Skip to content

Disc up to 47% Extra Disc 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: Budaya Antri di Jepang yang Patut Diacungi Jempol. Begini Tipsnya!

Budaya Antri di Jepang yang Patut Diacungi Jempol. Begini Tipsnya!
Culture

Budaya Antri di Jepang yang Patut Diacungi Jempol. Begini Tipsnya!


Selain tren fashion dan kulinernya yang banyak jadi panutan, salah satu budaya Jepang yang patut kita contoh adalah disiplin dalam antrian. Kebiasaan mengantri orang Jepang inilah yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sampai-sampai, orang Jepang itu masuk ke dalam kategori orang terdisiplin sedunia loh! Jadi, kebayang kan bagaimana mereka disiplin dalam hal apapun, salah satunya adalah dalam hal mengantri. Tidak hanya itu, para siswa-siswi di Jepang juga mendapat urutan pertama sebagai siswa yang paling teladan.Wow, keren banget ya!


Ayo, siapa nih yang masih suka menyerobot dalam antrian? Sebenarnya pemandangan ini masih cukup sering dijumpai saat kita sedang antri di atm atau kasir-kasir supermarket. Masih ada sebagian orang yang kurang disiplin dan tidak menjunjung tinggi budaya antri. Padahal di Jepang sendiri, kebiasaan mengantri ini sudah tertanam sejak kecil. Sehingga tidak heran, jika di mana pun orang-orang Jepang selalu tertib.


Duh, kira-kira bagaimana ya bisa disiplin dan tertib seperti orang-orang di Jepang? Tentu saja ini bisa kamu jadikan motivasi agar bisa menjadi pribadi yang lebih disiplin. Berikut ini adalah tips dan trik bagaimana kamu bisa mengantri seperti orang di Jepang.


Menerapkan disiplin sejak kecil


Buat kamu yang kelak akan menjadi orang tua, ada baiknya mengajarkan kedisiplinan sejak kecil. Hal ini pula yang dilakukan oleh para orang tua di Jepang yang membiasakannya sejak kecil. Biasakan untuk bisa sabar mengantri di mana pun. Ini bisa membuat sang anak lebih bisa menghargai orang lain. 


Perang orang tua di sini sangatlah penting, bagaimana anak mencontoh dan meniru. Untuk itu, dimulai dari orang tua yang juga harus memberikan contoh yang baik. Kedisiplinan ini sangat membantu untuk membentuk generasi masa depan yang jauh lebih baik.


Anti menyerobot antrian


Tanamkan jauh di dalam pikiran kamu, kalau menyerobot antrian adalah hal yang memalukan. Saat sedang antri dan ada yang menyerobotnya tentu saja kamu akan kesal. Maka dari itu, jika kamu tidak ingin diperlakukan seperti itu jangan sampai kamu melakukannya kepada orang lain.


Melatih kesabaran


Menunggu memang jadi hal yang cukup membosankan, tapi ingatlah jika buah kesabaran ini akan manis pada waktunya. Melatih kesabaran tentu saja diperlukan tekad yang kuat. Kamu hanya perlu berpikir positif dan bersabar dalam menunggu.




Eksplor kreativitas pada saat mengantri


Biasanya orang-orang di Jepang banyak melakukan hal pada saat sedang mengantri. Membaca buku adalah satu kegiatan untuk membunuh waktu dan juga bermanfaat. Ternyata pada dasarnya, orang Jepang sangat gemar membaca buku. Nah, ini bisa sekali kamu contoh!

Kegiatan produktif lainnya adalah menonton series favorit di gadget atau sambil mendengarkan musik. Lakukan apa saja yang membuatmu tetap sabar dalam antrian ya!


Tepat waktu


Untuk hal yang satu ini sepertinya menjadi harga mati untuk kedisiplinan. Biasakan diri untuk datang lebih awal, jika memang ingin dilayani lebih dulu. Cara inilah yang paling mudah dilakukan agar terhindar dari antrian panjang. Urusan lebih cepat selesai jika kamu datang tepat waktu. 


Budaya antri di Jepang ini menjadi cerminan masyarakatnya yang begitu menghargai dan kedisiplinan yang kuat. Hal ini yang membuat banyak orang terinspirasi untuk menirunya. Kuncinya adalah disiplin dan tekad yang kuat sehingga bisa mengantri dengan rapi seperti orang-orang di Jepang. Yuk, mulai dari sekarang!

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

5 Ide Virtual Date yang Menarik Saat Jauh dari Pasangan
Pandemic

5 Ide Virtual Date yang Menarik Saat Jauh dari Pasangan

Masa pandemi seperti ini kita pasti lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Tapi bagi yang sudah berpasangan, rasa rindu karena tidak dapat bertemu kadang kala sudah tidak bisa dibendung lag...

Baca lebih banyak
Tata Cara Antri di Jepang. Bikin Salut!
Culture

Tata Cara Antri di Jepang. Bikin Salut!

Jepang dikenal dengan masyarakatnya yang tertib dan sangat disiplin. Terlebih dalam hal antrian di mana pun. Jika kamu mungkin terbiasa melihat masih banyak orang yang menerobos atau bahkan tidak t...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI