Skip to content

Disc up to 56% Extra Disc 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: Mindful di Pandemi: Buat Pandemi Jadi Lebih berarti

Mindful di Pandemi: Buat Pandemi Jadi Lebih berarti
Mentally

Mindful di Pandemi: Buat Pandemi Jadi Lebih berarti

Tak bisa dipungkiri jika pandemi Covid-19 membuat kesehatan mental banyak orang diuji. Paparan pemberitaan terkait pandemi, hingga pembatasan aktivitas, tak jarang membuat kita merasa cemas. Kecemasan inilah yang membuat mindful di pandemi menjadi penting.

Menjadi mindfulness, berarti mampu untuk sadar sepenuhnya dengan aktivitas yang sedang dilakukan. Sadar sepenuhnya dalam artian, dapat memusatkan perhatian pada apa yang dirasa dan apa yang terjadi, serta menerimanya dan bukan bersikap tak acuh.

Penelitian telah menyebutkan bahwa mindfulness menjadi hal penting untuk meredakan cemas. Untuk itu menjadi penting mengetahui langkah agar lebih mindful di pandemi. Berikut kami rangkum beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tetap mindful di pandemi.

1.  Mindful breathing

Tentunya kita selalu bernafas, tapi pernahkah kamu menikmati setiap hembusan nafas yang keluar? Mulai hari ini, yuk kita sempatkan beberapa menit waktu kita untuk memberi perhatian pada ritme nafasmu.

Kamu bisa melakukannya dengan duduk bersila sambil memejamkan mata. Kamu juga bisa mengikuti video tutorial yang ada di YouTube jika kesulitan untuk melakukannya sendiri. Nantinya, kamu akan dipandu dengan bantuan audio.

Mindful breathing akan membantumu agar lebih mindful di pandemi karena tubuh akan menjadi lebih santai, tidur bisa jadi lebih nyenyak, dan lebih segar dalam menjalani aktivitas harian selanjutnya.

2.  Mindful eating

Mindful di pandemi bisa kamu terapkan juga pada saat makan. Fokuslah pada apa waktu makan dan apa yang kamu makan. Usahakan waktu makanmu tidak dibarengi dengan chatting, membuka media sosial, menonton tv atau kegiatan lainnya.

Mindful eating bisa membuatmu lebih memusatkan perhatian pada makanan hingga kamu bisa merasakan sensasi menggigit makanan, melumatnya, hingga saat perlahan kamu telan. Melakukan mindful eating juga bisa membantumu untuk tidak makan secara berlebihan.

3.  Mindful walking

Bukan dengan zumba, bukan dengan yoga. Lebih mindful di pandemi bisa dilakukan dengan berjalan kaki. Berjalan kaki sambil berjemur matahari di pagi hari bisa jadi hal yang baik untuk dilakukan saat pandemi ini.

Selain sehat, meluangkan waktu untuk berjalan santai sambal memperhatikan sayup suara dari dekat hingga jauh sampai merasakan angin yang menyapuh akan membuat kamu lebih relaks dan lebih menikmati waktu berjalan kaki.

4.  Menyeduh teh atau kopi

Bagimu penikmat teh ataupun kopi, alih-alih membeli yang cepat saji, waktu-waktu menyeduh hingga menikmati hangatnya secangkir teh atau kopi bisa jadi salah satu cara agar tetap mindful di pandemi.

Berikan fokusmu pada setiap langkah-langkah pembuatannya, hingga waktumu duduk bersantai di teras rumah dengan aroma teh atau pun kopi kesukaanmu. Waktu yang kamu habiskan ini bahkan bisa meningkatkan daya kreatifitas untuk kamu tuangkan pada hobimu.

5.  Menikmati langit

Malam tiba, kamu bisa keluar balkon rumahmu, atau duduk di teras rumah menikmati langit malam yang mungkin seringkali lupa kamu nikmati. Langit yang cerah di siang hari, memungkinkan kamu untuk melihat banyak bintang di malam hari, lho.

Tanpa smartphone, kamu bisa duduk bersantai, melihat pohon yang dahannya berayun perlahan, atau menggugurkan daunnya dengan tenang, juga menikmati langit malam sembari bernafas dengan teratur untuk membantumu tetap terjaga dengan apa yang sedang dilakukan.

Perlu diingat, it’s a global pandemic, not a productivity contest. Untuk itu, tetap jalani kewajiban dan sempatkan untuk melakukan hal yang membuatmu nyaman. Karena yang terpenting adalah menikmati setiap hal yang kita lakukan.

Coba untuk memulai trik mindful di pandemi satu per satu sebelum akhirnya konsisten. Tetap sesuaikan dengan jadwal harianmu dan lihatlah perubahan yang terjadi pada dirimu selama lebih mindful di pandemi dan membuatnya jadi lebih berarti.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Bipolar Disorder bukan Mood Swing. Kenali Ciri Lengkapnya
Mentally

Bipolar Disorder bukan Mood Swing. Kenali Ciri Lengkapnya

Sekadar mood swing atau bipolar disorder ya? Kenali perubahan suasana hatimu dengan baik karena perubahan suasana hati merupakan salah satu indikasi bipolar disorder. Meski kerap kali hanya diangga...

Baca lebih banyak
5 Cara Melatih Mindful Breathing dengan Mudah

5 Cara Melatih Mindful Breathing dengan Mudah

Setiap harinya kita bernapas tanpa sekalipun perlu berpikir bagaimana cara melakukannya. Namun, dengan melakukan mindful breathing atau bernapas dengan penuh kesadaran, kamu akan merasakan perbedaa...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI