Solusi Berbelanja Aman saat PPKM

Solusi Berbelanja Aman saat PPKM – Di tengah pandemi COVID-19 dan diterapkannya PPKM darurat. Saat ini, belanja secara online menjadi opsi tepat bagi yang ingin memenuhi kebutuhan sehari-hari secara aman dan nyaman tanpa keluar rumah.

Tentunya juga untuk mengurangi biaya transportasi. Untuk memulai belanja kebutuhan pangan secara online dibutuhkan niat dan jangan ragu. Selain hemat waktu, cara belanja online lah yang lebih aman karena masyarakat akan terhindar dari keramaian dan kerumunan.

Tentu belanja online juga relatif mudah dan praktis. Berikut tips berbelanja aman saat PPKM!

Sediakan Budget khusus untuk Belanja Online
Langkah pertama yang mudah dalam berhemat saat belanja online yaitu dengan menyediakan budget khusus.

Lalu tentukan nominal yang perlu disisihkan dari pendapatan khusus untuk belanja online. Sisakan secara rutin tiap hari agar alur keuangan bisa berjalan dengan baik.

Jadi, dengan tersedianya budget khusus untuk belanja online, maka kita bisa mengontrol apa saja yang bisa dibeli sesuai dengan dana yang tersedia.

Selain itu, dengan memilih belanja online, masyarakat bisa meminimalisir penggunaan uang kertas yang berpotensi menjadi sarana perpindahan virus dan bakteri, termasuk virus Covid-19.

Buat daftar Belanja
Tips belanja online yang sangat penting adalah membuat daftar belanja.

Belanja online sebenarnya sama saja dengan belanja konvensional. Kamu tetap harus membeli barang yang dibutuhkan saja, bukan yang kamu inginkan. Menyusun daftar belanja tentu dapat mengontrol pengeluaran keuangan kamu.

Seperti kita ketahui, ketika kita memasuki lapak online, kita akan ditampilkan aneka produk yang menarik. Hal ini apabila kita tidak antisipasi, maka akan membuat kita kehilangan kontrol diri sehingga terjadi over budget saat belanja online.

Meski saat belanja online konsumen tidak dapat memegang dan memilih produk, namun jangan khawatir, Kamu bisa memilih jaminan “garansi produk”.

Garansi produk merupakan jaminan refund dengan proses yang tidak berbelit-belit saat konsumen menerima produk yang kurang sesuai.

Melihat Ulasan Toko
Nah, tips yang ketiga adalah melihat ulasan toko.

Jika kamu berbelanja pakaian di e-commerce biasakan berbelanja di toko yang sudah mendapatkan review bagus dari penjual-penjual sebelumnya.

Ulasan toko atau review produk juga terlihat bagaimana kondisi barang, kecepatan pengiriman, dan pelayanan toko. Nah, kamu dapat membeli produk pakaian yang nyaman dan pelayanan yang aman.

Bisa cek katalognya via Instagram Ryusei dan websitenya di ryusei.co.id.

Memanfaatkan Potongan Harga dan Promo
Jika ingin belanja tapi bisa hemat, manfaatkan saja momen tersebut. Promo gratis ongkos kirim juga cukup menguntungkan, terutama jika membeli barang yang tokonya lumayan jauh dengan lokasi.

Beberapa toko online juga ada yang memberikan gratis ongkos kirim jika total pembelian mencapai nominal tertentu.

Menggunakan Pembayaran Digital untuk Mencegah sebaran Virus Covid-19
Berbelanja online juga membuat masyarakat semakin familiar dengan salah satu tips aman berbelanja saat PPKM berlangsung dengan menggunakan layanan pembayaran digital.

Jika memungkinkan, gunakan metode non tunai atau cashless untuk membayar belanjaan selama pandemi Covid-19.

Dalam kondisi pandemi, sebaiknya masyarakat lebih mengutamakan pembayaran digital. Hindari pembayaran dengan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit yang berpotensi menularkan kuman, termasuk Covid-19.

Jadi, mari belajar untuk semakin cermat belanja online dengan menerapkan tips-tips di atas agar bisa belanja asik tapi tetap aman. Dan kamu bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi yang aman untuk masyarakat di era pandemi.

Semoga solusi tersebut dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sandang. Stay safe dan mari berupaya untuk tetap di rumah saja, jika tidak ada keperluan yang mendesak untuk keluar.

Tinggalkan komentar

Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan