Skip to content

SUPER SALE UP TO 78% OFF ekstra voucher 20K

Keranjang

Your cart is empty

Article: Kekurangan Sistem COD Yang Sering Meresahkan Para Pelanggan

Kekurangan Sistem COD Yang Sering Meresahkan Para Pelanggan
COD

Kekurangan Sistem COD Yang Sering Meresahkan Para Pelanggan

Dewasa ini, sistem pelayanan pembayaran berbasis Cash On Delivery (COD) merupakan salah satu strategi penjualan yang cukup diminati pelanggan saat berbelanja online. Terutama di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak pelanggan memilih melakukan social distancing untuk melakukan pemesanan makanan dan barang melalui sistem COD.
Akan tetapi, walaupun pelayanan sistem pembayaran COD memiliki banyak keuntungan, namun sebagian besar pelanggan kadangkala merasa khawatir untuk menggunakannya. Sehingga, kita perlu selektif, berhati-hati dan bersikap cermat dalam menggunakan sistem pembayaran COD. Berikut ini, kerugian yang akan berdampak bagi kamu, apabila menggunakan sistem COD dalam bertransaksi di online shop.

Sering Menimbulkan Kerugian
Kekurangan sistem COD pertama yang sering dialami oleh pelanggan adalah sering sekali memperoleh banyak kerugian untuk pelanggan. Misalnya, barang yang dipesan tidak dikirim sampai tujuan dengan tepat waktu, barang yang diterima tidak sesuai dengan yang dipesan oleh pelanggan, dan barang yang sering sekali kembali ke return, akibat pelanggan tidak berada ditempat. Karena itulah, untuk meminimalisir hal ini agar tidak kembali terjadi, lakukanlah pembayaran di awal sebelum COD.

Memicu Timbulnya Penalti
Selanjutnya, kekurangan sistem COD yang sering sekali terjadi adalah sering memicu timbulnya penalti, jika pelanggan melakukan pembatalan pembelian lebih dari 2 kali. Penalti yang akan diberikan adalah, memberhentikan atau menonaktifkan akun online yang kamu miliki untuk sementara waktu. Biasanya ini terjadi, jika kurir tidak bisa menemui pelanggan saat proses pengiriman dilakukan lebih dari dua kali.

Harus Ontime Sesuai Dengan Kesepakatan Transaksi
Nah, kekurangan sistem COD lainnya yang juga meresahkan masyarakat adalah pelanggan harus selalu ontime sesuai dengan kesepakatan transaksi yang telah terjadi bersama penjual dan kurir. Inilah hambatan yang sering sekali membuat kamu bingung, untuk menentukan waktu yang pas agar tidak terjadi hal-hal mendadak. Itulah sebabnya, jika kamu pergi keluar rumah, maka kamu harus menyuruh keluarga ataupun teman terdekat untuk menggantikan kamu menerima barang yang dipesan .

Area Jangkauan Yang Cukup Terbatas
Tidak semua pelanggan dapat melakukan sistem pembayaran COD. Hal ini disebabkan oleh kondisi area atau tempat tinggal yang cukup terbatas untuk dilampaui oleh kurir yang akan mengantar pesanan. Misalnya, jika kamu bermukim di wilayah yang area jangkauannya sangat sulit untuk dijangkau dan tidak adanya akses jalan menuju ke rumah kamu, maka sistem COD tidak bisa dilakukan. Alhasil, kamu harus mengambil barang pesanan kamu langsung di pergudangan ekspedisi.

Selalu Menyiapkan Uang Pas
Terakhir, kekurangan dari sistem pembayaran Cash On Delivery adalah pelanggan harus selalu menyiapkan uang yang pas. Hal ini dikarenakan, banyak kurir yang mengantarkan barang tanpa membawa uang tambahan untuk memberikan pengembalian. Selain itu, apabila kamu menggunakan uang yang berlebih, maka ini akan menyebabkan waktu yang dimiliki oleh kurir terbuang banyak, sementara dalam satu hari tersebut kurir harus mengirimkan barang secara tepat waktu.
Jika anda ingin membeli barang dengan melalui sistem COD sah-sah saja, namun kamu harus memastikan terlebih dahulu setiap testimoni dan komentar dari pelanggan lainnya terhadap produk yang ingin dibeli. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin menggunakan COD, lakukanlah dengan hati-hati dan akurat agar tidak menimbulkan kerugian besar.
Buat kamu yang senang belanja online tapi mungkin masih ragu jika pembayarannya menggunakan COD. Untuk melengkapi kebutuhan fashion, kamu bisa loh berbelanja di Ryusei. Brand Ryusei ini menyediakan banyak fashion item terkini dan terlengkap. Nah, yang terpenting adalah jenis pembayarannya pun sangat lengkap.
Jadi untuk kamu yang tidak ingin menggunakan metode pembayaran dengan COD, di Ryusei bisa menggunakan metode pembayaran lainnya seperti bank transfer. Yuk, belanja aman, cepat, dan berkualitas hanya di Ryusei! Kamu bisa pilih mau belanja via website atau marketplace seperti Zalora, Tokopedia, Blibli, dan Shopee. Happy Shopping!

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Tren Kaos Pria Buat Sehari-Hari, Mana yang Kamu Banget?
Fashion

Tren Kaos Pria Buat Sehari-Hari, Mana yang Kamu Banget?

Yaps! Ryusei setuju banget, kalo ada orang yang sering bilang “dunia fashion itu nggak cuma penting bagi perempuan loh”.Pasalnya para lelaki pun boleh mengikuti perkembangan dan tren fashion yang s...

Baca lebih banyak
5 Cara Mengetahui Produk Lokal Berkualitas
product

5 Cara Mengetahui Produk Lokal Berkualitas

Guys, apakah kamu punya koleksi produk lokal, entah itu kaos, celana, jaket, sepatu, tas, atau produk lainnya? Kalau kamu punya beberapa, bagaimana kualitasnya? Baik atau buruk. Ryusei yakin pasti ...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI