Skip to content

Disc up to 47% Extra Disc 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: Mengungkap Makna Simbolisme Imlek: Dibalik Naga, Angpao, dan Jeruk

Mengungkap Makna Simbolisme Imlek: Dibalik Naga, Angpao, dan Jeruk

Mengungkap Makna Simbolisme Imlek: Dibalik Naga, Angpao, dan Jeruk

Tahun Baru Imlek atau perayaan Tahun Baru Cina adalah salah satu perayaan terpenting dalam budaya Tionghoa yang dipenuhi dengan simbolisme kuno dan tradisi yang kaya. Di balik perayaan yang meriah dan penuh warna, terdapat sejumlah simbol yang memiliki makna mendalam bagi masyarakat Tionghoa. Dalam artikel ini, kita akan mengungkap makna di balik simbolisme tiga unsur klasik dalam perayaan Imlek: naga, angpao, dan jeruk.

1. Naga

Dalam mitologi Tionghoa, naga dianggap sebagai makhluk yang paling kuat dan paling bijaksana. Naga melambangkan kekuatan, keberuntungan, keberanian, dan kebijaksanaan. Tradisi menyatakan bahwa perayaan Imlek dimulai ketika naga yang kuat bangun dari tidurnya dan terbang keliling bumi, membawa kebahagiaan dan berkah di setiap langkahnya.

Dalam perayaan Imlek, naga sering kali digambarkan dalam tarian naga, yang merupakan atraksi yang sangat ditunggu-tunggu. Tarian naga ini diyakini dapat mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan bagi komunitas yang mempersembahkannya.

2. Angpao

Angpao adalah amplop merah berisi uang yang diberikan sebagai hadiah selama perayaan Imlek. Angpao melambangkan kemurahan hati, keberuntungan, dan harapan bagi masa depan yang cerah. Warna merah pada amplop angpao dianggap sebagai simbol keberuntungan dalam budaya Tionghoa.

Tradisi memberikan angpao memiliki makna mendalam, terutama dalam konteks keluarga dan hubungan antarmanusia. Memberikan angpao kepada orang-orang yang lebih muda dianggap sebagai cara untuk mentransfer keberuntungan dan memberikan dukungan finansial kepada generasi mendatang.

3. Jeruk

Jeruk adalah buah yang sangat dihargai dalam budaya Tionghoa dan sering kali ditempatkan sebagai hiasan selama perayaan Imlek. Jeruk melambangkan keberuntungan, kekayaan, dan kemakmuran. Bentuk bulat dan warna cerah dari jeruk melambangkan kesempurnaan dan keberuntungan yang tak terputus.

Selain itu, kata "jeruk" dalam bahasa Tionghoa, yaitu "橙" (chéng), memiliki pengucapan yang mirip dengan kata "keberuntungan" (吉祥, jíxiáng), sehingga jeruk dianggap sebagai simbol keberuntungan yang kuat

Selamat Tahun Baru Imlek dari ryusei.co.id

Dibalik keindahan dan kemegahan perayaan Imlek, terdapat makna yang dalam dan warisan budaya yang kaya. Melalui simbolisme naga, angpao, dan jeruk, kita menghargai keberuntungan, kemakmuran, dan harapan untuk masa depan yang cerah. Pada kesempatan yang istimewa ini, tim ryusei.co.id mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek kepada semua pembaca yang merayakannya. Semoga tahun baru ini membawa kebahagiaan, keberuntungan, dan kesuksesan bagi kita semua!

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Imlek Stylish: Inspirasi Mode untuk Perayaan Tahun Baru Cina yang Fashionable

Imlek Stylish: Inspirasi Mode untuk Perayaan Tahun Baru Cina yang Fashionable

Tahun Baru Cina, atau yang lebih dikenal sebagai Imlek, selalu menjadi waktu yang penuh keceriaan dan makna budaya. Merayakan keberagaman warisan budaya, termasuk dalam berbusana, adalah sa...

Baca lebih banyak
5 Inspirasi Mix and Match Sweater Pria untuk Penampilan Kasual yang Stylish

5 Inspirasi Mix and Match Sweater Pria untuk Penampilan Kasual yang Stylish

Sweater merupakan salah satu pilihan yang sempurna untuk menambahkan sentuhan kasual namun tetap stylish pada penampilan pria. Dengan sedikit kreativitas dalam mix and match, kamu bisa menciptakan ...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI