Skip to content

Extra Disc 15.000

Keranjang

Your cart is empty

Article: Cara Mengunduh, Mencetak dan Kegunaan Sertifikat Vaksin COVID-19

Cara Mengunduh, Mencetak dan Kegunaan Sertifikat Vaksin COVID-19
tips

Cara Mengunduh, Mencetak dan Kegunaan Sertifikat Vaksin COVID-19

Setelah Anda selesai melakukan vaksinasi COVID-19 biasanya akan mendapatkan bukti berupa sertifikat vaksin covid-19. Di mana sertifikat itu sebenarnya juga berguna untuk beberapa hal. Sertifikat vaksin biasanya diberikan setelah Anda mendapatkan dosis kedua, namun ada beberapa orang yang juga mendapatkan sertifikat di pemberian dosis pertama.

Selain itu masih banyak orang yang belum tahu betul sebenarnya bagaimana cara mengunduh dan mencetak sertifikat tersebut. Padahal sertifikat itu juga memiliki kegunaannya sendiri. Adapun bagaimana cara mendownload dan mencetak sertifikat bisa Anda simak cara-caranya di bawah ini.

Cara Mengunduh Sertifikat Vaksin

Ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengunduh sertifikat vaksin covid-19. Pertama adalah dengan membuka link sertifikat yang didapatkan melalui SMS. Biasanya ketika vaksin Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang masih aktif.

Selain untuk menginformasikan mengenai tanggal vaksin dosis kedua, Anda juga bisa mengunduh sertifikat melalui link yang dikirimkan. Adapun cara kedua adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama Peduli Lindungi dan cara terakhir melalui website Peduli Lindungi. Adapun untuk cara mengunduh sertifikat lewat SMS adalah sebagai berikut:

1.Masukkan nomor telepon ketika mengisi formulir.
2.Tunggu hingga Anda selesai melakukan vaksinasi
3.SMS akan masuk dari 1199
4.Klik link yang ada di SM
5.Unduh sertifikat vaksin covid-19
6.Biasanya SMS akan dikirimkan setelah vaksin atau 2 hari setelahnya.

Sedangkan untuk mengunduh melalui aplikasi Peduli Lindungi ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan, adalah sebagai berikut:

1.Download aplikasi Peduli Lindungi
2.Tunggu hingga proses instalasi selesai
3.Lakukan registrasi jika belum memiliki akun
4.Masukkan data diri yang diminta
5.Pastikan bahwa nomor telepon yang Anda masukkan itu masih aktif
6.Tulis kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
7.Setelah itu klik menu paspor digital
8.Ketik nama Anda dan pilih menu unduh

Jika Anda tidak bisa mengunduh aplikasi Peduli Lindungi, bisa menggunakan cara ketiga yaitu dengan membuka website resminya di Peduli Lindungi.Id. Setelah itu ikutilah langkah-langkah berikut:

1.Masuk ke menu login atau registrasi
2.Input nomor ponsel Anda
3.Masukkan nama Anda di kolom yang tersedia
4.Pilih menu sertifikat
5.Unduh sertifikat

Cara Mencetak Sertifikat Vaksin

Setelah Anda mengetahui 3 cara untuk mengunduh sertifikat vaksin covid-19, berikutnya adalah bagaimana cara mencetaknya? Biasanya ada beberapa pihak yang mengadakan vaksin langsung memberikan bukti cetak sertifikat tersebut setelah vaksinasi selesai. Atau Anda juga bisa mencetaknya sendiri ke tukang print setelah mengunduh sertifikat tersebut.

Jika Anda ingin mencetaknya seperti KTP, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperkecil ukuran file sertifikat di Word. Anda bisa mengatur size menjadi A4 setelah itu akur ukurannya seperti KTP. Sangat mudah bukan?

Kegunaan Sertifikat Vaksin COVID-19

Mungkin Anda masih belum tahu sebenarnya apa kegunaan sertifikat vaksin covid-19 setelah dicetak? Ada 3 fungsi sertifikat vaksin yang perlu diketahui. Pertama adalah sebagai syarat untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Ketika Anda ingin bepergian ke suatu tempat, harus menyertakan sertifikat vaksin.

Kedua adalah sebagai persyaratan agar bisa masuk mal jika Anda ingin berbelanja. Akan tetapi hanya beberapa daerah saja yang membuka pusat perbelanjaan. Ketiga untuk jika ingin menghadiri sebuah acara pernikahan.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai sertifikat vaksin covid-19. Sekarang sudah tahu kan apa saja kegunaan sertifikat vaksin? Jika kamu ingin pergi ke mal bisa juga loh dengan membawa sertifikat vaksin.

Oh iya, jangan lupa dandan kece kalau akan pergi ke luar dengan pilihan outfit yang kece dan nyaman. Untuk rekomendasi fashion, kamu bisa juga kepoin fashion item dari Ryusei.. Brand lokal yang satu ini punya berbagai macam pilihan model dan juga warna pastinya.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Ikuti Tips WFH Ini Dijamin Makin Semangat dan Tetap Produktif!
tips

Ikuti Tips WFH Ini Dijamin Makin Semangat dan Tetap Produktif!

Work From Home atau bekerja dari rumah selama pandemi Covid-19 bisa dibilang gampang-gampang susah ya, guys! Dari mulai seringnya miscommunication dengan rekan kerja, sampai sulitnya menjaga mood d...

Baca lebih banyak
Bosen di Rumah dan Mau ke Mall? Cek dulu Yuk Syarat Masuk Mall Saat PPKM
PPKM

Bosen di Rumah dan Mau ke Mall? Cek dulu Yuk Syarat Masuk Mall Saat PPKM

Sejak pandemi yang terjadi pada Maret 2020 lalu, hampir sebagian dari kita pasti jarang banget pergi ke mall deh. Bosan sudah pasti, tapi hal ini perlu dilakukan untuk mencegah penularan virus Covi...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI