5 Kebiasaan Orang Lebaran di Indonesia yang Wajib Banget Kamu Tahu!

Hi Guys! Gimana nih sama aktivitas berpuasanya selama di bulan Ramadhan? Semoga aja lancar sampai lebaran tiba nanti, ya. Di Indonesia, ketika memasuki momen lebaran, banyak banget hal menarik yang bisa kamu lakukan dan pastinya sayang untuk dilewatkan.

Sebenarnya, karena Indonesia tuh mempunyai ragam kebudayaan dan tradisi yang berbeda, nggak heran jika momen lebaran di setiap daerah mempunyai kebiasaan dan cara unik untuk menyambut hari kemenangan setelah sebulan berpuasa.

Nah, kebiasaan orang Indonesia pada umumnya tuh pada umumnya apa aja sih saat lebaran? Mari disimak, yuk!

2. Mudik ke Kampung Halaman

Kegiatan mudik ke kampung halaman menjadi momen bahagia bagi para perantau yang bekerja di kota besar. Rasanya, mudik menjadi hal yang pantang untuk dilewatkan karena momen berkumpul dengan keluarga besar hanya datang setahun sekali, tepatnya saat lebaran tiba.

Selain itu, para perantau juga sering membawakan oleh-oleh untuk sanak saudara di kampung halaman. Nggak lupa juga menyiapkan uang receh sebagai THR (Tunjangan Hari Raya) untuk keponakan yang masih kanak-kanak.

Tapi, hal terpenting dari mudik ke kampung halaman adalah para perantau bisa melepas rindu dengan keluarga dan menikmati waktu untuk flashback masa-masa selama masih di kampung. Mulai dari bertemu dengan kawan lama hingga mengunjungi tempat-tempat favorit. Wah, rasanya menyenangkan banget, ya!

2. Ziarah Kubur

Nggak semua orang mempunyai kesempatan untuk menghabiskan waktu lebaran bersama dengan kerabat dan keluarga, salah satu alasannya karena sudah meninggal dunia. Maka dari itu, kebiasaan melakukan ziarah kubur, entah sebelum puasa atau setelah menunaikan ibadah shalat Ied menjadi kegiatan untuk memanjatkan doa supaya mendapat sisi terbaik di sisi-Nya.

3. Konvoi Takbir

Biasanya kegiatan ini dilakukan sehari sebelum lebaran tiba. Pada malam hari, masyarakat melakukan konvoi dan menyuarakan takbir dengan sangat antusias. Suara pukulan bedug dan rebana begitu meriah dan sesekali diselingi dengan senyum dan tawa para pesertanya. Hal inilah yang menjadikan momen lebaran begitu sayang untuk dilewatkan.

4. Makanan Khas Lebaran

Nggak lengkap rasanya kalau lebaran tanpa adanya menu-menu khas yang menggugah selera. Mulai dari ketupat, opor ayam, rendang sapi, sayur labu, hingga sambal goreng ati nggak boleh terlewatkan! Belum lagi dengan cemilan kue yang juga sangat nikmat, seperti nastar, kastengel, putri salju, dan sagu keju.

Meskipun menu-menu makanan tersebut bisa dihidangkan kapan saja, akan tetapi menyantapnya saat lebaran memberikan kesan tersendiri. Terlebih lagi jika disantap bersama keluarga besar, wah rasa dari setiap masakan yang disantap terasa lebih nikmat!

5. Beli Baju Baru

Kalau yang satu ini sih udah nggak heran lagi ya, guys. Yaps! Lebaran itu identik dengan segala hal yang baru, termasuk pakaian seperti baju dan celana. Belanja pakaian menjelang lebaran memang menjadi kegiatan menyenangkan. Kamu bisa beli pakaian yang kamu inginkan, supaya tetap bisa keliatan trendy saat lebaran.

Nah, kalau kamu mau cari tempat yang tepat untuk dapetin pakaian berkualitas premium, Ryusei jawabannya. Selain desainnya yang keren banget, kamu juga bisa koleksi rangkaian produk yang Ryusei tawarkan dengan harga terjangkau. Kapan lagi coba bisa punya pakaian yang dari model, kualitas, hingga akhirnya sesuai dengan keinginan kamu?

Langsung aja belanja, guys! Nanti nyesel lagi kalau kehabisan produk kece dari Ryusei. Untuk tahu katalog lengkapnya, kamu bisa banget kunjungi akun Instagramnya di @ryusei_indonesia atau situsnya di ryusei.co.id.

Tinggalkan komentar

Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan