Skip to content

Disc up to 47% Extra Disc 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: Kebiasaan Unik di Bulan Ramadhan, Biasa Saja Tapi Selalu Dinantikan

Kebiasaan Unik di Bulan Ramadhan, Biasa Saja Tapi Selalu Dinantikan
Culture

Kebiasaan Unik di Bulan Ramadhan, Biasa Saja Tapi Selalu Dinantikan

Bulan Ramadhan sudah berjalan lebih dari setengah bulan, kamu masih semangat menjalankan ibadah puasa, bukan? Harusnya semakin semangat, ya. Meskipun tahun ini adalah bulan puasa kedua yang kita lalui dalam keprihatinan pandemi Covid-19, tapi kita harus tetap bersyukur karena bisa menjalani tradisi atau kebiasan unik khas Bulan Ramadhan.

Kebiasaan unik di Bulan Ramadhan apa yang paling kamu nantikan, nih? Kalau Ryusei punya beberapa kebiasaan unik yang biasa saja tapi selalu dinantikan. Mau tahu apa saja kebiasan itu? Yuk, langsung simak!

1. Ziarah ke Makam Keluarga
Ziarah atau yang biasa kita kenal dengan sebutan nyekar sudah menjadi kebiasan unik di bulan Ramadhan. Uniknya adalah tempat-tempat pekuburan umum akan terus diramaikan oleh berbagai keluarga mulai dari sebelum Bulan Ramadhan hingga perayaan Idul Fitri nanti.

Nyekar menjadi kebiasaan yang biasa saja tapi selalu dinantikan oleh tukang bersih-bersih kubur dan penjual bunga. Momen tersebut menjadi berkah tersendiri bagi mereka. Ziarah atau nyekar juga dianggap sebagai kebiasaan yang baik dalam menjalani Bulan Ramadhan.

Mendoakan orang-orang yang sudah meninggal adalah bentuk kepedulian kita terhadap mereka. Selain itu, ziarah dapat menjadi momen untuk merefleksikan diri agar menjadi pribadi yang lebih baik selama menjalani ibadah puasa.

2. Mudik
Kebiasan unik di Bulan Ramadhan yang satu ini sepertinya hanya terjadi di Indonesia. Umat muslim di negara lain mungkin akan pulang ke rumah untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga, tapi tidak semasif yang ada Indonesia.

Mudik identik dengan kegiatan pulang kampung. Namun, momen Bulan Ramadhan menjadikan kegiatan pulang kampung dengan kesan yang berbeda. Keluarga besar dari berbagai daerah yang sulit bertemu pada hari biasa akan bertemu pada hari raya Idul Fitri. Mereka akan saling membagikan oleh-oleh dan kehangatan bersama keluarga.

3. Ngabuburit
Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan oleh orang yang sedang berpuasa saat menunggu datangnya jam buka. Kegiatan ngabuburit dilakukan dengan berjalan-jalan sambil berburu takjil berbuka puasa.

Ngabuburit merupakan kebiasan unik di Bulan Ramadhan yang selalu dinantikan. Pasalnya, orang-orang yang berpuasa akan melakukan ngabuburit sehingga jalan-jalan di berbagai sudut kota ramai dengan penjual takjil dan pembeli. Suasana ramai Inilah yang membuat orang senang menjalankan ibadah puasa.

4. Buka Puasa Bersama Sekaligus Reuni Sekolah
Siapa, nih yang sebelum pandemi, Bulan Ramadhannya dipenuhi dengan jadwal buka puasa bersama? Momen ini sekaligus sekaligus digunakan untuk reuni sekolah mulai dari reuni SD, SMP, SMA, sampai kuliah.

Beberapa tahun belakangan acara reuni sekaligus buka bersama memang sempat ramai. Hal ini menjadi kebiasaan unik di Bulan Ramadhan karena pada hari biasa sebagian besar orang enggan menghadiri reuni dengan alasan kesibukan. Namun, pada bulan Ramadhan, semua orang berusaha menyempatkan waktu untuk buka bersama sekaligus reuni. Seru, ya!

5. Bermain Petasan
Bermain petasan tidak hanya identik dengan perayaan tahun baru saja, tapi juga merupakan kebiasaan unik di Bulan Ramadhan yang selalu dinantikan. Biasanya anak-anak senang sekali bermain petasan setelah shalat tarawih. Kadang-kadang bermain petasan juga dilakukan pada sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Jika kamu berniat untuk bermain petasan, pastikan petasan yang kamu mainkan aman, ya. Cari tempat yang aman untuk bermain dan jaga adik-adik kecil agar tidak terkena ledakan petasan yang bisa mencelakakan.

6. Berbagi dengan Banyak Orang
Meskipun kegiatan berbagi dapat dilakukan kapan saja, tapi Bulan Ramadhan kerap kali dijadikan momen untuk memberikan sesuatu kepada keluarga, saudara, kerabat, teman-teman, atau orang lain yang membutuhkan.

Sesuatu yang diberikan dapat berupa uang, makanan, bingkisan atau kue lebaran, pakaian, dan hal lainnya. Berbagi adalah kebiasaan yang biasa saja tapi selalu dinantikan karena menghadiahkan sesuatu yang spesial di Bulan Ramadhan memberikan kesan yang lebih istimewa.

Itu dia kebiasaan unik di Bulan Ramadhan yang biasa saja tapi ukup dinantikan oleh Ryusei. Kamu lebih menantikan kebiasaan yang mana, nih? Berbicara tentang berbagi di Bulan Ramadhan, Ryusei mau memberikan ide berbagi pakai untuk orang-orang yang kamu sayangi.

Berbagai makanan mungkin sudah biasa, tapi berbagai pakaian bisa jadi hal yang baru dan unik. Kunjungi saja website resmi dan akun resmi media sosial Ryusei untuk temukan koleksi terbaik yang dapat kamu berikan kepada orang terkasih di Bulan Ramadhan ini.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Buka bersama di Bulan Ramadhan Selama Pandemi? Tentu Bisa Asal Perhatikan Tips Berikut!
Pandemic

Buka bersama di Bulan Ramadhan Selama Pandemi? Tentu Bisa Asal Perhatikan Tips Berikut!

Kegiatan buka bersama, atau biasa disingkat dengan bukber menjadi salah satu tradisi di Indonesia yang seru banget untuk dilakukan. Mengingat bulan Ramadhan hanya sebulan sekali, maka momen bukber ...

Baca lebih banyak
Rekomendasi Baju Couple Keluarga Untuk Lebaran 2021
Fashion

Rekomendasi Baju Couple Keluarga Untuk Lebaran 2021

Mana, nih suaranya keluarga kompak Indonesia? Tidak lama lagi kita akan merayakan hari lebaran. Sudahkah, keluarga menyiapkan baju couple? Menggunakan baju couple sangat menggambarkan kemeriahan da...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI