Skip to content

Disc up to 56% Extra Disc 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: 5 Tips Transaksi Aman dengan COD

5 Tips Transaksi Aman dengan COD
COD

5 Tips Transaksi Aman dengan COD

COD menjadi salah satu alternatif metode pembayaran ketika berbelanja online. Pembayaran dilakukan secara langsung melalui perantara kurir atau penjual.

Namun, mungkin kamu pernah baca berita online atau berita di TV mengenai penipuan berkedok COD. Nah, untuk menghindari penipuan tersebut, pada artikel ini akan membahas tips transaksi aman dengan COD. Pastikan kamu membaca artikel ini sampai tuntas.

1. Pilih toko online yang dapat dipercaya

“gimana sih caranya cari toko online yang dapat dipercaya?”

Tentunya kamu harus lihat konten toko online terlebih dahulu, kalau bahasa anak jaman sekarang sih “stalking” ya guys. Kamu cari apakah reviewnya positif dan dapat dipercaya, cara mengulas produk mereka dengan membaca deskripsi produk apakah detail, dan mencantumkan kontak nomor yang tepat.

Kamu bisa cek nomor kontak penjual ke aplikasi Get Contact untuk mengecek apakah toko tersebut aman atau penipu melalui tag yang diberikan oleh orang lain.

Pastikan kamu lakukan hal ini sebelum pesan ya, guys!

2. Baca syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh toko online

Untuk mendapatkan pembayaran COD, setiap toko online punya syarat dan ketentuan yang berbeda. Kamu perlu memahami syarat dan ketentuan yang telah diberikan dan menyesuaikan dengan pesananmu.

Ketentuan yang diberikan pada umumnya berupa minimal atau maksimal pembelian, jenis produk tertentu, dan sebagainya.

Baca dan pahami pada setiap list syarat dan ketentuan berlaku, agar transaksi aman dengan COD jika nanti barang yang dipesan telah sampai.

3. Cantumkan alamat tujuan pengiriman secara detail

Setelah kamu memilih barang yang akan kamu pesan, cantumkan alamat pengiriman secara detail. Cantumkan juga nomor kontak kamu untuk menghubungi jika pesanan telah sampai.

Mungkin ini terdengar sangat umum, tapi kamu harus memperhatikan poin ini ya demi keamanan kamu dalam bertransaksi melalui COD.

4. Tentukan dan perhatikan jenis COD yang dipilih

COD dapat melalui penjual atau ekspedisi yang diantar oleh kurir. Ketika melakukan COD, pastikan untuk mendiskusikan tempat yang akan dituju jika memilih untuk mengambil pesanan secara langsung.

Pilih tempat untuk COD yang strategis, tempat umum, dan aman. Pastikan juga ada yang menemanimu ketika membayar pesanan agar transaksi aman dengan COD ya guys!

5. Waspada terhadap penipuan berkedok COD

Berbagai macam motif penipuan berkedok COD, salah satunya seperti memberikan pesanan atas nama dan alamat rumahmu. Namun, kamu tidak memesan barang tersebut. Banyak korban yang membicarakan motif penipuan ini sehingga menjadi trending topic di Twitter.

Jika kamu mengalami hal tersebut, segera tolak dan beri tahu ke kurir kalau kamu tidak pesan barang tersebut.

Kemudian hubungi customer service marketplace yang tercantum pada barang pesanan dan kirim bukti kalau kamu tidak pesan barang yang dibawa oleh kurir.

Selalu waspada dengan data pribadi kamu. Jangan pernah beritahu mengenai kode OTP kepada orang tidak dikenal.

Kamu juga perlu perhatikan kalau ada yang mengirimkan link mencurigakan. Kamu jangan asal klik ya guys. Bisa saja itu langkah untuk mencuri (scam) datamu.

Itu dia 5 tips transaksi aman dengan COD. Meskipun COD lebih praktis dan alternatif dalam metode pembayaran, kamu perlu meningkatkan kewaspadaan dalam bertransaksi melalui COD.

Ikuti terus artikel menarik lainnya dan fashion terkini untuk semua kalangan yang tentunya kece banget di https://ryusei.co.id/ ya guys!

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

7 Padu Padan T-Shirt Cewek yang Trendi Untuk Hangout
Fashion

7 Padu Padan T-Shirt Cewek yang Trendi Untuk Hangout

T-shirt seringkali diartikan sebagai jenis pakaian yang paling sederhana dan mudah dipadu padankan dengan pakaian dan aksesoris apapun. Walau begitu, ternyata masih banyak teman-teman yang bingung ...

Baca lebih banyak
Mengintip Tren Kaos Masa ke Masa
Fashion

Mengintip Tren Kaos Masa ke Masa

Hi Guys! Kamu pasti sudah sadar kalau tren kaos masa ke masa selalu berubah! Misal, di tahun sekian trennya mengenakan pakaian dengan atasan kaos oversize dan bawahan cutbray. Eh, tahunya di tahun ...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI