Skip to content

Disc up to 56% Extra Disc 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: Berikut Bahan yang Bisa Mengatasi Kain Luntur Agar Kembali Terlihat Baru

Berikut Bahan yang Bisa Mengatasi Kain Luntur Agar Kembali Terlihat Baru

Berikut Bahan yang Bisa Mengatasi Kain Luntur Agar Kembali Terlihat Baru

Terkadang kita jarang menyadari kalau kain yang kita beli ternyata rentan luntur. Padahal, kain tersebut merupakan salah satu kain yang ingin kita gunakan dalam waktu yang lama. Ketika kain luntur dan warna kain mulai memudar, tentunya akan terasa tidak nyaman saat digunakan.
Dibandingkan kamu membuang pakaian pudarmu, kamu bisa loh mencerahkan pakaian tersebut agar warnanya terlihat hampir seperti baru. Dengan begitu, kamu akan kembali percaya diri menggunakan kain atau pakaian luntur tersebut lantaran warnanya kembali baru.
Namun, perlu diingat setiap warna dasar kain tentu membutuhkan bahan yang berbeda yang disesuikan dengan warna kain yang luntur. Nah, berikut beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kain luntur agar terlihat baru.

1. Kopi untuk Kain Berwarna Gelap

Ryufams, siapa nih yang penggemar kopi? Ternyata, kopi bisa loh membantu kamu untuk mengatasi kain luntur agar kembali ke warna seperti semula. Kopi bisa membantu kamu mengembalikan pakaian yang berwarna gelap. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyeduh kopi hitam lalu menuangkannya pada pakaian gelap yang akan kamu bilas.

Kamu bisa merendam kain luntur dengan kopi yang sudah diseduh selama satu jam. Setelah itu, cuci kain atau pakaian seperti biasa dan warna hitam pada kainmu akan kembali seperti semula. Jika warna masih terlihat pudar, kamu bisa mencoba cara ini dengan beberapa kali percobaan.

2. Kunyit untuk Kain Berwarna Kuning

Selain kopi, bahan apa lagi yang Dapur digunakan? Bagaimana dengan pakaian yang berwarna?

Untuk warna kuning, kamu bisa menggunakan kunyit yang berbentuk bubuk. Caranya hampir sama dengan pengunaan kopi, tetapi kamu harus mendidihkan air yang cukup untuk merendam kain luntur. Pertama, didihkan air dan tambahkan secangkir garam ke dalam panci.

Penggunaan Haram terbilang efektif lantaran garam berfungsi sebagai fiktatif yang dapat mengikat zat pewarna.
Setelah mendidih matikan kompor lalu rendam kain selama 30 menit dalam rebusan air asin tersebut. Angkat kain tunggu sampai dingin lalu peras.

Selanjutnya, buang air lalu tambahkan kembali air baru dengan Hikmah yang lebih banyak dan dua per tiga sendok makan kunyit bubuk. Didihkan air tersebut lalu masukkan kain yang ingin kamu kembalikan warnanya. Matikan api, biarkan kain terendam selama 30 menit.

3. Pewarna Pakaian

Pewarna pakaian merupakan salah satu bahan lain yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan warna kain luntur agar kembali ke warna aslinya. Kamu bisa menggunakan pewarna dengan warna yang sama dengan kain atau pakaian yang ingin kamu cerahkan kembali. Didihkan air lalu tambahkan pewarna tersebut dan secangkir garam. Rendam kain dalam larutan tersebut dan biarkan selama kurang lebih satu jam.

Agar warna yang dihasilkan merata, pastikan kain atau pakaian terendam sampai sempurna. Selanjutnya, kamu bisa mencuci kain dengan menggunakan air dingin lalu keringkan di ruang terbuka. Kamu juga bisa menggunakan pengering namun pastikan dengan kecepatan terendah.
Beberapa bahan di atas dapat kamu gunakan dengan cara yang mudah, Ryufams. Dengan begitu, kini tak ada lagi alasan untuk membuang kain atau pakaian yang luntur atau pudar.

Selain itu, buat kamu yang ingin memiliki produk fesyen dengan konsep desain Jepang yang unik dan autentik. Kamu bisa loh cek koleksi Ryusei sekarang juga!

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

5 Cara Menghilangkan Noda Luntur di Kain Dengan Bahan Mudah Ditemukan di Rumah

5 Cara Menghilangkan Noda Luntur di Kain Dengan Bahan Mudah Ditemukan di Rumah

Siapa nih yang punya kain atau baju luntur setelah dicuci? Rasanya sayang sekali apalagi kalau baju kesayangan. Mau dipakai tapi malu karena noda luntur. Jangan risau, Ryufams. Buat kamu yang masi...

Baca lebih banyak
Yuk, Kenali 6 Penyebab Kain Luntur

Yuk, Kenali 6 Penyebab Kain Luntur

Siapa yang sering memiliki kain yang mudah luntur? Terkadang, kita baru tahu pakaian luntur setelah dicuci. Namun, paling naasnya adalah saat warna pakaian tersebut luntur dan mengotori pakaian yan...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI