itu investasi dan cara mengelolanya. Investasi bisa diikuti siapa saja selama perusahaan tersebut terdaftar dalam badan hukum dan diakui negara.


    Ada banyak jenis investasi yang populer di Indonesia, seperti deposito, emas, saham, properti, reksadana, dan peer to peer lending. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang dipilih menyesuaikan tujuan berinvestasi.


    Investasi memang bisa diikuti oleh siapa saja, tetapi memang lebih disarankan untuk kamu yang memiliki sisa tabungan atau gaji yang tidak digunakan, jadi jangan menggunakan keuangan utama yang lebih dibutuhkan selain investasi. Hal itu lebih bermanfaat dan menguntungkan kita daripada sekadar dibelanjakan yang tidak perlu.


    Bahkan saat pandemi begini, banyak sekali grup diskusi ataupun webinar yang membahas tentang investasi. Tetapi, pastikan ketika memulai investasi kamu pelajari dulu profil industri yang hendak kamu investasikan.



    Nah, itu dia tips mengatur keuangan saat pandemi yang bisa kamu terapkan saat ini. Tips ini dapat membantumu untuk melek finansial dan lebih bijak dalam mengelola keuangan. Dan yang paling penting, biar kamu nggak sampai bokek di kondisi seperti ini. Semoga artikel ini membantu!

    Tinggalkan komentar

    Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

    All comments are moderated before being published.

    BACA SELENGKAPNYA

    5 Tips Nyaman Bekerja di Rumah Selama Pandemi. Jitu Banget, Lho!
    Pandemic

    5 Tips Nyaman Bekerja di Rumah Selama Pandemi. Jitu Banget, Lho!

    Selama virus Covid-19 menyebar di Indonesia, kebijakan untuk tinggal di rumah saja menjadi salah satu kewajiban yang perlu kita jalankan untuk mengurangi kurva penyebaran virus. Sekolah dialihkan u...

    Baca lebih banyak
    Ini Alasan Tetap Stylish selama WFH Dengan Berpakaian Rapi
    Activities

    Ini Alasan Tetap Stylish selama WFH Dengan Berpakaian Rapi

    Selama pandemi, sebagian besar pekerjaan kantor dan sekolah melakukan work from home (WFH) yang bisa jadi itu adalah pengalaman baru. Nah, apakah kamu juga salah satu yang merasakannya? Yang jelas ...

    Baca lebih banyak

    EXPLORES

    KOLEKSI KAMI