Skip to content

SUPER SALE UP TO 78% OFF ekstra voucher 20K

Keranjang

Your cart is empty

Article: 5 Cara Kain Tidak Luntur Saat Dicuci

5 Cara Kain Tidak Luntur Saat Dicuci
Kain

5 Cara Kain Tidak Luntur Saat Dicuci

Kita kerap kali menjumpai warna pakaian favorit luntur saat dicuci. Selain pakaian kamu luntur, terkadang pakaian lain pun ikut terkena noda luntur.
Pakaian atau kain yang luntur biasanya dipengaruhi oleh detergen keras yang kamu gunakan sehingga bahan kimia tersebut membuat warna kain luntur.

Tentu sangat disayangkan apabila pakaian kita luntur. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara sederhana agar kain atau pakaian kamu tidak luntur saat dicuci. Apa saja caranya? Yuk, cari tahu caranya di bawah ini.

1. Cek Label Perawatan

Sering kita temukan label perawatan pakaian yang disertakan dalam pakaian seperti petunjuk pencucian, suhu yang digunakan saat pengeringan atau pakaian harus dikeringkan dengan cara diperas, hingga suhu yang sebaiknya digunakan saat disetrika. Kamu bisa mengecek informasi tersebut yang biasanya berada pada bagian dalam kerah pakaian.

2. Sortir Pakaian dan Cuci Warna Gelap Bersama

Selanjutnya, sortir pakaian yang berwarna gelap dan terang. Jangan mencuci keduanya dalam satu wadah yang sama. Kamu bisa mulai mencuci pakaian berwarna gelap secara bersama agar pakaian tidak luntur dan mengenai pakaian yang berwarna terang.

3. Balik Pakaian

Untuk mencegah warna pakaian memudar, kamu bisa membalik bagian luar pakaian ke arah dalam. Jangan risau dengan kotoran yang berada pada luar baju sebab nantinya akan bersih setelah dicuci.

4. Gunakan Air Dingin

Kebanyakan orang menggunakan air hangat untuk mempermudah menghilangkan kotoran pada pakaian. Namun, air hangat atau panas justru dapat menyebabkan zat warna pada serat kain luntur. Hal ini lantaran beberapa partikel warna hanya menempel pada bagian luar kain atau tidak terserap dengan baik ke dalam serat kain. Oleh karena itu, gunakan air dingin saat kamu mencuci untuk mencegah kain luntur.

5. Gunakan Detergen Lembut dan Cuci Kain Dengan Siklus Lembut

Selain penggunaan suhu air, pencucian dengan detergen lembut dan siklus yang lembut dapat membantu mencegah kain tidak luntur saat dicuci. Kamu bahkan bisa menggunakan tangan saat mencuci khusus untuk pakaian favoritmu agar warna kain dapat bertahan selama mungkin. Kini, telah banyak di pasaran deterjen lembut yang diformasikan untuk mencegah kelunturan atau abrasi warna pada kain.

6. Gunakan Pelembut

Dengan menggunakan pelembut, kain atau pakaian kamu dapat terhindar dari abrasi warna atau kelunturan. Selain itu, pelembut pakaian dapat membantu mencegah pilling sehingga warna pada kain dapat bertahan lama.

7. Ketahui Cara Pengeringan yang Tepat

Beberapa jenis kain tentu memiliki petunjuk pengeringan yang berbeda. Kamu bisa menyesuaikan cara pengeringan yang tepat seperti kain mana yang harus dikeringkan dengan menggunakan pengering mesin cuci dan mana yang dapat dikeringkan dengan udara atau suhu ruang.

8. Jangan Menjemur Pakaian di Bawah Sinar Matahari Langsung

Agar kain atau pakaian tidak luntur setelah dicuci, pastikan untuk menjemur pakaian dengan tidak menempatkannya di bawah sinar matahari secara langsung. Sinar matahari ternyata dapat memberikan efek pemutihan pada kain sehingga membuat warna kain memudar.

Nah, Ryufams, beberapa cara di atas dapat kamu terapkan untuk mencegah kain luntur saat dicuci. Selain itu, penggunaan zat pewarna yang berkualitas pada serat kain tentu dapat mencegah warna kain cepat memudar di samping perawatan yang tepat.

Dengan mengetahui perawatan yang tepat, kamu bisa mempertahankan warna pakaian jauh lebih lama. Kini, kamu tidak perlu bingung lantaran beberapa produk Ryusei tentunya sudah disertai dengan detail petunjuk perawatan yang mudah kamu terapkan. Oleh karena itu, bagi Ryufams yang tertarik menambah koleksi pakaian dengan konsep Jepang, produk Ryusei tentunya dapat menjadi pilihan yang tepat.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

5 Rekomendasi Tempat Untuk Pameran, Fleksibel dan Hemat Biaya

5 Rekomendasi Tempat Untuk Pameran, Fleksibel dan Hemat Biaya

Pameran menjadi salah satu media yang cukup efektif untuk memperkenalkan karya atau produk. Melalui pameran, masyarakat akan jauh lebih mudah mengetahui karya atau produk yang sekiranya menarik min...

Baca lebih banyak
Memilih Tempat Pameran Harus Mempertimbangkan Apa?
pameran

Memilih Tempat Pameran Harus Mempertimbangkan Apa?

Siapa bilang memilih tempat pameran untuk produk bisa dilakukan secara asal-asalan? Meskipun hanya sekedar memilih tempat pameran, ternyata harus melakukan beberapa hal agar pameran bisa berjalan d...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI