Skip to content

Discount up to 75% Extra Voucher 10%

Keranjang

Your cart is empty

Article: Sebel Kalau Belanja Online Kena Tipu? Lakukan Hal Ini untuk Mengantisipasinya!

Sebel Kalau Belanja Online Kena Tipu? Lakukan Hal Ini untuk Mengantisipasinya!
Online Shopping

Sebel Kalau Belanja Online Kena Tipu? Lakukan Hal Ini untuk Mengantisipasinya!

Siapa sih yang nggak sebel kalau belanja online kena tipu? Banyak kasus yang menjadikan para korbannya mendapatkan produk dengan kualitas sangat buruk, bahkan ada juga produk yang nggak dikirimkan oleh seller (penjual) kepada buyer (pembeli), loh. Aduh, rugi banget pokoknya!

Meskipun kamu sudah berhati-hati dalam proses belanja online, akan tetapi ada beberapa momen ketika diri sendiri sedang tidak fokus atau terlalu percaya dengan segala iming-iming penjual yang menarik hati. Alhasil, kamu langsung check-out produk tersebut, deh.

Penyebab Maraknya Penipuan Belanja Online

Kemudahan yang dirasakan saat belanja online ternyata dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang nggak bertanggung jawab dan semakin memakan banyak korban dari waktu ke waktu. Lalu, apa aja sih penyebab utama maraknya penipuan belanja online sampai saat ini?

1. Kemudahan Akses Internet

Siapa saja dapat mengakses dunia maya dengan mudah, asalkan mempunyai perangkat pendukung dan koneksi internet yang memadai. Namun, sangat disayangkan jika kemudahan ini malah menjadi peluang besar untuk para pelaku penipuan.

Para penipu bisa dengan secara bebas membuat toko online dengan menggunakan katalog foto produk tanpa ada bukti fisiknya sama sekali. Dengan pemasaran yang baik dan sangat meyakinkan, menjadikan banyak korbannya terpedaya dan mengirimkan sejumlah uang.

2. Memanfaatkan Sifat Konsumtif Pembeli

Masyarakat Indonesia dikenal sebagai penduduk yang mempunyai sifat konsumtif saat membeli sesuatu. Persentase yang tinggi terkait hal ini dimanfaatkan oleh para penipu untuk menjalankan aksinya dan menarik para pelanggan sebanyak-banyaknya.

3. Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi menjadi salah satu alasan terbesar mengapa seseorang melakukan aksi penipuan. Keterbatasan dana yang dimiliki dan dorongan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mengharuskan mereka untuk mencari solusi tercepat, yaitu dengan menipu.

Tips Ampuh Belanja Online Anti Kena Tipu

Belanja online memang gampang-gampang susah, terlebih lagi jika kamu bukan tipe orang yang teliti saat membeli sebuah produk. Untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut ini terdapat tips ampuh saat belanja online supaya terhindar dari para penipu.

1. Tergiur Harga Murah

Kelemahan para pembeli saat berbelanja adalah ketika melihat price tag sebuah produk dipasang dengan harga terjangkau. Belum lagi sudah harganya murah, dapat diskon besar-besaran. Hayo ngaku! Siapa sih yang nggak tertarik untuk langsung beli saat itu juga?

Namun, sekali lagi, kamu jangan terpedaya dengan nominal harga yang murah. Bisa saja penjual mempunyai tujuan supaya pembeli membeli produk tersebut dalam jumlah yang banyak, sehingga secara tidak langsung, kamu sama saja membeli dengan harga normal.

2. Menyimpan Bukti Pembayaran

Ketika kamu selesai melakukan transaksi pembelian produk, bukan berarti prosesnya berhenti sampai situ saja. Simpan baik-baik bukti pembayaran, entah struk atau bukti notifikasi jika melakukan pembayaran via dompet digital atau mobile banking.

Menyimpan bukti pembayaran akan menjadikan posisi kamu aman ketika produk yang kamu pesan tidak sesuai atau penjual menyatakan jika kamu belum membayarnya. Jadi, jangan sepelekan bukti pembayaran kamu, ya!

3. Mengetahui Foto Produk

Sebagai pembeli, kamu mempunyai hak untuk mengetahui kondisi asli produk yang akan dibeli sebelum dilakukan proses pembayaran. Pastikan jika penjual menampilkan foto asli di katalog toko online atau mengirimkan secara langsung ke kamu melalui personal chat.

4. Nomor Resi Pengiriman

Mengetahui nomor resi pengiriman bertujuan untuk mempermudah kamu dalam melakukan proses tracking (melacak) pesanan tersebut. Jika penjual tidak memberikan nomor resi dan selalu banyak alasan, kamu patut waspadai modus penipuan seperti ini.

Meskipun belanja online kena tipu bukan menjadi hal baru, akan tetapi kamu harus tetap waspada supaya tidak menjadi korban selanjutnya. Namun, kamu nggak perlu khawatir jika belanja di Ryusei, khususnya untuk kamu yang ingin membeli produk fashion masa kini.

Ryusei menjadi penyedia produk berkualitas premium dan kamu bisa mengeceknya di Instagram @ryusei_indonesia atau situsnya www.ryusei.co.id. Semua produk menggunakan real picture dan proses pembayarannya pun juga transparan. Jadi, ayo belanja di Ryusei sekarang juga!

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Inilah 4 Ciri-Ciri Aplikasi Belanja Online Aman yang Wajib Kamu Ketahui!
Online Shopping

Inilah 4 Ciri-Ciri Aplikasi Belanja Online Aman yang Wajib Kamu Ketahui!

Saat ini, banyak sekali platform online yang menyediakan kemudahan untuk berbelanja tanpa harus keluar rumah. Terlebih lagi jika kamu tipe orang yang nggak mau ribet dan serba praktis, belanja seca...

Baca lebih banyak
Membedakan Online Shop Asli dan Palsu di Instagram, Gimana Ya Caranya?
Online Shopping

Membedakan Online Shop Asli dan Palsu di Instagram, Gimana Ya Caranya?

Membedakan online shop asli dan palsu di Instagram menjadi hal yang wajib banget kamu ketahui saat ini. Terlebih lagi dengan maraknya kasus penipuan saat belanja online, sehingga para pembeli harus...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI