Skip to content

SUPER SALE UP TO 78% OFF ekstra voucher 20K

Keranjang

Your cart is empty

Article: Cari Tahu Yuk! 5 Aspek Bahan Katun Combed

Cari Tahu Yuk! 5 Aspek Bahan Katun Combed
cotton

Cari Tahu Yuk! 5 Aspek Bahan Katun Combed

Sebelum kamu memilih untuk membeli kaos di clothing brand. Pasti akan ada keterangan material bahwa bahan ini adalah katun combed 20s, 24s dan 30s. Pasti kamu bingung maksudnya apa, ya?

Mari guys kita kulik 5 aspek bahan katun combed. Sebelumnya kita harus tahu definisi dari bahan katun combednya dulu, ya.

Definisi Bahan Katun Combed
Kain cotton combed memang populer digunakan untuk bahan kaos oleh distro. Menurut artikel yang dilansir Olympics 30, katun combed adalah kain bahan yang terbuat dari serat kapas murni.

Kain ini termasuk jenis katun, namun lebih lembut dan tidak berbulu. Pasalnya, pada tahap akhir pengolahan serat menjadi kain dilakukan penyisiran (combing).

Cocok untuk iklim tropis
Katun Combed termasuk kain bahan yang memiliki serat halus, tidak terlalu tebal, terasa dingin, dan memiliki daya serap yang baik. Kain ini cocok untuk bahan pakaian di negara beriklim tropis.

Katun combed 20s
Katun combed 20s merupakan jenis kain yang paling tebal diantara yang lainnya, serta banyak yang menganggap salah satu bahan terbaik untuk kaos dibandingkan dengan jenis kaos combed lainnya.

Ketebalan atau gramasinya mencapai 180-220 gr/m2 sehingga kekuatannya akan melampaui jenis-jenis lainnya, serta tetap nyaman digunakan dan juga cocok untuk dijadikan kaos sablon, namun harganya adalah yang termahal dibandingkan lainnya.

Katun combed 24s
Bahan ini cukup jarang di pasaran dan umumnya hanya digunakan pada penyedia jasa konveksi. Kain ini memiliki ketebalan antara 170-210 gr/m2.
Harganya setingkat di bawah combed 20s dan bahkan 30s namun kualitasnya tidak terlampau jauh berbeda dikarenakan memang ketebalan dan kekuatan jahitannya tidak terlampau jauh dari 20s, namun sayangnya jarang ditemukan.

Katun combed 30s
Bahan ini lebih tipis dibandingkan 20s dan 24s, yaitu dengan tingkat ketebalan sekitar 140-160 gr/m2 sehingga akan lebih dingin saat digunakan dibandingkan kedua jenis combed sebelumnya. Namun, bukan berarti jenis kaos ini lebih buruk kualitasnya, bahkan tetap baik saat disablon dan juga banyak digunakan oleh produsen baju alias clothing line ternama di dunia.

Huruf s yang terletak di belakang masing-masing jenis kaos tersebut adalah kependekan dari single knit (jahitan tunggal) yang merupakan salah satu metode jahit yang umum digunakan, di samping itu ada pula yang mencantumkan huruf "d" di belakang nomor yang berati double knit atau jahitan Ganda.

Keunggulan Menggunakan Bahan Katun Combed
Bahan kaos cotton combed memiliki permukaan yang sangat halus sehingga akan tetap nyaman dipakai dalam waktu lama. Jenis Kain ini juga lebih mudah menyerap keringat, cocok dipakai di musim panas, bahkan pergi untuk liburan ke pantai. Kamu nggak perlu khawatir jika kulit kamu mudah iritasi / memiliki alergi kulit karena katun combed nggak menggunakan campuran bahan kimia apapun.

Kelemahan Menggunakan Bahan Katun Combed
Namun, di samping kelebihan-kelebihan tersebut, bahan kaos cotton combed tetap memiliki beberapa kelemahan meskipun mungkin tidak signifikan untuk kebanyakan orang, seperti:

Bahan ini mudah berjamur jika disimpan cukup lama ditempat yang lembab. Meskipun, memiliki kualitas yang baik dan kuat, kemampuannya menyerap air dan keringat justru akan membuatnya cepat rusak pada saat direndam terlalu lama.

Disamping itu, guys. Jika kamu ingin membeli dengan bahan katun combed yang kualitasnya bagus dan harganya juga terjangkau, kamu bisa langsung cek Ryusei clothing brand terpercaya di Tokopedia, Shopee, Zalora, dan Blibli.

Dari penjelasan semoga bisa membantu kamu, ya. Dalam memilih bahan yang sesuai dengan kriteria kamu!

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Sebelum Belanja Baju Online, Cek Dulu Macam-Macam Kain, Ya!
Kain

Sebelum Belanja Baju Online, Cek Dulu Macam-Macam Kain, Ya!

Dewasa ini orang-orang lebih memilih belanja baju online ketimbang di gerai toko. Alasannya sederhana. Kamu tidak perlu repot pergi-pergi jauh untuk sekadar membeli baju. Sudah begitu baju-baju di ...

Baca lebih banyak
Brand Pakaian Pria Terkenal di Indonesia, Cek!
Brand

Brand Pakaian Pria Terkenal di Indonesia, Cek!

Buat pria, pakaian menjadi salah satu modal buat dirimu terlihat lebih menawan dan gagah untuk urusan percintaan, pekerjaan, maupun kepentingan lainnya. Nah, mengenakan pakaian terkenal minimal bis...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI