Skip to content

Discount up to 75% Extra Voucher 10%

Keranjang

Your cart is empty

Article: 5 Tips Nyaman Bekerja di Rumah Selama Pandemi. Jitu Banget, Lho!

5 Tips Nyaman Bekerja di Rumah Selama Pandemi. Jitu Banget, Lho!
Pandemic

5 Tips Nyaman Bekerja di Rumah Selama Pandemi. Jitu Banget, Lho!

Selama virus Covid-19 menyebar di Indonesia, kebijakan untuk tinggal di rumah saja menjadi salah satu kewajiban yang perlu kita jalankan untuk mengurangi kurva penyebaran virus. Sekolah dialihkan untuk belajar dari rumah, begitupun bagi yang bekerja. Sehingga tidak jarang kita mendengar soal work from home dewasa ini. Hal ini tentu terasa tidak biasa bagi sebagian orang. Jangan buru-buru panik, simak dulu tips nyaman bekerja di rumah ala Ryusei di bawah ini!


Kamu bisa aplikasikan tips-tips berikut saat bekerja untuk meningkatkan produktivitas, sehingga kamu tetap bisa disiplin dengan waktu meskipun harus bekerja dari rumah. Yuk, disimak!


  • Ciptakan ruang untuk bekerja
  • Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan suasana yang nyaman saat bekerja dari rumah adalah dengan membuat atau membereskan satu ruang untuk dijadikan working corner


    Working corner ini bisa kamu pilih dimana saja, contohnya seperti di kamar, di ruang tamu, atau mungkin di taman belakang rumah.


    Kalau kamu tipe orang yang butuh ruang kerja yang serius seperti halnya di kantor, kamu bisa menambahkan beberapa elemen yang mendukung layaknya suasana kantor. Misalnya, meletakkan pot berisi bunga atau lampu penerang di sudut meja.


    Tapi kalau kamu lebih senang dengan suasana yang santai, kamu bisa bekerja di ruang tengah maupun taman yang ada di rumah. Pastikan untuk memberitahu anggota keluarga di rumah untuk tetap kondusif agar kamu tetap bisa produktif.


  • Bikin jadwal untuk menunjang kerja
  • Tips nyaman bekerja di rumah yang selanjutnya adalah dengan membuat jadwal yang sesuai dengan working hour seperti di kantor. Meskipun bekerja dari rumah, kamu juga tetap perlu memperhatikan jam kerja agar tetap bisa produktif dengan mengefisiensikan waktu.


    Tetaplah bangun pagi dan lakukan persiapan kecil sebelum bekerja. Jangan lupa untuk membuat “to-do list” tentang pekerjaan apa saja yang rencananya ingin kamu selesaikan di hari itu. 


    Dengan adanya jadwal, jam kerja dan produktivitas tetap terkontrol meski bekerja dari rumah.


  • Lakukan persiapan sebelum bekerja
  • Meskipun hanya di rumah aja, tapi mencoba untuk merias diri layaknya ketika ingin bergegas ke kantor itu juga bisa bikin mood jadi lebih baik, lho! Kamu bisa tetap berpakaian semi-formal, menata rambut, atau memakai make up meski tidak keluar rumah.


    Tips nyaman bekerja di rumah ini juga berkaitan dengan tips sebelumnya, tetaplah bangun pagi untuk bersiap-siap agar kamu merasa lebih semangat untuk menjalani hari. Rasanya pasti lebih beda dibandingkan kalau kamu kerja pakai piyama!


    Kamu juga bisa siapkan secangkir teh atau kopi di samping meja biar lebih melek dan semangat menyelesaikan pekerjaan.


  • Hindari distraksi sebisa mungkin
  • Salah satu masalah terbesar ketika bekerja di rumah adalah distraksi yang terus mengganggu dan membuatmu menunda-nunda pekerjaan. Ada kalanya kamu hanya ingin tiduran sambil nonton Netflix, main game, atau tenggelam dalam media sosial yang tak henti kamu periksa.


    Padahal, bekerja juga tetap kewajiban. Sebagai tips nyaman bekerja di rumah dan tetap produktif, kamu perlu menghindari diri dari distraksi terbesar yang kemungkinan akan membuatmu menunda-nunda pekerjaan.


    Misalnya, kamu terdistraksi dengan kasur di kamar saat bekerja di meja belajar. Kamu bisa sesekali pindah ke ruang makan atau ruang tamu untuk bekerja. Atau, jika distraksi terbesarmu adalah mainan gadget, jauhkan gadget dari jangkauan dan aktifkan ke mode silent

     

  • Jangan lupa stretching!
  • Tips nyaman bekerja di rumah yang terakhir tapi tidak kalah pentingnya yaitu jangan lupa untuk lakukan peregangan secara berkala, ya!


    Ada kalanya kamu merasa jenuh kerja di rumah, apalagi karena tidak ada teman kantor yang duduk di sampingmu. Usahakan untuk berhenti sejenak untuk stretching dan menghirup udara di pekarangan rumah.


    Kamu juga bisa berjalan-jalan sekitar 10 menit di sekitar rumah untuk mengusir penat. Tapi, jangan lupa untuk tetap gunakan masker, ya. Setelah pulang ke rumah, langsung cuci tangan dan lanjut kerja lagi!


    Nah, itu dia tips nyaman bekerja di rumah yang bisa kamu aplikasikan sehari-hari. Tips ini dapat membantumu bekerja lebih produktif dan efisien waktu meski tidak keluar rumah. Semoga artikel ini membantu!

    Tinggalkan komentar

    Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

    All comments are moderated before being published.

    BACA SELENGKAPNYA

    Ikuti 7 Cara Sukses Bisnis Online Berikut untuk Meraih Kesuksesan Berbisnis!

    Ikuti 7 Cara Sukses Bisnis Online Berikut untuk Meraih Kesuksesan Berbisnis!

    Dewasa ini, segala sesuatu yang dibutuhkan manusia dapat dengan mudah dicari melalui internet. Tak heran jika banyak yang telah menggeluti dunia bisnis online karena kemudahan dan kepraktisannya da...

    Baca lebih banyak
    Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi Biar Kamu Nggak Makin Bokek
    income

    Ini 5 Tips Mengatur Keuangan Saat Pandemi Biar Kamu Nggak Makin Bokek

    Musibah pandemi mempunyai dampak yang signifikan dalam kehidupan-sehari. Tidak seperti biasanya, kali ini semua orang harus bisa survive melewati kondisi seperti ini. Salah satunya bagaimana kamu d...

    Baca lebih banyak

    EXPLORES

    KOLEKSI KAMI