Skip to content

Disc up to 56% Extra Disc 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: Bahaya Sistem COD Masih Menghantui, Ini Cara Agar Kamu Terhindar dari Penipuan

Bahaya Sistem COD Masih Menghantui, Ini Cara Agar Kamu Terhindar dari Penipuan
COD

Bahaya Sistem COD Masih Menghantui, Ini Cara Agar Kamu Terhindar dari Penipuan

Kalian sadar nggak sih? Makna Cash on Delivery atau COD pada saat ini telah mengalami sedikit perubahan.
Pada awalnya, konsep COD itu dilakukan antara penjual dan pembeli di suatu kota atau daerah yang sama. Keduanya sepakat melakukan transaksi dan melakukan pembayaran setelah si pembeli melihat barangnya dalam keadaan baik secara langsung.
Namun sejak maraknya e-commerce dan marketplace, konsep COD menjadi salah satu fitur pembayaran yang memudahkan para pembeli. Pasalnya, pembeli nggak perlu bertemu langsung dengan pihak penjual atau toko.
Barang yang sudah dibeli oleh pembeli akan diantarkan melalui kurir jasa pengiriman maupun kurir transportasi online. Nantinya pihak kurir lah yang memastikan si membeli membayar padanya sebelum paket diserahkan.
Meski dianggap lebih aman dan menguntungkan bagi pembeli namun ternyata pembayaran COD tetap memberikan celah yang bisa dimanfaatkan oleh penjual kepada pembelinya loh.
Nah, untuk menghindari bahaya sistem COD yang masih menghantui, berikut ini ada lima cara agar kamu terhindar dari penipuan. Langsung disimak yuk!

1. Cari tahu nama pengirimnya
Agar kamu terhindar dari modus peniupan COD, cara pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu nama pengirimnya.
Kalo nama pengirim yang tercantum bukan nama yang biasa digunakan untuk pengiriman barang, kamu harus waspada ya soalnya bisa jadi ini adalah bagian dari modus peniupan COD belanja online.

2. Periksa nomor telepon
Setelah cari tahu nama pengirimnya, kamu jangan lupa untuk cek nomor telepon yang tercantum pada paket tersebut. Kalo nomor ponsel tersebut nggak bisa dihubungi, kamu harus waspada karena ini juga bisa jadi modus dari penipuan COD.

3. Mengembalikan barang
Kalo kamu merasa lagi nggak sedang menunggu paket atau nggak melakukan pembelian online, sebaiknya kamu kembalikan lagi paket tersebut ke kurir atau langsung ke pengirimnya. Jangan mau asal terima paket ya!
Hal ini sangat berfungsi supaya kamu terhindar dari modus penipuan belanja online.

4. Belanja online di tempat yang terpercaya
Salah satu cara untuk menghindari modus penipuan belanja online yaitu pastikan kamu berbelanja di e-commerce atau marketplace besar dan terpercaya ya. Sebab pada umumnya e-commerce dan marketplace terdapat fitur pengembalian barang.
Jadi, apabila ada kurir yang sudah terlanjur mengirimkan barang ke alamatmu, kamu bisa menolaknya dengan sopan dan mengatakan bahwa kamu lagi nggak order barang apapun.
Tapi, kamu tenang aja… kalo kamu mau berbelanja kebutuhan fashion sehari-hari, Ryusei sudah tersedia kok di e-commerce atau marketplace. Di antaranya Zalora, BliBli, Tokopedia dan Shopee, bahkan Ryusei sudah ada di Shopee Mall Singapore, Malaysia, dan Filipina loh.

5. Mau COD? Belanja di Ryusei aja!
Seperti yang sudah disebutkan di poin ke empat, kalo kamu ingin belanja kebutuhan fashion secara online namun khawatir barang nggak sesuai atau yang lainnya, kamu bisa melakukan belanja di e-commerce dan marketplace.
Hal ini untuk mengantisipasi barang yang kamu terima nggak sesuai dengan barang yang kamu pesan sehingga kamu bisa mengembalikan barang tersebut.
Salah satu toko online fashion yang sudah tersedia di e-commerce atau marketplace yaitu Ryusei. Kini Ryusei menyediakan layanan COD yang bisa kamu manfaatkan. Ryusei akan tanggung jawab terhadap barang pesanan kamu dan akan memastikan barang itu sampai di tangan kamu dengan baik. Tunggu apalagi, yuk ke Ryusei sekarang!


Itu dia lima cara menghindari penipuan COD untuk kamu yang akan melakukan belanja online. Tetap waspada dan hati-hati ya guys!
Pastikan kamu baca artikel-artikel Ryusei yang lainnya!

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Manfaatkan Promo Tokopedia Official Store Biar Lebih Hemat
Online Shopping

Manfaatkan Promo Tokopedia Official Store Biar Lebih Hemat

Hi Guys! Tanpa kamu sadari semakin ke sini marketplace dan toko online semakin banyak menyediakan promo. Mulai diskon dan cashback, promo bebas ongkir, promo gajian, hingga promo official store. Ba...

Baca lebih banyak
Tampil Gagah, Kini Ryusei Go Global (Ada di Shopee Mall Singapura, Filipina, Malaysia)
Online Shopping

Tampil Gagah, Kini Ryusei Go Global (Ada di Shopee Mall Singapura, Filipina, Malaysia)

Hai, guys! Bicara soal Indonesia memang tak akan ada habis-habisnya. Banyak sekali karya-karya anak bangsa yang sudah go global, dan terbukti telah mengharumkan nama negeri.Di tulisan Yuswohady yan...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI