Skip to content

Discount up to 75% Extra Voucher 10%

Keranjang

Your cart is empty

Article: Cara Mengatasi Kecemasan Selama Pandemi

Cara Mengatasi Kecemasan Selama Pandemi
Pandemic

Cara Mengatasi Kecemasan Selama Pandemi

Dampak wabah Covid-19 yang sedang terjadi di tahun ini dapat menyebabkan kita merasa cemas, stres, khawatir, sedih, bosan, kesepian, atau bahkan frustasi. Setiap orang terkadang merasa berbeda, namun penting untuk diketahui bahwa merasa seperti ini tidak apa-apa. 


Beberapa dari kita mungkin merasa kesulitan untuk mengatasi perasaan seperti itu. Tapi, ada hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk membantu menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan kita selama masa pandemi ini.


Yuk, intip cara apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa cemas selama pandemi di bawah ini. 


  1. Tetap terhubung dengan orang lain

Menjaga hubungan yang sehat dengan orang yang kita percayai penting untuk kesejahteraan mental kita, terutama saat harus karantina mandiri selama pandemi.


Kamu bisa tetap berhubungan lewat pesan singkat atau media sosial dengan keluarga atau teman terdekat. Kemudahan teknologi saat ini memang memudahkan pekerjaan manusia dalam banyak aspek. Manfaatkan kemampuan teknologi untuk tetap terhubung dengan orang lain.


  1. Ungkapkan kekhawatiran yang kamu miliki

Perlu kamu ketahui bahwa perasaan cemas, khawatir, atau tidak berdaya tentang situasi saat ini itu normal. Bicaralah pada orang terdekat, tidak perlu merasa sungkan untuk membagikan apa yang kamu rasakan pada mereka.


  1. Batasi penggunaan media sosial

Meskipun teknologi memudahkan banyak aspek dalam kehidupan, kadangkala teknologi juga dapat menjadi boomerang untuk kesehatan kita. Berita-berita hoax maupun berita yang tidak penting seringkali membuat kita merasa tidak nyaman. Untuk itu, ketahui bahwa membatasi penggunaan media sosial itu perlu untuk menjaga kesehatan mentalmu.


Konsumsilah berita-berita yang mengandung fakta. Kalau perlu, jangan terlalu sering membaca berita kalau itu menjadi salah satu trigger akan kecemasanmu.


  1. Lakukan hal yang kamu senangi

Merasa khawatir, cemas, atau sedih bisa membuat kita berhenti melakukan hal-hal yang biasanya kita nikmati, lho. Coba fokus melakukan hal-hal yang kamu senangi untuk mengatasi pikiran dan perasaan cemas itu. 


Walaupun kini ruang gerak kita dibatasi, kamu tetap bisa menemukan cara untuk menikmati waktu di rumah. Misalnya saja belajar hal baru seperti menjahit, membuat kerajinan tangan, memasak, mencoba bikin karya, marathon serial TV, menghabiskan buku bacaan, dan masih banyak hal menarik lain yang bisa kamu coba. 


  1. Fokus pada saat ini

Daripada mengkhawatirkan masa depan, lebih baik kamu bersikap mindful dan fokus pada momen saat ini. Ini bisa membantu mengatasi emosi yang sulit dan meningkatkan kesehatan mental kita, lho!


  1. Perhatikan tubuhmu!

Kesehatan fisik juga berdampak besar pada perasaan kita, lho. Usahakan untuk makan makanan sehat dan seimbang, minum air yang cukup, olahraga teratur, dan tidur yang cukup. 


Kamu bisa berolahraga di rumah, bersepeda atau lari-lari kecil di area sekitar rumah. Selain menjaga tubuh tetap sehat, aktivitas bergerak seperti ini juga membantu meningkatkan suasana hati dan menjernihkan pikiran. Jangan lupa untuk memakai sportswear dari Ryusei kalau mau berolahraga, ya!  


  1. Dukung dan bantu orang lain bila mampu

Membantu orang lain bisa bermanfaat buat kita dan juga buat mereka. Meskipun hanya sekedar memberi dukungan moral, itu sudah terhitung sebagai support yang berarti bagi mereka untuk memahami kekhawatiran yang sedang dialami.


Kamu juga bisa merasa lebih baik apabila melakukan kebaikan untuk orang lain. Jadinya bisa sama-sama menguntungkan.


Nah itu dia tips-tips dari Ryusei untuk mengatasi rasa cemas dan khawatir yang dialami selama pandemi. Ingat, perasaan seperti itu sangatlah normal. Tidak perlu menyalahkan diri sendiri atas perasaan tersebut, sebab semua orang pun mengalaminya. Yang terpenting, tetaplah menjalankan protokol kesehatan dan selalu menjaga jarak fisik dengan orang lain.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

5 Wanita Tokoh Inspirasi Outfit Jepang yang Bisa Kamu Tiru!
Fashion

5 Wanita Tokoh Inspirasi Outfit Jepang yang Bisa Kamu Tiru!

Outfit Jepang memang memiliki pesonanya sendiri. Jepang yang dianugerahi 4 musim memiliki ciri khas outfit yang berbeda setiap musim namun tetap stylish dan minimalis. Tidak heran jika banyak yang...

Baca lebih banyak
5 Cara Mengatasi Fear of Missing Out: Dimulai dengan Menenangkan Diri
Mentally

5 Cara Mengatasi Fear of Missing Out: Dimulai dengan Menenangkan Diri

Pernah dengar istilah fear of missing out? Istilah yang biasanya disebut juga sebagai FOMO ini mengacu pada perasaan atau pikiran bahwa orang lain menjalani hidup yang lebih baik, mengalami hal ya...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI