Positif Covid?! Jangan Panik! Ikutin Panduan Isoman Ini Agar Cepat Pulih!

Istilah “isoman” atau isolasi mandiri mulai viral seiring dengan banyaknya kasus paparan Covid-19. Nah, seseorang yang terindikasi atau terkonfirmasi COVID-19 ini, (terutama yang tanpa gejala) biasanya memang diwajibkan untuk melakukan isoman, atau isolasi mandiri di rumah, guys.

Tapi, meskipun isoman dianjurkan untuk seseorang dinyatakan positif, tetap loh guys ada beberapa syaratnya! Salah satunya adalah pasien tanpa gejala atau yang mengalami penyakit ringan hingga sedang. Selain itu, kegiatan isoman juga bisa dilakukan dengan pertimbangan pasien berusia di bawah 60 tahun, dengan kondisi tidak merokok, dan juga tidak memiliki penyakit lain seperti diabetes mellitus, kanker, penyakit paru-paru kronis, ginjal, dan/atau imunosupresi.

Jika kebetulan kalian diharuskan melakukan isoman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan nih, guys selain menjaga kebersihan dan menjaga imunitas tetap stabil.
Trus apa aja sih panduan isoman lainnya yang perlu diketahui, guys? Yuk, simak tipsnya berikut ini!

1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menginformasikan kepada petugas kesehatan terdekat! Jangan lupa juga untuk memberitahu keluarga terdekat, atau tetangga ya, guys.

2. Lakukan Isoman minimal sepuluh hari (sejak dinyatakan positif)

3. Sunbathing alias berjemur matahari! Lakukan rutin minimal 10-15 menit setiap hari.ya, guys!

4. Lakukan isoman di ruang/kamar terpisah dari anggota keluarga lain. Hal ini untuk menanggulangi penyebaran si Covid!

5. Selalu terapkan protokol kesehatan di dalam rumah. Mulai dari cuci tangan, jaga jarak, dan pakai masker!

6. Nah, jika memang ada baiknya untuk menggunakan kamar mandi terpisah dari anggota keluarga lain.

7. Gunakan juga alat makan terpisah khusus untuk kalian (yang terpapar Covid) dari anggota lain ya.

8. Pastikan untuk selalu mengukur sekaligus mencatat suhu tubuh tiap 2x sehari (pagi dan malam), serta ukur saturasi oksigen setiap hari.

9. Tetap jaga imun agar terus meningkat dengan melakukan hobi atau kegiatan yang kalian sukai ya guys! Contohnya; membaca, marathon drakor, atau…..online-shopping! Dress up atau mempercantik ini lumayan sangat membantu untuk meningkatkan imun, loh! Apalagi sekarang kan udah banyak tuh perusahaan online clothing, yang cukup sekali “klik” kalian udah langsung bisa tampil oke! Contohnya, Ryusei! Coba deh kepoin Instagram @ryusei_indonesia atau websitenya (www.ryusei.co.id), siapa tau abis belanja online dan pakai produk Ryusei, imun kalian langsung meningkat!

10. Last but not least, pastinya senantiasa berdoa kepada Sang Pencipta untuk meminta kesembuhan.

Semoga beberapa panduan isoman di atas bisa membantu kalian yang mungkin saat ini sedang terpapar covid untuk bisa segera membaik, atau sembuh ya, guys. Selain itu, guys biasanya meskipun pasien Covid-19 telah dinyatakan sembuh, mereka tetap harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat selama beraktivitas, diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Biasakan untuk sering mencuci tangan dengan sabun. Terutama sehabis dari toilet, luar rumah, atau setelah bersentuhan dengan public utility.

2. Membatasi mobilitas ke tempat-tempat yang tidak perlu. Inget! Selain physical distance—dengan melakukan jaga jarak minimal 2 meter dengan orang lain, social distance juga sangat diperlukan, loh saat ini.

3. Membatasi mobilitas, termasuk juga menghindari kerumunan dan tempat ramai. Kalau tingkat urgency nya masih bisa ditolerir, sebaiknya stay at home saja ya, guys!

Dengan mematuhi protokol kesehatan dan terus menjaga kebersihan, tentunya kita semua berharap semoga pandemi dapat segera berlalu. Poin plus lainnya adalah kita jadi terbiasa hidup sehat, dengan berdisiplin menjaga kesehatan. Setuju nggak, guys?

Tinggalkan komentar

Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan