Lakukan 6 Tips Ini Supaya Pakaian Kamu Tetap Awet

Pakaian merupakan kebutuhan pokok untuk semua orang. Selain berfungsi untuk melindungi bagian tubuh, pakaian juga menjadi sebuah fashion yang punya keunikan tersediri.

Tapi, tidak semua orang cermat dalam merawat pakaian yang dimiliki. Merawat pakaian perlu ketekunan dan ketelitian sendiri supaya tetap awet dan tidak cepat rusak.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara merawat pakaian supaya tetap awet dan tahan lama?. Yuk, coba lakukan 6 cara ini supaya pakaian kamu tetap awet dan tahan lama.

1. Jangan Terlalu Sering Dicuci

Kalau kamu punya kebiasaan sering mencuci pakaian dengan tujuan menjaga kebersihan, kamu harus mengurangi kebiasaan itu. Soalnya, mencuci pakaian terlalu sering adalah hal yang kurang baik untuk perawatan pakaian itu sendiri.

Apalagi pakaian yang berbahan tebal. Sering mencuci pakaian akan merusak serat dan warna asli pakaian itu. Cucilah pakaian kamu ketika sudah benar-benar kotor. Kalau hanya untuk membunuh kuman, kamu cukup menjemur pakaian di bawah sinar matahari selama 2-3 jam saja.

 

2. Mencuci Pakaian Sesuai Dengan Warna

Sebelum mencuci pakaian, lebih baik kamu pisahkan pakaian sesuai dengan warnanya. Hal ini supaya memastikan pakaian yang mudah luntur tidak menyatu dengan pakaian yang lain. Soalnya, kebiasaan mencuci pakaian tanpa mensortir terlebih dulu akan merusak pakaian yang lain.

Misalnya, kamu mencuci pakaian berwarna terang terlebih dulu, dilanjutkan dengan pakaian yang berwarna putih, kemudian mencuci pakaian warna gelap diakhir. Dengan cara seperti itu, pakaian kamu akan terjaga dan tetap awet.

 

3. Balikan Pakaian Sebelum Dicuci

Untuk menjaga pakaian agar tetap bagus dan warnanya tidak luntur yaitu dengan cara membalikan pakaian ketika dicuci.

Ketika pakaian dibalikan, gesekan saat dicuci tidak akan membuat warnanya menjadi pudar. Selain itu, warna pakaian bagian luar tidak akan luntur saat dijemud di bawah sinar matahari.

 

4. Keringkan Dengan Cara Yang Alami

Mengeringkan pakaian dengan mesin cuci memang terlihat lebih mudah. Namun tahukah kamu bahwa panasnya mesin pengering tersebut bisa merusak pakaian yang masih basah. 

Untuk menjaga pakaian tersebut tetap awet, lebih baik kamu keringkan secara alamai di bawah sinar matahari ya.

 

5. Menggunakan Tehnik Menyetrika Yang Benar

Selanjutnya, kamu perlu memperhatikan cara mensetrika pakaian supaya tidak rusak. Ada dua jenisa cara untuk mensetrika pakaian.

Pertama, menggunakan setrika listrik. Kira-kira kamu perlu tiga kali gosok supaya pakaian terlihat rapih. Kedua, menggunakan setrika uap. Setrika jenis ini cukup cepat dalam menghaluskan pakaian, cukup satu kali gosok.

Jadi, pilihlah jenis setrika sesuai selera kamu dan perhatikan kadar panas yang di hasilkan agar tidak merusak pakaian.

 

6. Menyimpan Pakaian di Tempat Yang Tepat

Suapaya pakaian kamu yang sudah bersih dan rapih tetap awet, simpanlah pakaian itu di dalam lemari yang bersih dan terkunci.

Jangan lupa untuk selalu diberikan pengharum pakaian di dalam lemari agar tetap wangi ya.


Tidak sulit, bukan? Kamu hanya perlu ketekunan dan mengetahui segala hal yang dapat merusak pakaian. Selamat mencoba, ya.

Tinggalkan komentar

Semua komentar dimoderasi sebelum dipublikasikan