Cara membedakan produk Ori dan KW

10 Cara Membedakan Barang Original dan Kw

 

Keyword: Cara Membedakan Barang Original dan Kw

Beli barang bermerek dengan harga miring? Kedengarannya sih, menggiurkan. Apa lagi kalau tahu harga barang yang diincar sedikit lebih mahal di pasarannya.

Memiliki pakaian, sepatu, atau tas bermerek memang jadi kebanggaan tersendiri. Apalagi kalau barang-barang tersebut tergolong langka.

Alih-alih bangga dengan produk bermerek yang dimiliki, jangan sampai justru Anda kena tipu. Membedakan barang bermerek asli dan palsu memang butuh kejelian. Maraknya barang bermerek tiruan, sering kali ditemukan tidak berbeda jauh dari produk aslinya.

Nah, biar nggak keliru dan mudah mengenalinya, berikut tips yang terangkum untuk Anda, 10 Cara Membedakan Barang Original dan Kw.

  1. Cek Jahitan Tepi

Produk bermerek seperti tas, dompet, aksesori, maupun pakaian, biasanya dibuat dengan penuh ketelitian dan hati-hati. Maka, penting bagi Anda untuk mengecek kerapian jahitan. Jika Anda bandingkan dengan produk asli, akan sangat jarang bahkan tidak ada jahitan yang berantakan.

  1. Perhatikan Kualitas Bahan

Umumnya, produk KW sendiri mengacu pada kata ‘kualitas’, sehingga seringkali muncul istilah ‘KW 1’ atau ‘KW Super’. Bagaimana pun, produk-produk tersebut tetap saja palsu. Nah, salah satu caranya adalah dengan memperhatikan kualitas bahan. Apakah bahan ini nyaman untuk kamu? Bagaimana bahan produk tersebut pada umumnya? Umumnya, barang KW menggunakan kain yang tipis dan cukup panas. Bahkan tidak jarang hampir transparan.

  1. Lihat Kualitas Resleting

Resleting menjadi bagian produk bermerek yang dapat dicek langsung secara kasat mata. Jika resleting cukup kuat dan tampak terbuat dari bahan logam yang bagus, produk tersebut asli. Resleting juga biasanya terdapat logo yang sama pada merek barang. Yang paling bisa dibedakan, coba saja tarik resletingnya. Pada barang yang asli biasanya resleting dapat digerakkan dengan lancar dan tidak mudah tersangkut.

 

 

 

  1. Perhatikan Logo

Saat hendak membeli produk bermerek, Anda perlu membandingkan logonya dengan detail logo produk yang seharusnya. Apakah tampak sama baik komposisi peletakkannya dan terlihat simetris?

Amati dan perhatikan secara tegas.  Perbedaan mencolok akan terlihat dari posisi huruf atau bordiran logo. Pada produk bermerek asli, logo biasanya rata dengan permukaan barang. Sedangkan yang palsu, tampak menyembul dan terlihat kasar peletakkannya karena dilem biasa.

  1. Cek Label dan Kancing

Misal saja pada pakaian bermerek original yang Anda beli. Cobalah untuk mengecek kancing cadangan yang terdapat pada bagian label. Produk asli biasanya menyertakan kancing tambahan di bagian dalam label tersebut. Selain itu, biasanya pada kancing juga terdapat merek produk.

Sedangkan pada bagian label, tag, dan kartu garansi, pastikanlah penulisan katanya sudah benar. Pada produk yang asli, ditulis dengan asal negara yang membuatnya (misalnya Made in Jepang), bukan nama kota.

  1. Perhatikan Packaging Produk

Packaging menjadi hal penting dan sangat diperhatikan bagi produk bermerek original. Tak heran, kebanyakan kita cenderung terpesona lebih dulu kan, melihat tampilan pengemasan yang menarik dan rapi?

Sebelum cek barangnya, tentu sebuah brand ingin memberikan kesan unik dan tak terlupakan bagi para pembelinya. Untuk itu, kotak pembungkus atau kantong kain produk original biasanya lebih bagus daripada yang palsu. Kotak pembungkus atau tas kantong umumnya disertai logo resmi, silica gel, kartu garansi (tertentu), serta petunjuk perawatan barang.

  1. Bandingkan Warna Produk

Produk ori atau palsu, bisa juga nih Anda cermati dari perbedaan warnanya. Ketahui dengan benar, warna produk bermerek yang seharusnya. Bisa saja terdapat perbedaan lebih terang atau pun memiliki jenis warna serupa yang sebenarnya berbeda.

Misalnya pada katalog resmi, warna tas yang ingin Anda beli berwarna merah maroon  yang tampak lebih gelap. Namun, pada produk tiruan yang dijual di online shop atau toko fisik lain, warna merahnya lebih cerah dan tidak mirip. Ini memang perlu ekstra teliti, mengingat membandingkan warna cenderung agak sulit jika lewat gambar saja. Tapi elemen ini juga tetap bisa jadi pertimbangan ketika menilai objektifitas produk bermerek.

 

  1. Cek Kain Pelapis Dalam

Cek kain pelapis bagian dalam produk. Seperti pada tas atau dompet, pastikan kain pelapis tersebut memiliki motif yang original, tidak berantakan, atau terbalik peletakannya. Selain itu, motif khas pada produk tentu saja jahitannya terlihat rapi.

  1. Cek Barcode atau nomor seri

Pada produk ori tertentu, terdapat barkode dan nomor seri. Jika Anda melakukan scan barkode tersebut, biasanya akan otomatis mengarah ke situs resmi perusahaan. Cara selanjutnya, silakan cek asli atau tidaknya nomor seri pada situs otentifikasi produk bermerek. Ini bisa dengan mudah dengan googling.

  1. Cermati Harga

Cara terakhir yang efektif dilakukan dengan mengecek harganya. Jika barang yang Anda ingin beli dijual dengan harga miring dan diklaim asli, sangat jelas kalau itu barang palsu. Bandingkan harga dengan kualitas produk yang terlihat secara fisik. Anda juga perlu mengecek harga aslinya sebagai pertimbangan. Daripada cari yang murah tapi palsu, barang second atau vintage tidak masalah juga, kan? Yang terpenting kualitasnya nomor satu

 

Itulah 10 Cara Membedakan Barang Original dan Kw. Jangan lupa untuk memastikan hal tersebut di atas pada barang bermerek yang ingin Anda beli, ya. Untuk cara aman dan mudahnya, pastikan Anda berbelanja hanya di website resmi produk.

Tinggalkan komentar

Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan