Skip to content

Disc up to 80% + extra potongan 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: 5 Tips Mencuci Pakaian Supaya Tidak Cepat Rusak

5 Tips Mencuci Pakaian Supaya Tidak Cepat Rusak
cloth

5 Tips Mencuci Pakaian Supaya Tidak Cepat Rusak

Memcuci memang aktivitas yang membosankan. Namun, bagaimapun pakaian harus tetap dicuci supaya bersih. Ada dua pilihan kalau kamu mau mencuci bagu. Pertama, dengan cara manual. Kedua, dengan memakai mesin cuci.

Mencuci menggunakan mesin selalu menjadi pilihan bagi sebagian orang. Mesin cuci memang punya banyak opsi pilihan, meski demikian, ada beberapa bahan pakaian yang sebenarnya cepat rusak kalau sering dicuci menggunakan mesin. 

Alternatif lain, kamu bisa mencuci pakaian secara manual. Namun, kamu harus bisa memilih pakaian yang tepat supaya tidak cepat rusak saat dicuci baik pakai mesin ataupun manual.

Nah, suapaya lebih mudah. Kamu boleh mencoba 5 tips mencuci pakaian di bawah ini agar tidak cepat rusak.

 

1. Sortir Pakaian Sebelum Dicuci

Sebelum pakaian dicuci, sebaiknya kamu sortir terlebih dulu. Hal tersebut supaya memudahkan kamu ketika akan mencuci pakaian itu. 

Kamu bisa mensortir pakaian yang hendak dicuci sesuai kategori. Misalnya, mencuci kaos dan kemeja, dilanjutkan dengan mencuci jaket dan jeans. 

Lakukan aktifitas mencuci pakaian secala berkala supaya tidak terlalu menumpuk. Selain itu, tidak mencuci pakaian secara bersamaan akan memudahkan kamu dalam membersihkannya.

 

2. Pisahkan Bahan Pakaian yang Mudah Luntur

Hal ini penting kamu lakukan, jika semua pakaian kamu rendam dalam satu wadah tanpa memisahkan bahan yang warnnya cepat mudar bisa merusak pakaian yang lain.

Coba kamu gunakan dua ember/wadah. Satu wadah untuk pakaian biasa dan satu lagi untuk pakaian yang mudah luntur. Dengan cara seperti itu, pakaian kamu terhindar dari kerusakaan dan noda lain ketika dicuci.

 

3. Isi Air Dingin ke dalam Ember

Hindari merendam pakaian dengan air panas. Karena hal itu bisa membuat pakaian kamu mudah rusak. Kecuali beberapa pakaian seperti pakaian dalam, air panas bisa membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada pakaian. 

 

4.Rendam dengan Diterjen dan Kucek Perlaham

Kalau kamu mencuci secara manual, rendam pakaian kotor mu dengan diterjen selama 15-30 menit. Kemudian kucek secara perlahan ya, jangan terburu-buru. Sebab, mengucek pakaian terlalu cepat bisa membuatnya rusak.

Kamu boleh menyikat noda membandel pada pakaian. Tapi, tetap harus pelan-pelan supaya tidak rusak. 

Gunakan sikat khusus untuk mencuci pakaian dan sikatlah hanya pada bagian noda tersebut.

 

5. Perhatikan Cara Menjemur

Supaya pakaian tidak cepat rusak, kamu perlu memperhatikan cara menjemur pakaian yang baru dicuci. 

Untuk pakaian seperti kaos, kamu bisa langsung memerasnya kemudian dijemur langsung di bawah sinar mata hari.

Namun untuk beberapa pakaian berbahan rajut, keringkan dengan handuk kering dan biarkan semalaman, jangan langsung menggantungnya di bawah sinar matahari langsung. Hal tersebut bisa membuat warna pakaian kamu pudar. Selain itu, jangan menjemur pakaian terlalu lama karena bisa berdebu.

Sebenarnya mencuci pakaian tidak begitu rumit. Kamu hanya perlu ketelitian dan tau prosedur yang baik seperti apa. Supaya pakaian yang telah dicuci menjadi bersih dan tidak cepat rusak.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

5 Tips agar Tetap Modis di Musim Hujan Tanpa Ribet
Fashion

5 Tips agar Tetap Modis di Musim Hujan Tanpa Ribet

Musim hujan telah datang, dan kebanyakan orang masih menggunakan style yang monoton untuk melengkapi penampilannya di musim hujan. Mereka menggunakan pakaian seminimal mungkin seperti hanya mengena...

Baca lebih banyak
7 Tren Pakaian Wanita Jepang yang Masih Eksis Sampai Sekarang
Fashion

7 Tren Pakaian Wanita Jepang yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Membahas tren pakaian Jepang memang tidak ada habisnya. Selain terkenal dengan budaya dan berbagai festivalnya, Japan juga populer dengan tren fashion yang mendunia. Banyak sekali fashion yang lahi...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI