Skip to content

SUPER SALE UP TO 78% OFF ekstra voucher 20K

Keranjang

Your cart is empty

Article: Apakah Bahan Katun Menyusut?

Apakah Bahan Katun Menyusut?
cotton

Apakah Bahan Katun Menyusut?

Anda akan pergi jalan-jalan pagi dengan cangkir favorit Anda yang berisi kopi nikmat. Anda memeriksa cuaca dan terlihat enak untuk jalan-jalan menggunakan kaos favorit Anda.

Anda berjalan ke ruang cuci dengan bersemangat untuk membuka pintu pengering dan mengeluarkan sweter yang bersih dan hangat ketika Anda cemas, Anda menyadari bahwa sweter Anda tidak terlihat sama. Bahkan, telah menyusut secara signifikan.

Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa item pakaian tertentu berubah dari ukuran Anda menjadi ukuran anak-anak atau mainan, Penyebab penyusutan pakaian bermuara pada agitasi, suhu, dan serat. Pelajari bagaimana cotton menyusut dan bagaimana Anda dapat mencegahnya terjadi.

Panduan untuk Menghentikan Cotton dari Menyusut

Kualitas yang dibanggakan seperti kenyamanan, kemudahan bernapas, dan keserbagunaan membuat tidak mengherankan bahwa katun adalah kain yang sangat dicari. Namun, seperti bahan alami lainnya, cotton dikenal menyusut ketika dikelilingi oleh suhu ekstrem dan berbagai jenis agitasi dari mesin cuci dan pengering.

1. Apakah Cotton Menyusut di Pencucian dan Pengering?

Penyusutan cotton bukanlah hal yang buruk, lebih seperti kejadian alami. Cotton menyusut karena ada tegangan yang diterapkan pada benang dan kainnya selama konstruksi garmen tertentu.

Panas dari mesin cuci atau pengering melepaskan ketegangan, yang menyebabkan bahan menyusut ke ukuran aslinya. Anda mungkin pernah memperhatikan bahwa kemeja katun wanita favorit Anda secara misterius menyusut setelah dicuci pertama kali, bukan?

Apakah Anda memeriksa pengaturan pencucian atau pengering Anda, atau apakah Anda menambahkan deterjen dan menekan tombol cuci? Jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan ini mungkin mengungkapkan mengapa pakaian Anda terus menyusut. Pilihan terbaik untuk menghindari penyusutan adalah dengan mencuci barang-barang Anda dengan tangan.

Jika memungkinkan, biasakan untuk menggunakan air dingin dan pilih opsi siklus halus pada mesin cuci Anda. Coba gantung pakaian katun Anda di gantungan hingga kering atau permukaan meja datar untuk meletakkannya hingga kering. Jika menggunakan pengering adalah satu-satunya pilihan Anda, gunakan pengaturan panas serendah mungkin.

2. Berapa Banyak Cotton Menyusut?

Penyusutan bervariasi tergantung pada apakah bahan katun telah menyusut sebelum Anda membelinya. Ini adalah praktik yang tersebar luas untuk produsen pakaian dan dilakukan dengan mempertimbangkan kenyamanan konsumen.

Untuk sebagian besar, instruksi label perawatan akan mengatakan apakah bahan katun telah menyusut sebelumnya. Jika sudah, Anda dapat mengharapkan penyusutan serendah 2% dan setinggi 5%; jika tidak diberi label, persiapkan diri Anda untuk penyusutan tambahan.

3. Merawat Cotton

Sebaliknya, pastikan untuk membaca label pada pakaian Anda bahkan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda mampu mengambil beberapa langkah ekstra untuk memastikan pakaian Anda tidak menjadi korban penyusutan?

Bisakah Anda mengambil beberapa detik dan mengubah tombol mesin cuci Anda dari panas ke dingin? Bisakah Anda mengambil beberapa detik lagi dan membalik pakaian Anda ke dalam untuk mengurangi warna agar tidak memudar? Tindakan kecil ini dapat membuat perbedaan besar pada kain katun Anda.

Salah satu manfaat besar pakaian katun adalah kainnya sangat mudah dicuci dan dapat dicuci dalam berbagai suhu. Namun, jika Anda perlu mencuci pakaian dengan air panas, Anda disarankan untuk menangani noda terlebih dahulu sebelum mencuci untuk mengurangi noda yang menempel.

4. Bagaimana Mencegah Pakaian Katun Menyusut?

Apakah pakaian Anda terbuat dari katun 100% atau campuran katun premium, Anda harus tahu bahwa pakaian apa pun yang mengandung cotton dapat menyusut saat terkena panas tinggi. Untuk mencegah penyusutan, Anda harus menggunakan protokol yang sesuai, yaitu air dingin, siklus pencucian halus, dan pengaturan pengering rendah. Penting juga bagi Anda untuk mengikuti instruksi perawatan label seperti yang tertulis.

Untuk pakaian dengan jenis kain cotton terbaik, Anda bisa menggunakan jenis kain cotton Combed mulai dari jenis 20s, 24s, hingga 30s. Anda bisa mencari produk dengan kain tersebut di Ryusei. Produk Andalan mereka yang bisa Anda gunakan adalah Ryusei Tshirt Rise White.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Perbedaan Bahan Cotton Combed dan Cotton Carded
cotton

Perbedaan Bahan Cotton Combed dan Cotton Carded

Mengetahui perbedaan antara katun combed dan Cotton Carded penting agar nantinya Anda dapat dengan mudah menentukan bahan kaos mana yang cocok dengan Anda dan mengetahui bagaimana cara merawatnya, ...

Baca lebih banyak
Kain Katun Menyusut Akibat Apa?
cotton

Kain Katun Menyusut Akibat Apa?

Bernapas secara alami, nyaman, dan tahan lama, katun adalah salah satu kain terbaik di luar sana dalam hal pakaian. Kapas secara alami menghilangkan kelembapan dari kulit, yang membantu Anda tetap ...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI