Skip to content

SUPER SALE UP TO 78% OFF ekstra voucher 20K

Keranjang

Your cart is empty

Article: Kain Katun Menyusut Akibat Apa?

Kain Katun Menyusut Akibat Apa?
cotton

Kain Katun Menyusut Akibat Apa?

Bernapas secara alami, nyaman, dan tahan lama, katun adalah salah satu kain terbaik di luar sana dalam hal pakaian. Kapas secara alami menghilangkan kelembapan dari kulit, yang membantu Anda tetap sejuk di musim apa pun. Tapi seperti semua pakaian, katun membutuhkan perawatan yang tepat agar tetap dalam kondisi prima.

Sebelum hari laundry, pastikan Anda memahami efek pencucian dan pengeringan pada pakaian katun favorit Anda. Katun dapat rentan terhadap penyusutan, tetapi ada beberapa strategi yang dapat Anda terapkan untuk mencegah kemeja, celana, atau gaun favorit Anda kehilangan ukuran idealnya.

Cara Menghindari Penyusutan Kapas

Kapas adalah serat alami, yang memberikan kualitas lembut dan bernapas yang kita sukai, tetapi juga berarti lebih rentan terhadap penyusutan daripada serat sintetis seperti poliester. Ketika kapas mentah dipintal menjadi benang, serat-seratnya diregangkan, yang menciptakan tegangan yang dibutuhkan untuk menenun serat-serat menjadi kain katun.

Namun, begitu kain katun dipanaskan - katakanlah, dimasukkan ke dalam pengering - serat kehilangan tegangan itu, yang menyebabkan kapas sedikit menyusut setelah pencucian pertama.

Tapi jangan putus asa — hanya dengan sedikit perawatan ekstra, mudah untuk memastikan pakaian katun Anda tetap pas. Saat Anda membeli pakaian baru yang terbuat dari katun, Anda sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu dan mengeringkannya dengan udara untuk meminimalkan penyusutan dan membantu garmen mengendap. Setelah mencuci tangan pertama itu, ada beberapa aturan yang harus diikuti saat mencuci pakaian katun Anda:

Mencuci Tangan Jika waktu memungkinkan, cucilah pakaian katun Anda dengan tangan. Dengan menggunakan deterjen yang sangat lembut dan air dingin, gosok perlahan lalu rendam pakaian di dalam air. Lima menit seharusnya cukup untuk mencuci biasa, dan disarankan hingga tiga puluh menit untuk pakaian yang lebih kotor. Setelah basah kuyup, bilas pakaian secara menyeluruh dengan air dingin.

Menggunakan Mesin Cuci Jika Anda tidak punya waktu untuk mencuci tangan, tidak apa-apa menggunakan mesin cuci. Untuk mencegah pakaian menyusut, cuci pakaian katun Anda dengan gerakan halus dengan air dingin. Ini akan mengurangi risiko gesekan dan agitasi yang berlebihan, yang tidak hanya dapat menyebabkan penyusutan tetapi juga pilling dan keausan lain yang tidak diinginkan.

Pengeringan Udara Baik Anda mencuci tangan atau menggunakan mesin cuci, Anda akan mendapatkan hasil terbaik dengan mengeringkan pakaian katun tanpa panas. Suhu tinggi adalah cara tercepat untuk mengecilkan pakaian katun Anda. Hindari menjemur pakaian Anda di pengering dan sebaliknya mengeringkannya di rak pakaian atau tali jemuran di bawah sinar matahari tidak langsung. Anda dapat menggunakan gantungan untuk mempertahankan bentuk pakaian.

Aturan ini berlaku khusus untuk item pakaian katun 100%. Jika label pakaian Anda mengatakan itu adalah campuran katun dan poliester, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang penyusutan. Polyester adalah serat sintetis, yang berarti merupakan polimer buatan manusia yang terbuat dari rantai kimia berbasis minyak bumi yang tidak menyusut ketika berinteraksi dengan panas.

Cara Mengecilkan Pakaian Katun

Itu terjadi — kemeja katun 100% baru Anda tercampur dalam cucian dan melewati mesin cuci dan pengering dengan panas tinggi. Dan menyadari bahwa Anda telah mengecilkan pakaian favorit adalah perasaan yang tidak menyenangkan, tetapi jangan putus asa - Anda sering dapat meregangkannya kembali ke ukuran aslinya. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengembalikan pakaian katun Anda menjadi pas:

  • Isi wastafel atau ember bersih Anda dengan air hangat.
  • Tambahkan dua sendok makan sampo bayi ke dalam air.
  • Tambahkan pakaian ke dalam air.
  • Rendam pakaian selama 30 menit
  • Tiriskan bak cuci atau ember dan dengan lembut peras kelebihan air dari pakaian.
  • Letakkan pakaian di atas handuk dan regangkan dengan lembut untuk membentuk kembali ke ukuran yang benar
  • Regangkan pakaian dengan lembut setiap beberapa jam saat mengering (jangan ragu untuk menggunakan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan!).

Ini mungkin tampak seperti sedikit lebih banyak pekerjaan, tetapi ada baiknya untuk menjaga pakaian katun Anda tetap pas seperti hari Anda membelinya. Teknik pencucian dan pengeringan ini juga berlaku untuk seprai katun dan handuk. Untuk jenis pakaian dengan kain katun terbaik, Anda bisa menggunakan Ryusei Tshirt Bright Black

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Apakah Bahan Katun Menyusut?
cotton

Apakah Bahan Katun Menyusut?

Anda akan pergi jalan-jalan pagi dengan cangkir favorit Anda yang berisi kopi nikmat. Anda memeriksa cuaca dan terlihat enak untuk jalan-jalan menggunakan kaos favorit Anda. Anda berjalan ke ruang...

Baca lebih banyak
Yuk, Intip 5 Penyebab Kain Berbulu

Yuk, Intip 5 Penyebab Kain Berbulu

Kondisi kain berbulu merupakan proses alami yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti kualitas kain, pemakaian kain, adanya gesekan pada kain, cara mencuci dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI