Skip to content

Disc up to 80% + extra potongan 15.000K

Beli Sekarang

Keranjang

Your cart is empty

Article: 5 Cara Meningkatkan Body Image yang Positif

5 Cara Meningkatkan Body Image yang Positif
Mentally

5 Cara Meningkatkan Body Image yang Positif

Body image menjadi salah satu isu yang ramai diperbincangkan di media sosial. Hal ini erat kaitannya dengan rasa insecure yang kerap kali menghinggapi seseorang dengan body image yang belum cukup baik.

Body image merupakan cara seseorang melihat ke dirinya sendiri. Tentang bagaimana ia menilai penampilannya, juga perasaan yang dirasakan tentang tubuhnya sendiri, seperti bentuk badan, berat badan, tinggi badan, juga saat mengontrol gerak tubuhnya.

Dalam dunia psikologi body image ditujukan pada orang yang memiliki kepercayaan, sikap emosional, dan persepsi tentang tubuhnya. Jika berlebihan, body image yang negatif akan membawa seseorang pada penyakit mental seperti dismorfik atau pun somatoparaphrenia.

Orang dengan citra tubuh negatif dapat terpaku untuk mencoba mengubah bentuk tubuh yang sebenarnya dengan cara yang tidak sehat. Jika tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan, seseorang akan merasakan kekecewaan, malu dan rasa bersalah yang berlebihan.

Untuk membawa body image-mu ke arah yang lebih positif, berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan.

1.  Sikap positif adalah kunci

Sadari bahwa berharganya dirimu tak sekadar dari penampilan fisik, tapi juga skill dan kepribadian. Mulailah melihat segala aspek positif dari dirimu ketimbang terlalu keras pada dirimu karena image negatif yang kamu pikirkan berlarut-larut.

Sadari juga bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna, yang ada hanyalah tipu daya yang tidak kamu ketahui ada pada sisi sebelah mana. Percayalah banyak di luar sana yang ingin menjadi sepertimu. Untuk itu cintai, dan fokuslah pada hal positif yang ada padamu.

2.  Percaya diri

Setiap orang memiliki keunikan. Mengetahui keunikan dan berfokus pada hal-hal positif yang ada padamu akan membuat kepercayaan diri terpancar. Mulailah mengapresiasi segala yang ada padamu dan tanpa kamu sadari, orang lain akan melihatmu berbeda.

Termasuk ketika kamu sedang mengusahakan hal yang lebih baik seperti menurunkan atau menaikkan berat badan atau sebagainya, percayalah bahwa dirimu mampu karena itu akan mempengaruhi hasilmu kemudian.

3.  Kesehatan nomor satu

Tubuh yang ideal memanglah harapan semua orang. Akan tetapi, bila kamu telisik lebih dalam, jika kamu kesulitan untuk mengatur berat badanmu, lihatlah sisi positifnya bahwa kamu sehat tanpa tubuh yang kamu bayangkan ideal.

Mungkin usahamu sebesar yang mereka lakukan, namun perlu diingat jika garis keturunan kalian berbeda. Sadari jika faktor genetik juga menentukan proporsi tubuh yang kalian miliki.

4.  Batasi informasi

Batasi informasi yang bisa jadi kamu lihat atau kamu baca. Sebagian besar gambar yang ada di media tidak realistis. Gambar yang kamu lihat bisa jadi telah diedit sedemikian rupa. Tulisan yang kamu baca pun belum pasti kebenarannya.

Untuk itu, jangan sampai kamu menelan mentah-mentah informasi yang kamu lihat. Percayalah bahwa mereka pasti memiliki kekurangan sama sepertimu. Kembali lagi, tidak ada orang yang sempurna.

5.  Kuasai emosi

Stabilnya emosimu akan membuatmu mampu mempertahankan hubungan antara perasaan, pikiran dan keinginan. Ingatlah bahwa yang terpenting adalah bagaimana kamu melihat dirimu dan bukan sebaliknya. Tamengi dirimu dari perkataan negatif orang lain.

Berada di lingkungan orang-orang yang positif akan membuatmu jauh lebih mudah untuk mulai memiliki body image positif. Mereka akan membuatmu merasa nyaman menjadi diri sendiri juga memberikan dukungan untuk membuatmu menjadi lebih positif.

Yuk mulai tingkatkan body image positif, agar kamu bisa mulai menjalani kehidupan yang lebih ringan tanpa beban-beban yang sebenarnya bisa dikesampingkan

Tinggalkan komentar

Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan berlaku Kebijakan Privasi serta Persyaratan Layanan Google.

All comments are moderated before being published.

BACA SELENGKAPNYA

Ragu dengan Kemampuan Diri? Coba Kenali Ciri Imposter Syndrome
Mentally

Ragu dengan Kemampuan Diri? Coba Kenali Ciri Imposter Syndrome

Setiap orang memiliki keahlian yang berbeda-beda. Hal ini membuat kita terlihat lebih menonjol jika dibandingkan dengan seseorang yang berbeda bidang keahliannya dengan kita, atau belum mencapai le...

Baca lebih banyak
Kenali Jenis dan Gejala Gangguan Kecemasan juga Sebab di Baliknya
Mentally

Kenali Jenis dan Gejala Gangguan Kecemasan juga Sebab di Baliknya

Cemas boleh jadi sesuatu yang biasa jika seorang dalam kondisi stres yang membuat tubuh lebih waspada. Namun kecemasan berubah menjadi sebuah gangguan jika kecemasan mulai dirasakan secara berlebih...

Baca lebih banyak

EXPLORES

KOLEKSI KAMI