Skip to content

SUPER SALE UP TO 78% OFF ekstra voucher 20K

Keranjang

Your cart is empty

Article: Kenalan dengan Decora Style, Salah satu Fashion Trend Jepang yang Penuh Warna

Kenalan dengan Decora Style, Salah satu Fashion Trend Jepang yang Penuh Warna
Fashion

Kenalan dengan Decora Style, Salah satu Fashion Trend Jepang yang Penuh Warna

Tren fashion dari Negeri Sakura ini identik dengan penggunaan warna yang bright and fun. Tidak berhenti di situ saja, penganut Decora style mengkombinasikan ornamen imut pada outfit mereka sebagai dekorasi yang menambah estetika secara visual. Mau tahu lebih dalam tentang Decora fashion? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!


Kenalan sama konsep Decora style

Decora style lahir pada akhir tahun 90-an yang terinspirasi oleh kartun 80-an. Berbeda dengan style fashion Lolita yang imutnya terletak pada penggunaan outfit era Victoria, subkultur ini mendefinisikan Decora style sebagai gaya lucu yang kekanak-kanakan.


Di tahun 2000an, tren berbusana ala Decora ini pun makin melejit bersamaan dengan makin dikenalnya penggunaan internet. Kemunculan dari trend fashion Decora mendapat pengikut yang membludak di dalam maupun luar Jepang, terutama di Distrik Harajuku yang menjadi pusat street style di Jepang.


Cara berpakaian ala Decora style

Kamu mungkin bertanya-tanya, gimana sih cara berpakaian ala Decora style? Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Decora fashion identik dengan penggunaan warna yang terang dan cerah. Pemilihan warna seperti merah muda, biru langit, atau kuning akan memberi aura kekanak-kanakan sehingga dinilai imut bagi para pengikut trend ini. Bahkan, ada pula yang menggunakan warna neon agar terlihat lebih nyentrik, lho!


Fashion item yang digunakan pun mencakup kemeja polos (umumnya menggunakan lengan panjang), hoodie, rok mini, rok tutu, stocking, kaos kaki panjang, maupun penghangat lengan. Tentu saja semua fashion item ini dipadukan dalam warna dan tekstur yang bervariasi.


Inspirasi dari pemilihan outfit Decora style biasanya diambil dari kartun anak seperti Hello Kitty, Strawberry Shortcake, Smurfs, atau Care Bears. Kalau kamu mau bereksperimen dengan gaya Decora, pastikan untuk pakai outfit yang berwarna cerah biar nggak salah kostum, ya!


Gimana sih riasan wajah dan rambut buat Decora style?

Untuk riasan wajah, biasanya para penganut Decora style justru menggunakan makeup yang minimal atau makeup yang membuat terlihat tampak lebih muda biar aura kekanakannya bisa muncul.


Terkadang ada pula yang menggunakan glitter atau stiker di bawah mata mereka, juga menggambar area pipi dengan gambar hati atau bintang seperti apa yang biasanya dilakukan anak kecil.


Sedangkan untuk tatanan rambut, mereka akan mengecat rambut mereka dengan warna-warna terang seperti pink, blonde, atau orange. Bisa juga menggunakan wig dan mengkombinasikan dua atau tiga warna sekaligus!


Setelah itu, mereka akan menatanya dengan sederhana, bisa dalam berbentuk kuncir, kepang, atau dibiarkan terurai panjang dengan model ikal. 


Ternyata begini cara mix and match aksesorisnya!

Kuncian dari tampilan Decora adalah menggunakan aksesoris berwarna cerah yang dilakukan dengan teknik layering. Ingat, pecinta fashion Jepang suka banget menumpuk pakaian ataupun aksesoris mereka untuk tampilan yang lebih stylish.  


Aksesoris yang biasanya digunakan berupa gelang warna-warni, jepit rambut beraneka bentuk, kalung, cincin, dan segala jenis aksesoris apa saja yang memberi kesan lucu. 


Pokoknya, nggak ada istilah “too much” kalau berdandan ala Decora style. Justru menggunakan aksesoris yang menumpuk dan berwarna-warni bikin tampilan Decora makin sukses. Yang perlu diingat, kuncian dari dandanan Decora adalah tampilan yang warna-warni, lucu, ceria, dan kekanakan seperti anak kecil. 


Jangan lupa pakai sepatu yang eye-catching juga, ya! Mereka biasanya menggunakan sneakers, high top, sepatu Mary Jane, atau Dr. Martins.


Bagaimana, sudah tahu kan serba-serbi Decora fashion yang warna-warni ini? Fashion adalah salah satu wadah untuk bereksperimen dan mengekspresikan diri. Jangan pernah takut untuk mencoba fashion yang nyentrik sekalipun, berdandanlah untuk bersenang-senang!

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Fashion Item Wajib untuk Outfit Pria Jepang
Fashion

Fashion Item Wajib untuk Outfit Pria Jepang

Masyarakat Jepang terkenal sebagai pribadi yang workaholic. Pemandangan pria dengan setelan dasi dan jas ala kantoran sering terlihat di Negeri Sakura. Namun seiring dengan berjalannya waktu, perub...

Baca lebih banyak
Trend Fashion Baju Tie Dye yang Kembali Naik Daun di Tengah Pandemi
Fashion

Trend Fashion Baju Tie Dye yang Kembali Naik Daun di Tengah Pandemi

Trend yang ada di dunia fashion memang seringkali datang dan pergi. Contohnya saja baju tie dye yang sudah populer sejak tahun 70-an yang kemudian kembali merajai industri fashion di tahun 2020. B...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI