Skip to content

Disc up to 80% + extra potongan 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: Jangan Takut Lagi, Yuk, Terapkan 5 Cara Aman Belanja di Instagram!

Jangan Takut Lagi, Yuk, Terapkan 5 Cara Aman Belanja di Instagram!
Online Shopping

Jangan Takut Lagi, Yuk, Terapkan 5 Cara Aman Belanja di Instagram!

Siapa yang tak mengenal Instagram? Hampir semua orang mengenal media sosial yang satu ini, bahkan mungkin banyak di antara kamu yang memiliki lebih dari 1 akun. Hayoo.. ngaku! Hihi.

Nah, sejak kemunculannya, Instagram memang dikenal sebagai media sosial untuk membagikan momen dalam bentuk foto ataupun video. Tapi siapa sangka, kini Instagram juga bisa digunakan untuk berbelanja online melalui fiturnya yang bernama Instagram Shopping.

Instagram Shopping merupakan salah satu fitur yang dikembangkan Instagram untuk mendukung bisnis dan brand. Fitur ini bisa dikatakan sebagai respons Instagram terhadap banyaknya orang yang memanfaatkan platform-nya sebagai bisnis (dari bisnis kecil hingga brand ternama) untuk menjual sebuah produknya.

Pastinya kamu yang gemar belanja merasa sangat dimudahkan dengan adanya Instagram Shopping ini karena di Instagram Shopping banyak sekali toko online yang menyediakan berbagai kebutuhanmu. Ada baju, tas, aksesoris, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sayangnya dengan keuntungan yang didapat melalui fitur ini, belanja online di Instagram banyak dimanfaatkan untuk modus penipuan dan sudah banyak memakan korban dengan berbagai jumlah kerugian. Hal ini bisa terjadi terjadi karena kurangnya kewaspadaan konsumen terhadap toko atau penjualnya.

Untuk itu, mulai sekarang yuk terapkan 5 cara aman belanja di Instagram seperti berikut ini:

  1.     Cek gambar produk dan deskripsi pada feed instagram

Biasakan sebelum membeli lewat Instagram Shopping, pastikan kamu mengecek kembali spesifikasi produk dengan cermat dan teliti. Pasalnya, tak menutup kemungkinan gambar bisa jadi menipu atau nggak sesuai dengan ekspektasi yang kamu harapkan.

Biasanya toko online yang sudah memiliki nama besar, terutama di bidang pakaian, jilbab, dan yang serupa, akan mencantumkan keterangan di deskripsi bahwa foto pada gambar bisa jadi nggak sesuai dengan barang yang kamu terima dikarenakan efek cahaya saat di foto.

  1.     Periksa alamat toko atau pengiriman

Tahukah kamu? Nggak semua barang yang dijual di Instagram Shopping itu harus memiliki toko fisik. Meski demikian, kamu jangan ragu ya untuk memastikan kepada penjual dimana alamat asli tempat ia berjualan dan dari mana pengirimannya.

Hal ini perlu jadi perhatianmu, terlebih kalau kamu akan melakukan transaksi dengan jumlah yang besar.

  1.     Memasukan link marketplace

Jika toko online di Instagram Shopping benar-benar asli atau sudah terbukti terjamin biasanya akan mencantumkan link-link toko yang dimilikinya di marketplace atau e-commerce.

Mereka juga biasanya akan membuat insta story berupa swipe up yang berisi mencantumkan nomor secara langsung saat pemesanan atau merekomendasikan secara langsung untuk melihat akun-akun tokonya, baik di marketplace dan e-commerce.

Salah satu toko online yang sudah melakukannya adalah Ryusei. Ryusei merupakan produk fashion branded untuk pria, wanita, dan anak-anak dengan jaminan mutu terbaik. Kontrol kualitas bahan di Ryusei tak perlu kamu ragukan lagi.

Ryusei juga sudah tersedia di berbagai marketplace, seperti Shopee mall, Tokopedia official store, Lazada, dan BliBli. Jadi, sudah terbukti aman bukan?

  1.     Pilih metode pembayaran Cash on Delivery (COD) atau bayar ditempat

Saat baru pertama kalinya kamu belanja di toko baru, nggak ada salahnya buat memilih pembayaran COD atau bayar ditempat loh guys.  Bukan berarti kamu nggak boleh melakukan pembayaran dengan cara transfer, tapi ini menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan untuk meminimalisir resiko penipuan.

  1.     Minta nomor resi

Mau di toko manapun kamu berbelanja, baik itu toko kecil maupun besar, saat berbelanja di Instagram Shopping mintalah nomor resi produk jika sudah dikirim oleh pihak tokonya.

Tujuannya adalah untuk memastikan produk yang sudah kamu bayar benar-benar dikirimkan ke tujuanmu. Selain itu, kalau ada permasalahan pada pengiriman barang, maka produkmu bisa dilacak keberadaannya melalui website jasa pengiriman menggunakan nomor resi pengiriman.

 

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Sebelum Menentukan Marketplace Paling Dipercaya untuk Berbelanja, Ketahui Dulu 3 Modus ini!

Sebelum Menentukan Marketplace Paling Dipercaya untuk Berbelanja, Ketahui Dulu 3 Modus ini!

Yaps, setuju banget nih! Berbelanja melalui marketplace di masa seperti ini memang memudahkan hidup kita. Apalagi jika kita termasuk orang yang sibuk dan nggak punya banyak waktu untuk mencari bara...

Baca lebih banyak
Sering Belanja Pakaian Lewat Online? Simak 6 Tips Belanja Online Pakaian Ini Yuk!
Online Shopping

Sering Belanja Pakaian Lewat Online? Simak 6 Tips Belanja Online Pakaian Ini Yuk!

Tahukah kamu? Meski belanja online sudah menjadi alternatif utama dalam berbelanja, ternyata masih banyak sekali loh orang yang  belum sepenuhnya yakin sama belanja online, khususnya saat berbelanj...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI