Skip to content

Disc up to 56% Extra Disc 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: 5 Cara Mudah Mengurangi Stres Pandemi

5 Cara Mudah Mengurangi Stres Pandemi
Mentally

5 Cara Mudah Mengurangi Stres Pandemi

Terbatasnya aktivitas sehari-hari akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai membuat banyak orang mengalami stres. Keadaan yang tak pasti, suasana kerja dan rumah yang menjadi berbeda, membuat tak tertutup kemungkinan jika seseorang mengalami stres pandemi.

Ketidakpastian dan ketidaknyamanan dalam menjalani hari-hari membuat rasa takut dan khawatir menjadi akar utama dialaminya stres pandemi. Lebih buruknya, stres pandemi justru akan membuat sulit berkonsentrasi yang mana hal ini justru memicu level stres yang lebih tinggi.

Untuk dapat mengurangi stres saat pandemi, berikut kami rangkum 5 cara mudah yang akan sangat membantu jika bisa kamu lakukan secara konsisten setiap harinya di masa pandemi ini.

1. Mindfull Breathing

Saat sedang merasa tertekan, seseorang akan cenderung bernafas dengan cepat dan pendek. Padahal, mengatur nafas menjadi penting saat sedang stres agar tidak semakin memperburuk respons tubuh.

Kamu bisa mulai dengan irama 5 detik menarik nafas, dan 5 detik menghembuskan nafas. Rasakan tiap udara yang masuk dan keluar dari dalam tubuhmu. Sebagai permulaan, kamu bisa melakukannya 5 menit sebelum tidur.

 

2. Tetap jalin komunikasi

Pandemi Covid-19 secara tidak langsung juga mengurangi intensitas kita bertemu dengan orang-orang terdekat kita. Namun untuk menjaga mood tetap stabil, dan tidak merasa cemas, kesepian berlebih, luangkan waktu untuk selalu berkomunikasi dengan mereka.

Berbagai fitur seperti chat, telepon, atau video call bisa kamu gunakan untuk membahas berbagai hal menyenangkan dan positif, serta support satu sama lain yang akan sangat melegakan rasa stres pandemi.

 

3. Olahraga, Makan sehat dan tidur cukup

Ketiga hal ini tidak boleh terlewat karena pasalnya, selain membuat badan bugar olahraga  juga merupakan upaya pereda stres karena membutuhkan fokus. Imbangi dengan makanan sehat dan bukan hanya makan enak. Imbangi juga kopi harianmu dengan air putih hangat.

Selain itu, upayakan juga untuk selalu tidur dengan cukup, yakni 7-9 jam. Hindari tidur siang terlalu lama, atau minum kopi terlalu malam agar tidak membuatmu kesulitan tidur. Kenali tubuhmu dengan baik agar segala upaya lebih optimal untuk dilakukan.

 

4. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Banyak hal yang bisa dilakukan saat pandemi. Namun jangan jadikan ini ajang kompetisi. Hanya karena seseorang begitu produktif, bukan berarti kamu perlu memusingkan apa yang harus kamu lakukan agar sama produktifnya.

Jalani harimu seperti hari-hari normal lainnya dengan tetap menjalankan kewajiban dan keinginan. Ide-ide kreatif pemantik produktivitas, biasanya akan datang dengan sendirinya tanpa perlu dipikirkan. Rileks, dan nikmati setiap aktivitas yang kamu jalani.

 

5. Luangkan waktu untuk me time

Selain tetap melakukan kewajiban, jangan lupa untuk selalu melakukan hal-hal menyenangkan yang kamu inginkan dan kamu butuhkan. Berikan jeda setelah melakukan kegiatan yang begitu padat agar tidak tegang.

Membaca buku, scrolling e-commerce dan belanja, nonton serial atau film kesukaan, mendengar lagu dan bernyanyi sepuas hati, merawat tanaman, atau mungkin sekadar duduk di teras menikmati pagi/sore sambal menikmati hijaunya pohon-pohon.

Mulailah lebih peduli dengan diri agar bisa keluar dari stres pandemi. Pandemi mungkin belum berakhir, tapi stres akibat pandemi tentu harus diakhiri.

5 hal di atas akan lebih membantu ketimbang berpusing-pusing dengan terus menerus membaca berita terkait pandemi.

Tetap waspada, tetap jalani hidup sebaik-baiknya, nikmati setiap prosesnya, hindari pencetusnya, and welcome to new normal!

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

7 Tradisi di Jepang yang Unik dan Menarik
Culture

7 Tradisi di Jepang yang Unik dan Menarik

Jepang memiliki ribuan tradisi yang berkaitan dengan upacara, ritual, perayaan, bisnis, maupun hal-hal di kehidupan sehari-hari. Beberapa dinilai sebagai tradisi yang membuat hidup lebih menarik, s...

Baca lebih banyak
Serupa tapi Beda, Kenali 4 Perbedaan Stres dan Depresi
health

Serupa tapi Beda, Kenali 4 Perbedaan Stres dan Depresi

Stres dan depresi merupakan dua hal berbeda yang kerap tertukar penggunaannya. Hampir setiap orang pernah merasa stres, namun tak sedikit pula yang pernah mengalami depresi. Sebelum menerka-nerka, ...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI