Ingin Menjadi Fashion Designer Indonesia Terkenal? Yuk, Simak Tips dan Tricknya!

Guys, kamu sadar nggak sih? Sama seperti halnya makanan, setiap kali kita membahas fashion pasti nggak pernah ada matinya. Fashion merupakan hal yang sangat menarik untuk selalu dibahas karena memiliki pangsa pasar yang luas dan diminati oleh hampir semua orang.


Maka, jangan heran kalau kini sudah mulai menjamur fashion designer Indonesia terkenal di kancah internasional. Nggak cuman fashion designer perempuan seperti Dian Pelangi, Anne Avantie, Peggy Hartanto, dan lainnya.
Banyak fashion designer pria yang karyanya pun terkenal. Sebut saja Ivan Gunawan, Adjie Notonegoro, Oscar Lawalata, Didiet Maulana, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Dengan perkembangan dunia fashion yang nggak ada matinya, alhasil, banyak pula orang yang memiliki minat dan bakat di bidang ini, bahkan berkeinginan menjadi seorang fashion designer Indonesia terkenal yang karyanya jadi tren fashion.


Nah, buat kamu yang ingin menjadi fashion designer indonesia terkenal juga. Yuk, simak tips dan triknya di bawah ini!

1. Tentukan bidang fashion yang dipilih
Kalau kamu berkeinginan menjadi fashion designer Indonesia terkenal, tips dan trik yang pertama adalah tentukan dulu bidang fashion yang kamu minati.
Sebab, dalam dunia fashion, ada empat bidang yang perlu kamu ketahui. Bidang tersebut yaitu, haute couture, ready-to-wear, leisure gear, dan mass market. Dari empat bidang itu masih ada sub-bidang lagi yang bisa jadi fokus kamu. Seperti outfit perempuan, outfit pria, outfit anak-anak, pakaian olahraga, aksesoris, dan lain-lain.


Maka dari itu, kamu harus mengenali dulu bidang apa yang paling kamu kuasai. Lalu, jadikan itu sebagai sebuah spesialisasi serta identitas dalam dunia fashion yang kamu geluti.

2. Pahami konsumen kamu dengan baik
Setelah memahami dan menentukan bidang fashion yang akan kamu geluti, tips dan trik menjadi fashion designer Indonesia terkenal berikutnya adalah memahami karakteristik calon konsumen kamu dengan baik.
Ketahui kemampuannya dan berapa harga yang bisa calon konsumenmu bayar untuk sebuah produk fashion yang fashionable.

3. Pelajari sisi bisnis dunia fashion
Nggak cuman mempelajari bahan, kualitas hingga model fashionnya. Kamu juga perlu mempelajari tentang dunia fashion dari sisi bisnis dan pemasarannya lho guys. Soalnya, percuma saja menjadi seorang fashion designer yang memiliki talenta dan kreativitas bagus, tapi tanpa ilmu pemasaran bisnis.

4. Orisinalitas
Tips dan trik menjadi fashion designer Indonesia terkenal berikutnya yaitu memiliki orisinalitas akan sebuah produk fashion karena harga diri dan nama baik menempel pada produk yang dibuat. Kalau ada plagiat, orang-orang pasti akan merasa kamu bukanlah seorang fashion designer yang baik.


Sama seperti Ryusei yang selalu memberikan desain outfit yang orisinil dan unik dari merek lainnya, seperti RYUSEI NOA PRINTED GWS MASK. Masker berdesain unik ini, memiliki kualitas produk, jahitan yang rapi, bahan yang nyaman, high durability, dan harga yang terjangkau.

5. Selalu up to date
Dunia fashion itu dinamis guys. Tren fashion yang ada di dalamnya selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, kamu harus selalu mengikuti perkembangan. Kalau sedikit aja kamu tertinggal dari tren fashion yang sedang terjadi, maka kecil kemungkinan produkmu akan dicari.

6. Menjaga hubungan
Bagi seorang fashion designer, menjaga hubungan terhadap klien, media, fashion stylist, public figure, buyer, supplier, dan sesama pebisnis fashion lainnya menjadi tips dan trick terakhir yang perlu diperhatikan. Sebab, tanpa adanya hubungan tersebut, mau sebaik apapun hasil karyamu akan sulit diterima oleh masyarakat.
Itulah sedikit tips dan trick menjadi fashion designer Indonesia. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar

Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan