Skip to content

SUPER SALE UP TO 78% OFF ekstra voucher 20K

Keranjang

Your cart is empty

Article: Takut Kena Tipu Belanja di Instagram? Kamu Wajib Perhatikan 4 Hal Ini!

Takut Kena Tipu Belanja di Instagram? Kamu Wajib Perhatikan 4 Hal Ini!
Online Shopping

Takut Kena Tipu Belanja di Instagram? Kamu Wajib Perhatikan 4 Hal Ini!

Kemudahan dalam berbelanja secara online memang sangat membantu dalam memperoleh produk yang diinginkan. Terlebih lagi dengan adanya platform penyedia toko online yang semakin beragam, salah satunya adalah Instagram.
Namun, tidak sedikit para penggunanya mengalami kena tipu belanja di Instagram, sehingga menjadi ketakutan tersendiri untuk bertransaksi di media sosial yang satu ini.
Lalu, bagaimana cara mengetahui bahwa toko online tersebut aman atau tidak? Simak ulasan berikut ini, yuk!

Permasalahan Umum Saat Berbelanja Online
Ketika berbelanja online, pasti kamu pernah mengalami berbagai permasalahan saat ingin membelinya. Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa belanja online lebih praktis, akan tetapi transaksi tanpa adanya tatap muka secara langsung dapat memicu terjadinya sebuah masalah.
1. Pengiriman Produk
Jangka waktu pengiriman produk dari seller (penjual) menuju buyer (pembeli) sering kali tidak sesuai dengan estimasi yang seharusnya telah dijadwalkan.
Hal tersebut tentu saja menjengkelkan, terlebih lagi jika kamu membutuhkan pesanan tersebut dalam waktu dekat.
Misalnya saja, seharusnya pesanan kamu sampai dalam kurun waktu tiga hari, akan tetapi kenyataannya membutuhkan waktu hingga seminggu. Hayo, siapa yang sering mengalami hal seperti ini?


2. Kualitas Produk
Para penjual berusaha semaksimal mungkin untuk menonjolkan produk yang mereka jual mempunyai kualitas terbaik dan layak untuk dibeli. Namun, banyak kasus ketika apa yang ditampilkan di etalase toko online tersebut berbeda dengan kondisi aslinya.
Terlebih lagi jika kamu membeli produk fashion seperti baju, celana atau sepatu.
Mulai dari salah ukuran, bahan yang tidak nyaman digunakan hingga kesalahan pemberian warna setelah dikirimkan merupakan permasalahan yang sering terjadi.


3. Proses Pembayaran
Pembayaran secara cashless (non-tunai) merupakan hal yang diandalkan saat berbelanja online. Kamu dapat memanfaatkan berbagai macam pembayaran melalui dompet digital, ATM, hingga mobile banking hanya dalam hitungan menit saja.
Namun, masalah sering muncul dalam proses pembayaran karena sistem cashless biasanya mengandalkan koneksi internet.
Tentu kamu sudah tahu bukan jika koneksi internet bisa saja mengalami gangguan, sehingga proses transfer uang menjadi terhambat.

Ciri Online Shop Tidak Terpercaya di Instagram
Saat ini, ketika menggunakan Instagram, berbagai macam toko online dapat kamu temukan sesuai dengan produk apa yang ingin dibeli. Sebelum kamu memutuskan untuk berbelanja online di Instagram, pastikan terlebih dahulu apakah toko tersebut terpercaya atau tidak.
Berikut ini terdapat ciri-ciri online shop di Instagram yang sebaiknya kamu hindari. Tujuannya adalah untuk menghindari kemungkinan kamu akan kena tipu belanja di Instagram dan mengalami kerugian tanpa menerima produk yang seharusnya kamu peroleh.


1. Jumlah Follower Instagram
Jika kamu beranggapan bahwa banyaknya jumlah follower di Instagram sebagai bukti bahwa toko online tersebut terpercaya, sebaiknya kamu hilangkan pemikiran tersebut.
Sudah banyak sekali para penjual menggunakan jasa beli follower untuk toko online mereka.
Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah follower menarik minat calon pembeli. Hal ini dikarenakan toko online di Instagram tersebut menandakan telah menjual barang yang menarik minat banyak orang hingga akhirnya mempunyai banyak follower di akun tersebut.

2. Non-Aktif Kolom Komentar
Kolom komentar menjadi sarana untuk para pengguna Instagram dalam menuliskan pertanyaan atau pendapat terkait produk yang dijual di sebuah toko online.
Namun, jika kolom komentar tersebut di non-aktifkan, kamu patut mencurigai hal tersebut.

3. Tidak Tersedia Testimoni
Testimoni menjadi salah satu hal terbaik untuk kamu dalam menentukan apakah toko online di Instagram tersebut memang terbukti kualitasnya.
Setiap pendapat yang diutarakan melalui testimoni adalah pengalaman pribadi oleh pembeli terhadap produk tersebut.

4. Penyematan Harga
Jangan pernah tergiur dengan produk yang memberikan harga murah. Terlebih lagi untuk kamu yang mempunyai budget terbatas untuk berbelanja.
Jika menurut kamu harga yang ditawarkan tidak masuk akal, sebaiknya kamu memilih toko lain untuk berbelanja.

Mempunyai kekhawatiran akan kena tipu belanja di Instagram memang dipicu oleh beberapa faktor di atas.
Namun, untuk kamu yang ingin berbelanja online tanpa rasa khawatir, Ryusei dapat menjadi solusi saat ingin memperoleh produk berkualitas, khususnya di bidang fashion.
Dengan desain trendy dan menggunakan bahan premium, Ryusei benar-benar memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya, sehingga kamu tidak akan kecewa. Penasaran dengan produk-produk dari Ryusei? Segera kunjungi Instagramnya di @ryusei_indonesia.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Ternyata 5 Kota Ini Paling Sering Belanja Online, Loh!
Online Shopping

Ternyata 5 Kota Ini Paling Sering Belanja Online, Loh!

Semakin maju peradaban, kehidupan manusia pun mengikuti perkembangan zaman saat ini. Di antaranya adalah kecanggihan teknologi yang semakin maju sehingga memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan...

Baca lebih banyak
Ternyata 5 Kota Ini Paling Sering Belanja Online, Loh!
Online Shopping

Ternyata 5 Kota Ini Paling Sering Belanja Online, Loh!

Semakin maju peradaban, kehidupan manusia pun mengikuti perkembangan zaman saat ini. Di antaranya adalah kecanggihan teknologi yang semakin maju sehingga memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI