Skip to content

Disc up to 56% Extra Disc 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: Cara Mengatasi Kain Katun Menyusut!

Cara Mengatasi Kain Katun Menyusut!
cotton

Cara Mengatasi Kain Katun Menyusut!

Anda mungkin berpikir untuk menyingkirkan permadani, pakaian, atau produk katun lainnya yang telah menyusut ukurannya.
Namun, ukuran katun dapat dengan mudah dipulihkan di rumah dengan sampo bayi dan air. Saya bisa. Jika katun kembali ke ukuran aslinya, berhati-hatilah jika Anda memutuskan untuk mencucinya lagi nanti. Ini mencegah kain katun berubah ukuran seiring waktu.

Cara Mengatasi Kain Katun Menyusut dengan Baby Shampoo
1. Rendam Katun

  • Masukkan air beserta dengan sampo bayi ke dalam wadah. Siapkan ember yang cukup besar untuk merendam katun sepenuhnya. Tambahkan air hangat dan tutup botol sampo bayi, lalu aduk hingga kedua bahan tercampur rata.
  • Pijat dengan handuk katun yang dibasahi. Tambahkan katun ke dalam air. Pijat lembut dengan tangan Anda untuk menyerap katun.
  • Rendam katun dalam campuran air dan sampo untuk melonggarkan serat. Lanjutkan merendam dan memijat katun sampai campurannya terserap. Waktu yang dibutuhkan tergantung pada ukuran pakaian. Hal ini untuk memastikan bahwa campuran benar-benar diserap oleh semua serat adonan. Lanjutkan memijat sampai katun benar-benar basah.
  • Bilas katun dengan air dingin. Keluarkan katun dari air dan bilas dengan air dingin untuk menghilangkan sisa sampo bayi.
  • Setelah membilas, tekan sedikit pakaian untuk menghilangkan sisa cairan. Cukup tekan kain tanpa meremasnya. Serat kain bisa rusak karena dihancurkan.


2. Regangkan Katun

  • Tempatkan katun di atas handuk atau kain. Letakkan handuk atau kain di permukaan yang rata. Oleskan katun di atas handuk dan regangkan.
  • Bungkus katun di sekitar handuk atau kain. Gulung handuk yang Anda gunakan untuk memakai katun. Gulung handuk dengan erat dengan katun di bagian dalam. Setelah menggulung, tekan handuk dengan lembut untuk menghilangkan kelebihan cairan dari katun.
  • Kembalikan katun ke bentuk aslinya. Sebarkan handuk sampai katun rata lagi. Bentuk katun dengan tangan ke ukuran aslinya. Tidak ada cara khusus atau rahasia untuk melakukan ini. Jika Anda perlu mengembalikannya ke ukuran aslinya, cukup regangkan katun dengan tangan. Waktu yang dibutuhkan tergantung pada derajat penyusutan.
  • Berhati-hatilah untuk tidak meregangkan katun melebihi ukuran aslinya. Tentu saja, saya tidak ingin mendapat masalah lagi ketika harus memulihkan kain yang menyusut.
  • Keringkan katun di atas permukaan yang rata. Setelah peregangan sesuai kebutuhan, pindahkan katun ke handuk kering. Letakkan handuk dan katun rata (seperti yang Anda lakukan pertama kali) untuk mengeringkan kain.
  • Nyalakan kipas angin di ruangan untuk mempercepat pengeringan. Keringkan katun di ruangan yang jauh dari keluarga dan hewan peliharaan Anda.


3. Cegah Kembali Menyusut

  • Jika memungkinkan, bersihkan katun secara kimiawi (dry clean). Katun adalah kain halus yang mudah rusak karena dicuci dan dikeringkan. Jika memungkinkan, bawalah pakaian dan barang-barang yang terbuat dari katun yang berbeda ke cucian. Ini akan mencegahnya meregang dan menyusut seiring waktu. Jangan mencuci barang berlabel "Hanya cuci kering" di rumah.
  • Cuci katun dalam air dingin dengan siklus halus. Jika Anda memutuskan untuk mencuci katun di rumah, lakukan dengan hati-hati. Mesin cuci pada siklus dalam air dingin. Katun harus dilindungi dalam kantong jaring sebelum dicuci.
  • Biarkan katun mengering. Kami merekomendasikan mengeringkan katun pada permukaan yang rata untuk mencegah kain menyusut. Jika Anda ingin mengeringkannya di pengering, masukkan katun ke dalam kantong mesh terlebih dahulu.
  • Jangan mengeringkannya secara penuh. Keringkan katun sekitar setengah putaran dan biarkan mengering. Secara umum, gunakan hanya pengering rambut untuk pengeringan lebih cepat. Jangan gunakan pengering untuk mengeringkan katun sepenuhnya.

Demikian beberapa hal yang bisa Anda coba terapkan agar saat proses perawatan kain katun bisa berjalan dengan baik dan kain katun Anda tidak akan menyusut. Untuk jenis pakaian dengan kain katun terbaik, Anda bisa mencoba beberapa produk dari Ryusei seperti Ryusei Tshirt Namiko White.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Apakah Bahan Katun Menyusut?
cotton

Apakah Bahan Katun Menyusut?

Katun adalah salah satu bahan pakaian alami yang paling populer. Selain harganya yang terjangkau dan kualitasnya yang tahan lama, bahan katun yang nyaman juga bisa diaplikasikan ke berbagai fashion...

Baca lebih banyak
Perbedaan Bahan Cotton Combed dan Cotton Carded
cotton

Perbedaan Bahan Cotton Combed dan Cotton Carded

Mengetahui perbedaan antara katun combed dan Cotton Carded penting agar nantinya Anda dapat dengan mudah menentukan bahan kaos mana yang cocok dengan Anda dan mengetahui bagaimana cara merawatnya, ...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI