Skip to content

Extra Disc 15.000

Keranjang

Your cart is empty

Article: Waspada dengan 6 Ciri Online Shop Penipu Ini Agar Keamanan Berbelanja di Instagram Tetap Terjaga!

Waspada dengan 6 Ciri Online Shop Penipu Ini Agar Keamanan Berbelanja di Instagram Tetap Terjaga!
Online Shopping

Waspada dengan 6 Ciri Online Shop Penipu Ini Agar Keamanan Berbelanja di Instagram Tetap Terjaga!

Di jaman yang serba digital ini, berbelanja kini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa mengganggu aktivitas lainnya. Yaps.. apalagi namanya kalau bukan berbelanja online!
Dikarenakan keunggulan berbelanja online yang dimiliki seperti menghemat waktu untuk berbelanja, nggak antri membayar, dapat membandingkan harga dengan toko lainnya hingga pilihan yang beragam, belanja online sudah mulai menjadi hobi di beberapa kalangan orang.
Maka tak heran, kalau berbelanja online nggak cuma lewat marketplace atau e-commerce saja. Media sosial pun saat ini bisa kamu gunakan untuk berbelanja salah satunya adalah aplikasi Instagram. Melalui fitur Instagram (ig) yang bernama Instagram Shopping, kamu bisa lebih mudah berbelanja barang kesukaanmu, seperti baju, aksesoris, sepatu, skincare, dan lain-lain.
Namun, masih ada saja lho, online shop yang nggak bertanggung jawab dan malah menipu para konsumennya. Itulah kenapa, penting untuk kamu waspada dengan 6 ciri online shop penipu ini agar keamanan berbelanja di ig tetap terjaga! Apa saja ya cirinya? Yuk baca di bawah:

1. Feed ig alakadarnya
Ciri online shop penipu yang pertama ini paling mudah terlihat. Mereka biasanya memiliki foto profil, logo dan feed yang nampak kurang niat. Contohnya, resolusi foto yang terlampau kecil, bahkan sampai pecah. Logo yang dibuat pun benar-benar sederhana, nggak memiliki arti dan unsur estetika sedikitpun.
Online shop yang memang serius mengelola tokonya tentu akan menampilkan feed terbaik mereka.

2. Lihat jumlah followers
Coba deh kamu lihat terlebih dahulu, like atau orang yang menyukai postingannya. Kalau followers-nya puluhan ribu, sementara like yang dihasilkan hanya belasan orang. Tandanya akun online shop itu kemungkinan besar nggak asli ya.
Akun penipu atau palsu ini juga biasanya memiliki random followers yang nggak sesuai target pasar mereka. Bisa saja, ia membeli followers demi menarik perhatian orang dan memang dari awal memiliki modus untuk melakukan penipuan.

3. Sering ganti nama akun
Online shop yang sudah biasa menipu biasanya rutin mengganti nama akun mereka, terutama kalau nama akun sudah diganti lebih dari tiga kali. Akun tersebut perlu kamu waspadai ya!
Nah supaya kamu bisa tahu pergantian nama akun online shop, kamu bisa berkunjung ke profil toko, kemudian sentuh pilihan tentang akun ini. Di dalamnya tersedia pilihan nama akun sebelumnya. Dari sini, kamu bisa tahu nama pengguna apa saja yang pernah toko itu gunakan.

4. Kata bio berlebihan
Modus yang terlihat mencolok dalam bio online shop penipu adalah memberikan deskripsi atau kata-kata yang mencoba untuk menyakinkan para konsumen. Biasanya mereka akan memakai kata-kata “100% ORIGINAL” atau melayanimu secara amanah, dan lain sebagainya.
Nah dengan kata-kata tersebut, justru itu biasanya mereka itu akun bodong guys karena akun yang serius biasanya akan lebih simple, nggak berlebihan, dan mencantumkan link marketplace atau e-commerce. Jadi, sekali lagi coba kamu cek secara teliti di bio akun tersebut.

5. Menonaktifkan kolom komentar
Ciri penipu online shop di ig selanjutnya ialah menonaktifkan kolom komentarnya. Alasan karena online shop tersebut takut akan adanya komentar buruk yang ditulis oleh korban-korban sebelumnya.
Oleh karena itu, jika kamu melihat online shop di ig yang menonaktifkan kolom komentarnya, sebaiknya cari saja online shop lain.

6. Testimoni dan rekening mencurigakan
Testimoni pembeli yang mencurigakan juga bisa menjadi ciri-ciri penipu online shop. Biasanya testimoni palsu menggunakan bahasa yang berlebihan tanpa penjelasan pengalaman secara rinci. Selain itu, foto dan kalimat testimoni yang tercantum tampak familiar karena tak jarang testimoninya sama persis dengan yang dimiliki oleh toko lain.
Kamu juga perlu mengecek rekening yang digunakan oleh online shop ini ya. Tanyakan kepada penjual atau online shop nya jika memang kamu merasa ada sesuatu yang mencurigakan.
Tapi kalau kamu berbelanja di Ryusei, selain sudah terpercaya dan berpengalaman, Ryusei selalu menyediakan kebutuhan berpakaian sehari-harimu. Jadi, kamu bisa tetap beraktivitas nyaman.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Mengintip Kebiasaan Lebaran di Indonesia yang Unik, Mana yang Kamu Tahu?
Culture

Mengintip Kebiasaan Lebaran di Indonesia yang Unik, Mana yang Kamu Tahu?

Perayaan Idul Fitri merupakan hari perayaan yang dinantikan oleh semua umat muslim di dunia, tak ketinggalan juga di Indonesia.Hari Raya Idul Fitri di Indonesia sendiri memiliki sebutan nama yang k...

Baca lebih banyak
Mulai Dari Kemudahan Hingga Banjir Promo, Ini Keuntungan Shopee Mall!
Online Shopping

Mulai Dari Kemudahan Hingga Banjir Promo, Ini Keuntungan Shopee Mall!

Sekarang ini siapa yang nggak kenal Shopee? Hampir sebagian orang sudah memiliki akun dan sering berbelanja di marketplace satu ini.Nah, kalau kamu berbelanja di marketplace Shopee, pasti pernah do...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI