Skip to content

Disc up to 56% Extra Disc 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: 5 Tips Wajib agar Decluttering Pakaian jadi Lebih Mudah

5 Tips Wajib agar Decluttering Pakaian jadi Lebih Mudah
Activities

5 Tips Wajib agar Decluttering Pakaian jadi Lebih Mudah

Jika kamu salah seorang yang hobi untuk tetap produktif selama pandemi Covid-19, decluttering pakaian atau merapikan pakaian bisa jadi salah satu hal yang wajib kamu coba lakukan. Karena banyak benefit yang akan didapat dengan decluttering pakaian.

Jika lemarimu mulai penuh, bahkan membuatmu sulit untuk menemukan ruang bagi pakaian baru, inilah saat yang tepat untuk decluttering pakaian. Namun tak jarang kita merasa bingung untuk memulainya.

Simak beberapa tips berikut untuk membantu kamu lebih mudah dalam melakukan decluttering pakaian:

  • Keluarkan seluruh isi lemari

Selain memudahkanmu saat melakukan proses decluttering pakaian, menurut Marie kondo, mengeluarkan seluruh isi lemari akan membuat seseorang sadar berapa banyak pakaian yang telah ia timbun.

Keluarkan seluruh isi lemari tetap dengan keadaan rapi sehingga memudahkan kamu untuk melakukan tahap berikutnya. Pada tahap ini, kamu juga akan menyadari banyak pakaian yang tidak lagi jadi pilihan untuk dikenakan.

  • Pisahkan dalam beberapa kategori 

Untuk kategori pertama, decluttering pakaian yang sudah tidak bisa atau tidak ingin lagi kamu pakai untuk didonasikan. Kamu bisa mendonasikan pakaian pada rumah Yatim, korban bencana alam, atau orang yang membutuhkan disekitarmu.

Kategori kedua, decluttering pakaian layak pakai yang masih memiliki nilai jual. Apalagi jika masih hangat dengan trend fashion saat ini. Kamu bisa menjualnya dengan sebutan preloved di media social ataupun di e-commerce.

Kategori yang ketiga, decluttering pakaian yang masih ingin kamu gunakan, namun butuh sedikit perbaikan. Membaginya dalam tiga kategori ini membuat pakaianmu tetap bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia.

  • Simpan memori

Bagian tersulit dari decluttering pakaian adalah merelakan. Beberapa dari kita pasti sulit merelakan pakaian yang kita punya dengan alasan memorable. Namun hal ini perlu dihindari agar proses decluttering pakaian tetap berjalan sesuai rencana.

Tips dari Kon Mari, kamu perlu genggam, dan rasakan sentuhan dari pakaian yang tidak bisa kamu relakan, dan ucapkan terima kasih. Jika kamu tidak merasakan percikan joy ketika menggenggamnya, itu artinya, kamu tidak perlu menyimpannya kembali.

  • Lipat dan Simpan ala Kon Mari

Melipat jangan sembarang melipat. Cobalah lakukan metode melipat ala Kon Mari yang dapat menghemat ruang penyimpanan. Mulai susun di lemari sesuai dengan jenis pakaiannya.

Pakaian seperti jaket, outer, dress, kemeja sebaiknya kamu simpan dengan cara digantung, dan sisanya bisa kamu lipat dengan efektif. Usahakan untuk menyimpan pakaian dalam di laci agar terlihat lebih teratur.

  • Menjaga diri dari Fomo

Bagi sebagian orang, kegiatan decluttering pakaian menjadi hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Kendala waktu, tempat, bahkan hati yang sulit merelakan bisa jadi penghalang pada saat melakukan decluttering pakaian.

Untuk itu, kamu bisa coba untuk menahan diri dengan tidak impulsive dengan membeli pakaian yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan hanya karena takut tertinggal update fashion terkini dan pada akhirnya hanya membuat lemari cepat penuh.

Mulai menginvestasikan uang dengan membeli pakaian yang everlasting dan mudah untuk dipadu padankan bisa membantumu mengurangi kegiatan decluttering pakaian karena pakaianmu bisa selalu digunakan kapanpun dan di mana pun.

Jangan dulu anggap ini susah, yuk mulai dengan menerapkan tips di atas yang bisa membuat proses decluttering pakaian jadi lebih mudah, hemat waktu dan tenaga, juga memberi banyak manfaat yang tidak hanya untukmu, tapi juga orang-orang yang membutuhkan.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

5 Ide Mix And Match Kaos Agar Penampilanmu Tidak Biasa Saja
Fashion

5 Ide Mix And Match Kaos Agar Penampilanmu Tidak Biasa Saja

Kaos adala salah satu fashion item yang pasti dimiliki semua orang. Kaos tidak pernah ada matinya, justru kaos terus berkembang semakin beragam. Desain kaos juga terus berubah-ubah menyesuaikan tre...

Baca lebih banyak
4 Tips Berpakaian Saat Kuliah yang Keren Tapi Tetap Sopan
Casual

4 Tips Berpakaian Saat Kuliah yang Keren Tapi Tetap Sopan

Kuliah adalah momen dimana kamu pergi ke sebuah institusi belajar (kampus) tanpa perlu lagi menggunakan seragam. Sebelumnya, kamu mungkin tidak perlu capek-capek memikirkan pakaian saat SMA. Namun,...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI