Skip to content

Disc up to 56% Extra Disc 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: 5 Hal Menarik Tentang Jakarta Fashion Week Yang Perlu Kamu Tahu!

5 Hal Menarik Tentang Jakarta Fashion Week Yang Perlu Kamu Tahu!
Fashion

5 Hal Menarik Tentang Jakarta Fashion Week Yang Perlu Kamu Tahu!

Mode atau fashion, tak sekadar sebuah benda fungsional yang menutupi anggota tubuh saja. Lebih dari itu, ada nilai estetika dan artistik yang menjadi daya tarik antara pembuat dan pemakainya (user). Di Indonesia, industri mode memang tak ada habisnya, dari skala internasional sampai tingkat daerah.


Salah satunya yaitu Jakarta Fashion Week. Langsung saja, dibawah ini adalah hal menarik tentang Jakarta Fashion Week yang perlu kamu tahu.


Awal Mula Digelarnya JFW

JFW alias Jakarta Fashion Week merupakan acara pameran busana (fashion) yang diperagakan oleh seorang model. JFW diselenggarakan dari sebuah kolaborasi antara industri fashion dan kreatif dengan pelaku industri yang merupakan sebuah komunitas bernama GCM Group.


Acara ini pertama kali digelar pada Agustus 2018. Sesuai namanya, JFW hanya diadakan di Jakarta dan berlangsung sekitar 6-7 hari. Biasanya bertempat di sebuah ruangan pameran besar (exhibition) di pusat perbelanjaan alias mal. JFW juga dinobatkan sebagai acara fashion yang terbesar di Asia Tenggara.


Di sisi lain, sebenarnya JFW adalah acara yang khusus menargetkan kalangan selebritis, sosialita, konsumen pecinta mode, serta desainer yang menampilkan karya terbaiknya seperti Anne Avantie, Rinaldy Yunardi, dan Dian Pelangi.


JFW Model Search

Jakarta Fashion Week Model Search alias JFW Model Search, merupakan sesi yang paling ditunggu sebelum acara JFW berlangsung. JFW Model Search konsepnya seperti audisi atau pencarian bakat. Audisi ini bertujuan untuk  menemukan talenta atau bakat terbaik yang akan menjadi model saat tampil di runway Jakarta Fashion Week.


Tak hanya itu, nantinya yang menjadi pemenang JFW Model Search juga ditunjuk sebagai ikon untuk menjadi bagian dari kampanye perhelatan Jakarta Fashion Week. Audisi ini tidak hanya di Jakarta, tetapi beberapa kota besar di Indonesia. Seperti Surabaya, Medan, Yogyakarta, dan Bandung.


Indonesia Fashion Forward

Program menarik lainnya dari JFW yaitu Indonesia Fashion Forward (IFF). IFF adalah program insentif yang ditujukan kepada kalangan desainer muda di Indonesia berupa pengembangan kapasitas di dunia fashion. Tujuan lainnya agar Indonesia mampu memasuki pasar domestik maupun internasional dalam industri mode dan kreatif


Bentuk dari program IFF ini berupa bimbingan, pelatihan, serta mengedukasi peserta dengan teori dan simulasi. IFF juga menjalin kerjasama antara Jakarta Fashion Week, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, British Council, dan Center for Fashion Enterprise (CFE) dari London.


Program ini berdurasi satu tahun yang dibimbing oleh pakar di lembaga tersebut. Adapun beberapa materi yang disampaikan seperti perencanaan bisnis, branding strategy, pemasaran, penghitungan biaya produksi dan harga produk jadi, hingga aspek hukum.


Fashionlink

JFW juga membuat project bernama Fashionlink, yang dibentuk sebagai jembatan antara desainer, pelaku industri, serta konsumen yang suka dengan dunia mode di dalam maupun luar negeri. 


Program ini bernama Fashionlink Hub & Market, yang bertujuan membangun infrastruktur industri dan menjadi wadah umum bagi para desainer maupun merek lokal untuk mencapai pasar global. Adapun edisi khusus dari program ini seperti Fashionlink Ramadhan Market, Fashionlink x #BLCKVNUE, serta Fashionhub.


LPM Menswear

Ternyata JFW juga mengadakan beberapa kompetisi yang bisa diikuti. Salah satunya Lomba Perancang Mode (LPM) Menswear, yaitu membuat kebutuhan fashion untuk pria  dari beragam latar belakang, bentuk tubuh dan selera pribadi. Sekaligus mencetak desainer muda yang kreatif.


LPM Menswear diadakan perdana pada tahun 2017 dengan tema Urban with Ethnic Twist. kemudian pada 2018 dengan tema Reflection of Culture, serta tema Universal Gentlemen pada tahun 2019. Terbaru, pada tahun 2020 ini tema yang akan dibawa adalah Daily Dapper.


Nah, itu dia beberapa hal menarik Jakarta Fashion Week yang perlu kamu tahu. Kalau kamu sendiri, suka jenis fashion yang mana nih?

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Inilah 5 Brand Fashion Lokal Indonesia Yang Sukses Mendunia
Fashion

Inilah 5 Brand Fashion Lokal Indonesia Yang Sukses Mendunia

Industri kreatif dan fesyen di Indonesia memang tidak ada matinya. Apalagi banyak juga desainer maupun seniman lokal membuat produk yang apik. Sehingga tak jarang produk yang mereka buat terlihat s...

Baca lebih banyak
Rekomendasi Terbaik Brand Fashion Jepang Paling Terkenal di Dunia
Fashion

Rekomendasi Terbaik Brand Fashion Jepang Paling Terkenal di Dunia

Jepang merupakan salah satu negara dengan industri fesyen paling berpengaruh di dunia. Tingkat perkembangan yang cepat serta antusiasme yang tinggi, menjadikan Jepang sebagai inspirasi banyak kalan...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI