Skip to content

Disc up to 80% + extra potongan 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: Aturan Khusus Gunakan Onsen di Jepang, Gak Hanya Berendam Tanpa Busana Loh!

Aturan Khusus Gunakan Onsen di Jepang, Gak Hanya Berendam Tanpa Busana Loh!
Culture

Aturan Khusus Gunakan Onsen di Jepang, Gak Hanya Berendam Tanpa Busana Loh!

Aturan Khusus Gunakan Onsen di Jepang, Gak Hanya Berendam Tanpa Busana Loh! 


Jepang adalah salah satu Negara yang memiliki banyak budaya dan tradisi yang begitu unik. Tidak heran, jika banyak orang dari luar Jepang yang kagum dengan kebudayaan negeri Matahari Terbit ini. Nah, salah satu budaya yang masih ada di tengah era modern ini adalah budaya Onsen di Jepang. Onsen sendiri adalah tempat berendam air panas khas orang Jepang. Eits, kamu yang sudah pernah berkunjung ke Jepang sudah pernah coba belum?


Suhu air panas yang ada di Onsen mencapai 40 derajat celcius yang dipercaya memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Bisa untuk melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh lebih rileks. Oh iya, untuk informasi buat kamu yang khawatir, tenang saja, Onsen di Jepang dipisah untuk pria dan wanita. Ternyata, nggak sembarangan loh kalau ingin mampir ke Onsen ini. Ada tata cara atau aturan khusus yang harus dipatuhi.

Berikut ini adalah aturan khusus gunakan Onsen yang perlu kamu tahun. Check it out!

  • Ikat rambut sebelum berendam

Buat kamu para wanita dan memiliki rambut yang cukup panjang. Ada baiknya kamu menguncir rambut terlebih dahulu ya. Hal ini dilakukan agar tetap menjaga kebersihan air dan orang lain bisa tetap nyaman menggunakannya. Apalagi kalau rambutmu rontok, jangan sampai helaian rambut itu jatuh ke dalam air. 

Saat masuk, para wanita biasanya juga akan meletakkan handuk kecil di atas kepala. Ini dilakukan agar rambut tidak terkena air karena Onsen hanya digunakan untuk berendam dari leher hingga kaki.Tentu saja, handuk pun tidak boleh sampai jatuh ke dalam air ya.

  • Melepas alas kaki

Selanjutnya adalah memastikan melepas alas kaki saat akan masuk ke dalam Onsen. Biasanya akan disediakan loker khusus untuk kamu menyimpannya. Setelah melepas alas kaki, kamu baru boleh pergi ke ruang ganti. Biasanya ruang ganti wanita ditandai dengan tirai berwarna merah, sementara untuk ruang ganti pria ditandai dengan tirai berwarna ungu atau biru. Agar lebih jelas, kamu bisa langsung menanyakannya kepada petugas.

  • Melepas baju di ruang ganti

Hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan kamu melepas semua atribut yang ada di badan di ruang ganti. Tidak usah khawatir, disediakan juga loker untuk menyimpan semua perlengkapan yang kamu bawa. Biasanya pihak Onsen juga tidak memperbolehkan pengunjungnya mengenakan pakaian renang saat berendam. Akan tetapi ada pengecualian, jika Onsen diperuntukkan untuk tamu campuran (pria dan wanita) seringkali diperbolehkan untuk menggunakannya.

  • Jangan membawa gadget

Tinggalkan semua gadgetmu karena di area Onsen dilarang keras untuk membawanya. Tidak untuk handphone apalagi kamera. Hal ini diberlakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan juga tidak bertanggung jawab nantinya. Onsen adalah area yang sangat privat dan tidak boleh digunakan sembarangan orang.


Bahkan untuk sekadar mengangkat telepon saja pun tidak boleh karena khawatir mengganggu kenyamanan orang lain. Onsen memang biasanya digunakan untuk masyarakat lokal Jepang sebagai sarana untuk santai dan relaksasi. Bye-bye gadget!

  • Jangan langsung pergi ke ruang ganti setelah berendam

Setelah berendam, jangan langsung buru-buru pergi ke ruang ganti. Gunakan handuk untuk membasuh sisa-sisa air yang masih ada di tubuh. Pada saat masih basah, jangan langsung pergi ke ruang ganti, sebab airnya bisa membasahi lantai. Setelah itu, kamu bisa mengeringkan badan di ruang ganti menggunakan handuk yang disimpan di loker.

 

Wah, ternyata tidak sembarangan ya jika ingin pergi ke Onsen. Kamu perlu tahu tata cara yang benar untuk bisa berendam di Onsen. Oh iya, jika kamu penasaran boleh loh sekali-kali mencoba budaya khas Jepang yang satu ini.

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Tata Cara Antri di Jepang. Bikin Salut!
Culture

Tata Cara Antri di Jepang. Bikin Salut!

Jepang dikenal dengan masyarakatnya yang tertib dan sangat disiplin. Terlebih dalam hal antrian di mana pun. Jika kamu mungkin terbiasa melihat masih banyak orang yang menerobos atau bahkan tidak t...

Baca lebih banyak
Cara Merawat Kimono yang Tepat Agar Tetap Awet. Yuk, disimak!
Japan

Cara Merawat Kimono yang Tepat Agar Tetap Awet. Yuk, disimak!

Kimono adalah pakaian tradisional asal Jepang yang perlu dirawat dengan tepat agar tetap awet. Apalagi jika kamu yang tidak terbiasa menggunakan kimono, bagian-bagian kimono yang sering kotor pun p...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI