Membedakan Online Shop Asli dan Palsu di Instagram, Gimana Ya Caranya?


Membedakan online shop asli dan palsu di Instagram menjadi hal yang wajib banget kamu ketahui saat ini. Terlebih lagi dengan maraknya kasus penipuan saat belanja online, sehingga para pembeli harus lebih hati-hati karena dapat dialami oleh siapa saja.

Sebagai salah satu media sosial favorit, Instagram memang mempunyai traffic (kunjungan) yang sangat fantastis, sehingga tidak heran jika hal seperti ini dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berbisnis, termasuk pihak yang nggak bertanggung jawab saat menipu para korbannya.

Alasan Banyak Orang Suka Belanja di Instagram

Munculnya Instagram sebagai tempat untuk belanja online memang semakin menambah daftar platform untuk para penggiat toko online secara virtual. Namun, apa sih alasan banyak orang lebih suka belanja di Instagram dibandingkan dengan platform lainnya?

1. Mudah Digunakan

Yap! Kemudahan dalam mengakses Instagram menjadi alasan utama mengapa belanja di aplikasi ini menjadi terasa lebih menyenangkan. Selain dapat menikmati hiburan berupa foto dan video, kamu juga bisa berbelanja di ragam toko online yang tersedia.

2. Transaksi Cepat

Proses pembelian akan jauh lebih cepat jika tahapan transaksi pembayaran dapat dilakukan dalam hitungan menit saja. Terlebih lagi dengan adanya fitur Instagram Shopping, kamu hanya perlu mengisi data singkat dan voila! Produk pesanan siap dikirimkan.

3. Komunikasi Lancar

Alasan lainnya mengapa banyak orang senang belanja di Instagram adalah baik pembeli dan penjual mampu menciptakan komunikasi yang lancar. Pembeli mempunyai kesempatan untuk bertanya terkait produk dan penjual dapat menjelaskannya saat itu juga.

4. Tampilan Menarik

Adanya feed, Instagram stories, dan highlight menjadikan tampilan sebuah toko online tentunya lebih menarik, bukan? Hal ini dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk mempercantik tampilannya sekreatif mungkin, sehingga visual toko tersebut terlihat ciamik.

Cara Membedakan Online Shop Asli dan Palsu

Membedakan online shop asli dan palsu di Instagram memang gampang-gampang susah, guys. Terlebih lagi para penipu saat ini lebih pintar dalam mengelabui para korbannya. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang dapat kamu jadikan indikasi apakah toko tersebut asli atau palsu.

1. Username Akun

Kamu patut waspada jika menemukan akun online shop yang sering sekali gonta-ganti username. Hal ini dilakukan oleh para penipu sebagai upaya untuk menutupi tindak kejahatan mereka. Alhasil, banyak korban yang kesulitan untuk menindaklanjuti kasus ini.

Jika akun online shop tersebut tepercaya, pasti owner memastikan jika username hanya menggunakan satu nama saja. Kalaupun memang akan diadakan pengubahan username, owner akan memberikan pemberitahuan secara terbuka di akun tersebut.

2. Fitur Kolom Komentar

Kolom komentar yang diaktifkan dapat menjadi boomerang untuk para penipu di Instagram karena korban bisa saja memberikan komentar negatif. Maka dari itu, pelaku sering mengnonaktifkan fitur kolom komentar.

Akun online shop yang jujur akan senang jika banyak pengunjung meninggalkan komentar di setiap postingannya. Hal ini secara langsung dapat menjadi testimoni, sehingga mampu menarik minat calon pembeli lainnya.

3. Metode Pembayaran

Pembayaran saat belanja online dapat melalui berbagai macam metode, salah satunya adalah nomor rekening. Sebelum kamu melakukan transfer uang pembayaran, pastikan kamu melakukan pengecekan terlebih dahulu terkait reputasinya, apakah baik atau buruk.

Saat ini, kamu bisa dengan mudahnya mengetahui apakah nomor rekening tersebut memang pernah dilaporkan melakukan penipuan atau tidak. Sehingga, jika kamu ragu, lebih baik nggak perlu belanja di toko tersebut dari cari tempat lain saja.

Membedakan online shop asli dan palsu di Instagram menjadi hal yang penting untuk diketahui oleh siapa saja. Namun, kamu nggak perlu khawatir saat berbelanja secara online di Ryusei. Menjamin keamanan dan kenyamanan pelanggan menjadi hal yang diutamakan Ryusei.

Untuk kamu yang ingin mencari produk fashion yang fashionable, Ryusei menghadirkan ragam produk dengan harga terjangkau dan kualitas premium. Miliki segera produk dari Ryusei dan segera kunjungi Instagramnya di @ryusei_indonesia dan situsnya www.ryusei.co.id.

Tinggalkan komentar

Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan